Tak Hanya Resolusi Kamera, Ini 7 Fitur yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Smartphone untuk Ngevlog
pexels.com/Artem Podrez
Tekno

Fitur kamera dengan kualitas tinggi sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki gadgetmu untuk bisa menghasilkan rekaman video dengan kualitas sempurna.

WowKeren - Jagat media sosial memang seakan tak pernah sepi penghuni. Saban hari selalu ada saja topik yang ramai diperbincangkan orang-orang. Selain bermanfaat untuk mendapatkan update kondisi apa yang sedang terjadi di negeri ini, media sosial juga menjadi lahan sempurna untuk memamerkan kegiatan.

Tak sedikit orang yang rela bersusah payah membuat video blog atau yang lebih dikenal dengan sebutan vlog untuk diunggah di medsos. Tak heran jika kegiatan vlogging kini kian marak. Untuk melakukan kegiatan ini pada dasarnya kamu membutuhkan peralatan yang bisa mendukung.

Fitur kamera yang bagus seakan sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki gadgetmu untuk bisa menghasilkan rekaman dengan kualitas terbaik. Jika kamu ingin memulai vlogging dan sedang mencari peranti yang tepat, berikut fitur-fitur yang harus kamu perhatikan.

(wk/zodi)

1. Phase Detection Autofocus


Phase Detection Autofocus
pexels.com/Artem Podrez

Bisa dibilang, Phase Detection Autofocus (PDAF) adalah metode autofocus terbaru. Pastikan ponsel yang akan kamu beli untuk aktivitas vlogging sudah memiliki teknologi ini pada kameranya. Phase Detection Autofocus  memungkinkanmu untuk merekam gambar secara jernih.

Smartphone yang memiliki kemampuan untuk mengunci fokus dengan cepat bisa membantumu untuk menangkap momen tanpa menunjukkan gejala kabur. Fitur ini berguna ketika kamu melakukan perekaman untuk mempromosikan barang di video, maka akan terlihat menarik dengan adanya fitur ini.

2. Optical Image Stabilization


Optical Image Stabilization
pexels.com/Zen Chung

Berikutnya adalah Optical Image Stabilization atau OIS. Fitur ini akan membantumu mengurangi hasil foto yang blur. Saat melakukan perekaman ada kalanya kamu tidak bisa diam. Terutama jika kamu ingin membuat video blog tentang perjalanan wisata, tentu kamu harus terus bergerak, bukan?

Dengan adanya fungsi OIS ini maka kamu bisa merekam video dengan stabil tanpa ada efek goyang-goyang. Bahkan saat merekam sambil melakukan perjalanan menggunakan mobil di atas jalanan berbatu sekalipun. Selain membuat videomu tidak menarik, tampilan goyang-goyang akan membuat orang yang menontonnya juga pusing.

3. Perekaman Video 4K


Perekaman Video 4K
pexels.com/Julia M Cameron

Pastikan ponsel yang kamu pilih mampu melakukan perekaman video 4K. Dalam bahasa sederhana, video 4K adalah video yang direkam dengan resolusi sangat tinggi. Perbandingannya, jika resolusi HD adalah sebesar 1280x720 piksel, maka 4K adalah ultra HD yang memberikan resolusi 3840×2160 piksel (setara dengan foto 8 MP).

Semakin besar resolusi video yang kamu rekam maka akan semakin memudahkanmu ketika mengeditnya. Sebab, gambar yang dihasilkan tidak akan mudah pecah ketika diperbesar. Tidak susah untuk menemukan ponsel yang memiliki fitur kamera video 4K namun jangan kaget jika kamu harus merogoh kocek lebih dalam dibanding membeli smartphone biasa.

4. Mic Berkualitas Tinggi


Mic Berkualitas Tinggi
pexels.com/Pok Rie

Selain kualitas gambar, ada satu hal lagi yang juga tak kalah penting dipertimbangkan, yakni kualitas suara atau microphone. Saat membuat video blog, kamu pastinya perlu menjelaskan kondisi yang sedang kamu rekam, bukan? Percuma saja jika video yang kamu ambil bagus namun suaramu tidak seberapa terdengar.

Meski dianggap sepele, namun fitur ini bisa menunjang kualitas videomu. Apalagi jika kamu membuat video secara outdoor. Pastikan ponselmu mampu merekam suara dengan jernih dan berkualitas tinggi.

5. High Dynamic Range


High Dynamic Range
pexels.com/Ingo Joseph

High Dynamic Range atau disingkat HDR adalah salah satu fitur yang berfungsi untuk menyeimbangkan kecerahan pada gambar yang diambil oleh kameramu. Kemampuan kamera untuk menyeimbangkan bagian gelap dan terang akan berpengaruh pada hasil yang diambil.

Fitur HDR memungkinkanmu untuk merekam video dengan pencahayaan yang lebih baik, terlepas dari itu tempat yang terlalu terang atau agak redup sekalipun. Sebagian besar kamera memang sudah dilengkapi dengan fitur HDR ini. Namun sayangnya, masih belum banyak ponsel yang mampu merekam video dengan HDR.

6. Tahan Air dan Debu


Tahan Air dan Debu
pexels.com/Vanderlei Longo

Kamu memerlukan ponsel yang tahan debu dan air untuk bisa melakukan perekaman video di luar ruangan. Misalnya saja ketika gerimis atau berada di tempat yang berdebu, namun sayang untuk dilewatkan, maka kamu bisa mengandalkan ponsel anti debu dan airmu untuk tetap mengambil gambar.

Ponsel semacam ini akan memungkinkanmu untuk merekam video dalam banyak kondisi. Meskipun kamu bisa menyimpan ponselmu dalam ziplock untuk melindunginya dari air, namun tetap saja hal ini akan membuat proses perekaman tak nyaman. Untuk itu, sebaiknya pikirkan untuk merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan ponsel terbaik.

7. Frame Per Second


Frame Per Second
pexels.com/Ricardo Esquivel

Frame per Second atau FPS adalah berapa banyak gambar yang dihasilkan dalam setiap detiknya. Semakin tinggi nilai FPS nya maka akan semakin banyak frame yang dihasilkan dalam satu detik. Semakin banyak frame maka artinya pergerakan video juga akan semakin halus. FPS dalam pembuatan video sangat mendukung slow-motion agar tidak patah-patah.

Membuat video blog memang gampang-gampang susah. Namun, sekali kamu bisa membuat video yang bagus bisa jadi kamu akan ketagihan untuk membuatnya lagi dan lagi. Hal ini juga harus didukung dengan gadget yang memiliki fitur-fitur mumpuni seperti di atas.

Selain video blog, kamu juga bisa mengabadikan momen berhargamu lewat foto dengan pengeditan yang tepat. Di artikel ini, kamu bisa mengetahui tips apa saja untuk bisa membuat foto yang sempurna. Oh ya, intip juga aplikasi pemotong video untuk hasil yang bagus di sini, ya.

You can share this post!

Related Posts