Birthday Spotlight: Happy Nam Joo Hyuk Day
Selebriti
Birthday Spotlight

WowKeren turut merayakan ulang tahun Nam Joo Hyuk yang jatuh pada 22 Februari dengan mengulas tentang perjalanan hidup dan karier bintang 'Start Up' tersebut.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Nam Joo Hyuk yang telah berlangsung pada hari Senin (22/2) lalu, tim redaksi akan mengulas tentang riwayat hidup dan perjalanan karier aktor tampan satu ini.

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan nama Nam Joo Hyuk. Aktor tampan satu ini telah wara-wiri di sejumlah drama dan film populer Korea Selatan. Misalnya seperti drama "Who Are You: School 2015", "Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo", "Weightlifting Fairy Kim Bok Joo", "The Light in Your Eyes", "Start Up" dan masih banyak lagi.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Nam Joo Hyuk di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut
Vogue.com

Nam Joo Hyuk adalah seorang anak tunggal yang lahir pada 22 Februari 1994 di Busan, Korea Selatan. Namanya merupakan pemberian dari sang kakek yang memiliki arti cukup mengagumkan yakni "Pilar yang bersinar".

Sebelum terjun ke industri hiburan, Nam Joo Hyuk pernah bercita-cita menjadi pemain bakset profesional. Untuk mewujudkan impian tersebut, Nam Joo Hyuk berlatih keras dan bergabung menjadi anggota tim basket selama tiga tahun lamanya.

Sayangnya, Nam Joo Hyuk harus melepas mimpinya tersebut di usia 16 tahun. Hal itu dikarenakan ia mengalami cedera di bagian tulang kering yang membuatnya menjalani dua operasi. Sejak saat itu, Nam Joo Hyuk banting setir untuk merintis karier sebagai model.

Meski niat tersebut sempat ditentang oleh orangtuanya, Nam Joo Hyuk nekad mengikuti kontes Top Model yang disponsori oleh agensi model K-Plus. Bagai gayung bersambut, ia berhasil menjuarai kontes tersebut dan dikontrak oleh K-Plus.

Pada Februari 2014, K-Plus menandatangi kontrak dengan YG Entertainment dan berganti nama menjadi YG K-Plus. Sejak saat itu Nam Joo Hyuk menjadi bagian dari YG Entertainment sebelum akhirnya keluar pada April 2020.

Usai meninggalkan YG, ia menandatangani kontrak dengan Management SOOP yang merupakan rumah bagi sejumlah selebriti terkenal termasuk Suzy, Gong Yoo, Kim Jae Wook, Seo Hyun Jin dan masih banyak lagi.

2. Debut


Debut
tvN

Nam Joo Hyuk mulai terjun ke dunia akting pada tahun 2014 dengan membintangi drama pendek "Surplus Princess". Saat itu Nam Joo Hyuk menjadi pemeran pendukung sebagai anak kuliahan yang bernama Big. Meski tak sering muncul, chemistry-nya dengan Kim Seul Gi berhasil mencuri perhatian pemirsa.

Setahun kemudian, Nam Joo Hyuk yang masih berstatus sebagai aktor rookie dipercaya menjadi pemeran utama dalam drama "Who Are You: School 2015". Ia berperan sebagai anak SMA bernama Han Yi An yang merupakan sahabat baik dari Go Eun Byul (Kim So Hyun).

Meski pemirsa lebih banyak menyoroti peran Sungjae BTOB, karakter Han Yi Ahn sukses melejitkan nama Nam Joo Hyuk. Berkat drama ini juga, ia dianugerahi penghargaan akting pertama sebagai Best New Actor dalam ajang bergengsi APAN Star Awards 2015 serta Popularity Actor Award di KBS Drama Awards 2015.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Instagram/skawngur

Meski Nam Joo Hyuk sempat membintangi beberapa drama populer setelah "Who Are You: School 2015", popularitasnya meningkat pesat berkat drama "Weightlifting Fairy Kim Bok Joo". Dalam drama ini ia berperan sebagai Jung Joon Hyung, seorang atlet renang di kampusnya yang berbakat dan menyenangkan. Sayangnya, Jung Joon Hyung didiskualifikasi dari acara internasional pertamanya hingga ia menderita 'start trauma'.

Di samping itu, Jung Joon Hyung memiliki teman baik yang merupakan atlet angkat besi di kampus bernama Kim Bok Joo (Lee Sung Kyung). Berawal dari persahabatan, mereka akhirnya saling jatuh cinta dan menemani satu sama lain saat melewati kesulitan.

Drama ini tak hanya semakin melambungkan nama Nam Joo Hyuk, namun juga membuatnya diganjar penghargaan lain. Berkat peran tersebut, ia dinobatkan sebagai Best New Actor dalam ajang MBC Drama Awards 2016.

Selain "Weightlifting Fairy Kim Bok Joo", drama lain yang membuat Nam Joo Hyuk semakin dikenal oleh kalangan luas adalah "Start Up". Ia berperan sebagai Nam Do San, seorang CEO yang gagal mengembangkan perusahaannya.

Hidup Nam Do San perlahan berubah setelah bertemu dengan Seo Dal Mi (Suzy). Ia tak hanya mendapatkan hati Seo Dal Mi, namun kariernya di dunia start up juga berjalan dengan mulus. Pada akhirnya, kehidupan asmara, karier, kekeluargaan dan persahabatan Nam Do San happy ending.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara
Newsen

Selama berkarier di industri hiburan, Nam Joo Hyuk pernah dikonfirmasi memacari Lee Sung Kyung. Mereka sebenarnya sudah memiliki hubungan dekat karena berada di agensi yang sama, yakni YG Entertainment. Namun jalinan kasih keduanya mulai bersemi saat membintangi drama "Weightlifting Fairy Kim Bok Joo".

Hubungan Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung terungkap usai Dispatch mengunggah foto-foto kencannya pada April 2017. Sayang hubungan tersebut tak berlangsung lama. Sebab empat bulan setelah diciduk Dispatch, hubungan keduanya dikabarkan telah kandas.

Tak lama setelah itu, YG Entertainment pun membenarkannya. "Kami sudah bertanya pada Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung tentang kabar ini dan mereka membenarkan kabar tersebut," ujar perwakilan agensi.

Meski telah putus karena kesibukan masing-masing, perwakilan industri menyatakan bahwa Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung tetap mempertahankan hubungan baiknya. Karena itulah hingga saat ini keduanya enggan menghapus foto bersama yang ada di akun Instagram masing-masing.

5. Kontroversi


Kontroversi
Enter Etoday

Nam Joo Hyuk pernah terlibat kontroversi akting saat membintangi drama tvN "The Bride of Habaek". Sebenarnya drama ini sangat dinanti sejak awal promosi. Karena selain diangkat dari komik populer, penampilan Nam Joo Hyuk yang sebelumnya sukses besar dalam "Weightlifting Fairy Kim Bok Joo" juga sangat diantisipasi.

Namun begitu drama tayang, netizen Korea Selatan langsung mengkritik akting Nam Joo Hyuk. Menurut mereka, Nam Joo Hyuk tidak pantas berperan dalam drama yang memiliki konsep berat, tidak seperti drama-drama yang dia bintangi sebelumnya. Berikut beberapa komentar penggemar:

"Nam Joo Hyuk cocok dengan peran ringannya seperti di 'Cheese in the Trap dan Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Dia masih butuh waktu sebelum bisa mendapatkan peran yang berat seperti di 'The Bride of Habaek'," tulis seorang netter. "Faktanya akting Nam Joo Hyuk memang buruk," sahut netter yang lain.

Kendati demikian, Nam Joo Hyuk akhirnya membalas kritikan netizen dengan kemampuan akting yang mumpuni dalam drama tvN "The Light in Your Eyes". Ada banyak netizen yang beralih memujinya dan pada akhirnya Nam Joo Hyuk sukses membuktikan kelasnya sebagai salah satu aktor top Korea.

"Nam Joo Hyuk sudah tepat memilih peran. Kelihatannya dia sangat mendalami karakternya. Setiap kali aku melihatnya, hanya ada kesedihan dan aku mengasihaninya. Aku menantikan proyeknya selanjutnya," tulis seorang netizen.

"Nam Joo Hyuk kesepian di dasar hatinya. Aktingnya membuatku ikut mendalami perasaannya," sambung netter lain. "Wow, apa akting Nam Joo Hyuk sebenarnya sebagus itu? Dia keren dan aktingnya bagus. Hatiku berdebar setiap melihatnya," sahut netter yang lain. "Aku menangis dan tertawa. Drama ini yang terbaik. Tidak ada celah dari akting pemainnya. Aku juga mengakui akting Nam Joo Hyuk kali ini," pungkas netter lainnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/management_soop

Setelah menuntaskan "Start Up" dan film "Josee" belum lama ini, dua proyek besar tengah menanti Nam Joo Hyuk. Pertama adalah drama "Here" yang turut dibintangi oleh sejumlah aktor papan atas seperti Lee Byung Hun, Han Ji Min, Shin Min A hingga Bae Sung Woo.

Sayangnya, belum ada kabar lebih lanjut tentang penayangan drama yang mengusung kisah pekerja sukarela dari sebuah LSM tersebut. Pasalnya, tim produksi terpaksa menunda proses syuting karena pandemi COVID-19 yang merebak sejak tahun lalu.

"Awalnya kami berniat untuk melakukan syuting di luar negeri karena 'Here' adalah sebuah drama dengan berskala besar tinggi. Tapi melihat situasi pandemi, sepertinya sulit untuk melakukan syuting di luar negeri tahun ini," kata seorang sumber dari drama.

Selain drama berskala besar "Here", Nam Joo Hyuk juga akan membintangi film "Remember" bersama Lee Sung Min. Dalam film ini, Nam Joo Hyuk berperan sebagai seorang pemuda yang membantu pria berusia 80-an untuk membalaskan dendamnya. Jika sesuai dengan rencana, film tersebut akan dirilis pada tahun 2021 ini.

You can share this post!

Related Posts