Lezat dan Mudah Dibuat, Ini 7 Rekomendasi Jus Hijau yang Menyehatkan Tubuh
Pxhere
Health

Selain kaya nutrisi dan menyehatkan, jus buah dan sayuran mudah dibuat. Banyak sayur dan buah yang bisa kamu jadikan sebagai opsi sehingga tak akan merasa bosan.

WowKeren - Mewujudkan hidup sehat bisa dimulai dari makanan. Makanan yang kita konsumsi bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika kamu makan dengan pola makan yang baik dan bernutrisi, maka akan berdampak pada tubuh yang sehat.

Sebaliknya, jika pola makan yang kamu miliki tidak sehat maka jangan heran jika kamu mengalami gangguan kesehatan yang mungkin tidak kamu sadari. Sebetulnya, tidak susah untuk memulai hidup sehat dari makanan. Kamu bisa memulainya dengan jus.

Jus mudah dibuat. Selain itu, banyak sayur dan buah yang bisa kamu jadikan sebagai opsi sehingga tak akan merasa bosan. Seperti jus hijau berikut ini di antaranya. Jus hijau berikut mampu memberikan manfaat yang beragam untuk tubuh.

(wk/zodi)

1. Bayam dan Pir untuk Pemula


Bayam dan Pir untuk Pemula
Pxhere/pixy.org

Bayam kaya akan kandungan zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Tanpa zat besi yang cukup, darah tidak akan menghasilkan hemoglobin. Sementara itu, buah pir kaya akan serat dan mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B, C, K, dan kalium.

Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan dua buah pir, dua genggam bayam, 3 batang seledri, dan 1 cm ruas jahe. Cincang semua bahan usai dikupas dan dicuci bersih. Masukkan ke dalam juicer lalu tuang ke gelas. Minum selagi segar. Kamu juga bisa menyimpannya hingga 72 jam.

2. Wortel dan Mentimun untuk Menambah Energi


Wortel dan Mentimun untuk Menambah Energi
Pixahive/Pixnio

Sudah menjadi rahasia umum jika wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit dan mata. Sementara itu, mentimun juga sudah dikenal dengan khasiatnya untuk mengontrol kadar gula dalam darah hingga melawan kanker. Untuk manfaat buah mentimun, kamu bisa mengeceknya di sini.

Jus yang dibuat dari campuran wortel, mentimun, apel, dan kale bisa memberimu beribu manfaat untuk kesehatan. Kamu juga bisa menambahkan sedikit lemon dan jahe untuk menambahkan rasa agar tidak hambar.

3. Kale dan Apel untuk Asupan Vitamin A, C, dan K


Kale dan Apel untuk Asupan Vitamin A, C, dan K
Pixabay/Pixnio

Kale adalah sayuran yang termasuk keluarga kubis. Segudang manfaat yang dimilikinya membuat kale termasuk ke dalam superfood. Menambahkan kale sebagai daftar bahan jus sehatmu adalah pilihan tepat untuk mendapatkan asupan vitamin K yang cukup.

Cuci bersih dua lembar daun kale, segenggam daun peterseli, satu buah apel, dua lemon, dan selada secukupnya. Kupas dan cincang kecil-kecil lalu masukkan ke dalam juicer. Tuang ke dalam gelas dan segera nikmati selagi masih segar.

4. Bayam dan Kiwi untuk Vitamin C


Bayam dan Kiwi untuk Vitamin C
pixy.org/Pixnio

Bayam yang mengandung zat besi bisa kamu padukan dengan kiwi yang kaya akan vitamin A, C, E, dan K. Perpaduan kedua bahan ini adalah opsi yang sangat baik untuk mendapatkan asupan serat dan antioksidan untuk tubuh yang sehat.

Untuk membuat jus ini, kamu memerlukan 1 cup nanas cincang, 1 genggam bayam, 1 buah kiwi yang sudah diiris , dan 1 cangkir air kelapa. Masukkan semua ke dalam juicer dan tuang ke gelas. Jus ini akan membuatmu ketagihan karena sensasi rasa yang segar dari air kelapa dan aroma nanas yang khas.

5. Kale dan Jahe untuk Anti-Inflamasi


Kale dan Jahe untuk Anti-Inflamasi
Pxhere/Pixnio

Jahe telah dikenal sebagai tanaman obat sejak lama. Selain menghangatkan tubuh, mengonsumsi jahe juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Manfaat ini sejalan dengan buah kale yang juga bisa membantu proses penyembuhan luka.

Siapkan satu batang seledri, dua genggam daun kale segar, seperempat bagian adas, 1 cm ruas jahe, dan 2 buah pir. Setelah bahan dicuci bersih dan dicincang kecil masukkan ke dalam juicer lalu tuangkan ke dalam gelas. Nikmati selagi segar.

6. Apel, Jahe, dan Mentimun untuk Memulai Hari


Apel, Jahe, dan Mentimun untuk Memulai Hari
Pixnio/Pixabay/Pixnio

Jus buah dan sayuran juga bisa menjadi pilihan tepat untuk memulai harimu. Sebab, sayur dan buah bisa dengan cepat diserap oleh tubuh sehingga akan membuatmu lebih berenergi. Kali ini, kamu bisa mencoba kombinasi jahe, apel, dan mentimun.

Siapkan 1 buah apel hijau, 4 batang seledri, setengah buah mentimun, dan jahe segar secukupnya. Cuci bersih semua bahan dan potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam juicer. Aduk dengan sendok sebelum meminumnya.

7. Daun Ketumbar dan Lemon yang Kaya Antioksidan


Daun Ketumbar dan Lemon yang Kaya Antioksidan
Pxhere/Pxhere

Terakhir, kamu bisa mencoba kombinasi jus yang terbuat dari 1 ruas jahe segar, 1 ikat daun ketumbar, 1 buah apel, dan 8 batang seledri. Masukkan bahan-bahan ke dalam juicer. Untuk menambah kesegaran, tambahkan dua sendok teh air lemon sebelum meminumnya.

Bagaimana, mudah dibuat, bukan? Selain itu, bahan-bahannya juga mudah diperoleh di pasar atau supermarket terdekat. Saat awal mencoba mungkin kamu akan merasa kurang suka dengan rasanya, namun jika sudah terbiasa, bukan tidak mungkin kamu akan ketagihan.

Selain bahan-bahan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan aloe vera sebagai olahan kuliner yang menyehatkan, lho. Siapa sangka jika tumbuhan kaya vitamin E ini selain digunakan untuk campuran produk skincare, juga bisa dikonsumsi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membacanya di artikel ini.

You can share this post!

Related Posts