Angelina Jolie Jual Lukisan Winston Churchill Pemberian Brad Pitt Seharga Rp164 Miliar
Reuters
Selebriti

Lukisan bertajuk 'Tower of the Koutoubia Mosque' tersebut terjual pada acara lelang di London pada Senin (1/3) dengan harga yang jauh melebihi estimasi awal.

WowKeren - Sebuah lukisan yang menampilkan lanskap khas Maroko yang dilukis oleh Winston Churchill terjual melalui proses lelang seharga 11,5 juta dolar AS atau setara dengan Rp164 miliar. Lukisan itu sebelumnya dimiliki oleh aktris kawakan Angelina Jolie.

Lukisan bertajuk "Tower of the Koutoubia Mosque" tersebut terjual pada acara lelang yang digelar oleh Balai Lelang Christie di London pada Senin (1/3) lalu. Harga jual tersebut jauh di luar estimasi. Sebab awalnya, lukisan itu diperkirakan akan terjual di kisaran harga antara 1,5 juta hingga 2,5 juta poundsterling atau setara Rp30 miliar hingga Rp49 miliar.

Lukisan ini memecahkan rekor sebagai lukisan Churchill termahal yang pernah terjual. Lukisan tokoh Perang Dunia II tersebut sebelumnya ada yang terjual namun hanya seharga Rp35 miliar. Sementara itu, lukisan "Tower of the Koutoubia Mosque" memiliki nilai sejarah yang kuat.

Angeline Jolie Jual Lukisan Winston Churchill Pemberian Brad Pitt Seharga Rp164 Miliar

Twitter/ChristiesInc


Gambar masjid abad ke-12 di Marrakesh saat matahari terbenam, dengan Pegunungan Atlas sebagai latar belakang, adalah bagian dari sejarah politik dan Hollywood. Lukisan ini adalah satu-satunya karya yang diselesaikan oleh perdana menteri Inggris tersebut pada masa perang selama konflik 1939-1945.

Lukisan itu diselesaikannya setelah Konferensi Casablanca Januari 1943, di mana Churchill dan Presiden AS Franklin D. Roosevelt merencanakan kekalahan Nazi Jerman. Kedua pemimpin dunia tersebut berkunjung ke Marrakesh setelah konferensi agar Churchill dapat menunjukkan keindahan kota kepada Roosevelt. Churchill pun memberikan lukisan itu kepada Roosevelt sebagai kenang-kenangan dari perjalanan tersebut.

Setelah Roosevelt wafat, lukisan itu dijual oleh putranya hingga berpindah-pindah tangan hingga akhirnya sampailah pada Brad Pitt yang membelinya pada tahun 2011 lalu. Brad kemudian memberikannya kepada sang kekasih. Sayangnya pasangan itu berpisah lima tahun setelahnya.

Pasangan itu telah bertahun-tahun berkutat dalam proses perceraian, di tengah spekulasi tentang pembagian koleksi seni mereka yang luas. Hingga akhirnya pada 2019 silam pengacara mereka menyatakan keduanya cerai.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts