Birthday Spotlight: Happy Ji Soo Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Untuk merayakan ulang tahun Ji Soo yang jatuh pada 30 Maret lalu, WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier bintang 'Strong Woman Do Bong Soon' tersebut.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Ji Soo yang telah berlangsung pada Selasa (30/3) lalu, tim redaksi akan mengulas riwayat hidup dan perjalanan karier bintang "Strong Woman Do Bong Soon" tersebut.

Pecinta drama Korea Selatan pasti sudah tak asing dengan nama Ji Soo. Aktor tampan satu ini lekat dengan julukan sad boy karena sering berakhir patah hati dalam sejumlah drama yang dibintanginya. Meski sering ditolak oleh female lead, Ji Soo sukses merebut hati pemirsa berkat pesonanya di layar kaca.

Sayangnya, Ji Soo harus kehilangan banyak penggemar setelah skandal bullying dan pelecehan seksualnya terungkap bulan lalu. Di balik kehidupan kontroversial Ji Soo, kemampuan aktingnya sempat mendapat pengakuan luas. Sisi itulah yang akan tim WowKeren ulas dalam rubrik Birthday Spotlight pekan ini. Langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini:

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Ji Soo lahir dengan nama Kim Ji Soo pada 30 Maret 1993. Sebelum berkarier sebagai aktor, Ji Soo pernah menjadi seorang atlet judo yang memiliki prestasi cukup cemerlang. Ia juga pernah mengikuti beberapa kompetisi di tingkat nasional. Sayangnya, mimpi Ji Soo sebagai atelt judo profesional harus terhenti karena cedera.

Selain itu, Ji Soo juga sempat menjalani masa training sebagai idol K-Pop di bawah asuhan JYP Entertainment. Ia bahkan sempat dipertimbangkan sebagai rapper GOT7.

Ji Soo kemudian mengawali kariernya sebagai aktor musikal. Ia juga sering tampil dalam berbagai pertunjukan, salah satunya adalah "The Dreamers" pada tahun 2010.

2. Debut


Debut

Ji Soo pertama kali muncul di layar kaca pada tahun 2012 lewat drama SBS "To The Beautiful You". Ia mendapat peran kecil sebagai seorang siswa dalam drama yang dibintangi oleh Sulli dan Minho SHINee tersebut.

Nama Ji Soo mulai dikenal luas setelah membintangi drama "Angry Mom" bersama Kim Hee Sun. Sejak saat itu, kariernya semakin bersinar dan ia mulai tampil dalam sejumlah drama populer seperti "Cheer Up!", "Page Turner", "Doctors", "Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo", "Bad Guys: Vile City" dan masih banyak lagi.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Ada banyak drama yang berhasil membuat nama Ji Soo semakin dikenal, baik di Korea Selatan sendiri maupun di luar negeri. Seperti "Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo", "Strong Woman Do Bong Soon" hingga "My First First Love". Pesona dan kemampuan akting Ji Soo yang mumpuni sukses memikat publik, sehingga ia mendapat banyak cinta selama membintangi sejumlah drama tersebut.

Ji Soo juga pernah mendapat beberapa penghargaan akting sejak membintangi "Angry Mom". Pada tahun 2016, Ji Soo berhasil memenangkan penghargaan Rising Star Award dari ajang Max Movie Awards ke-11. Di tahun berikutnya, ia mendapat penghargaan serupa di ajang Asia Artist Awards ke-2.

Terbaru, Ji Soo diganjar penghargaan sebagai Actor of the Year Award dalam ajang bergengsi Busan International Film Festival pada tahun 2020 lalu. Penghargaan ini ia raih berkat akting cemerlangnya dalam film "Our Joyful Summer Days".

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara
Instagram/actor_jisoo

Selama berkarier di industri hiburan, Ji Soo belum pernah dikonfirmasi pacaran dengan siapapun. Kendati demikian, ia pernah dicurigai menjalin hubungan asmara dengan Jung Chae Yeon usai postingannya dianggap mirip.

Pada 2019 lalu, Ji Soo dan Jung Chae Yeon sama-sama mengunggah foto dengan latar belakang laut yang indah. Postingan Ji Soo bahkan di-like oleh Jung Chae Yeon. Meski sempat jadi perbincangan, netizen yakin keduanya hanya membagikan momen syuting drama "My First First Love" dan menganggap rumor tersebut mengada-ada.

Di samping rumor tersebut, Ji Soo pernah mengaku memacari wanita yang lebih tua. Menurutnya, jarak dan batasan usia tak menjadi masalah dalam sebuah hubungan.

"Aku dulu memang pernah pacaran dengan wanita lebih tua. Tapi walau dia lebih tua, tapi kami seperti teman. Aku rasa seumuran saat pacaran adalah yang terbaik. Usia yang berdekatan seperti wanita setahun lebih tua atau lebih muda juga bagus," kata Ji Soo dalam wawancara lawas tahun 2016.

"Soal batas usia wanita yang aku pacari, aku tidak bisa memutuskannya. Aku benar-benar merasa semuanya akan baik-baik saja asal kita bisa seperti teman walaupun berbeda usia 5 tahun. Kalau perbedaan usianya terlalu jauh, aku akan jadi rasional," imbuhnya.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/actor_jisoo

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bulan lalu Ji Soo terjebak dalam kontroversi bullying dan pelecehan sesksual yang parah. Ia dituduh melakukan kekerasan di sekolah dan membully teman-temannya antara tahun 2006-2008.

Menyusul tuduhan awal, ia kembali dituduh melakukan perundungan berat dan pelecehan seksual oleh dua netizen yang berbeda. Pada 4 Maret, Ji Soo memposting surat permintaan maaf dengan tulisan tangan untuk mengakui tuduhan tersebut. Ia juga menyampaikan permohonan maafnya kepada para korban bullying yang pernah menderita karena sikap buruknya.

Agensi Ji Soo, KeyEast Entertainment, beberapa kali menanggapi kontroversi ini. Pada akhirnya agensi membenarkan tindakan bullying Ji Soo namun menyangkal tuduhan pelecehan seksual.

Akhir Maret lalu, MBC menyiarkan wawancara para terduga korban bully dan pelecehan seksual Ji Soo melalui acara "True Story Expedition Team". Program tersebut menampilkan kesaksian para korban tentang apa yang dilakukan Ji Soo, mulai dari pemalakan, pemukulan hingga pelecehan seksual.

Setelah acara tersebut tayang, Ji Soo merilis pernyataan sebagai tanggapan dari wawancara mereka. Dalam sebuah tanggapan tertulis, Ji Soo menyatakan, "Selama masa sekolah, aku memang bergaul dengan sekelompok anak nakal dan dengan bodohnya hidup dalam ilusi bahwa aku memiliki kekuatan besar di tanganku."

"Namun klaim bahwa aku mengucilkan teman sekelas, memaksa mereka untuk membeli barang, membuat mereka mengerjakan tesku, dan melecehkan atau menganiaya mereka secara seksual sama sekali tidak benar. Jika kamu memberiku kesempatan, aku ingin meminta maaf dengan tulus kepada mereka yang terluka oleh tindakanku," pungkasnya.

Setelah mengakui tuduhan bullying, karier Ji Soo perlahan hancur. Ia didepak dari drama KBS "River Where the Moon Rises" yang dibintanginya bersama Kim So Hyun. Kini, Ji Soo dan agensinya tengah menghadapi tuntutan hukum perusahaan produksi "River Where the Moon Rises", Victory Contents. Perusahaan tersebut meminta ganti rugi sebesar 3 miliar won (sekitar Rp 38 miliar) karena harus syuting ulang dengan pemeran baru.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/actor_jisoo

Setelah tersandung kontroversi parah, dapat dipastikan bahwa Ji Soo tidak akan membintangi proyek apapun dalam waktu dekat. Apalagi, belum lama ini agensi telah mengkonfirmasi tugas militernya.

Kendati demikian, agensi menegaskan bahwa keputusan wamil Ji Soo tidak berkaitan dengan skandal yang menerpanya belakangan ini. Pasalnya Ji Soo telah menerima surat panggilan wamil pada Desember tahun lalu, beberapa bulan sebelum skandalnya mencuat. Agensi juga menyebut bahwa Ji Soo akan bertugas sebagai pekerja layanan publik karena pernah menjalani operasi untuk untuk osteomielitis akut pada tahun 2016.

"Dia menerima draf pemberitahuannya Desember lalu. Itu tidak terkait dengan kontroversi baru-baru ini. Oleh karena itu, dia akan mendaftar pada bulan Oktober dan melayani sebagai pekerja layanan publik," tegas agensi.

You can share this post!

Related Posts