Heboh Jokowi Rekomendasikan Bipang Ambawang, Kemendag Minta Maaf dan Beri Klarifikasi
Instagram/jokowi
Nasional

Jokowi dikritik usai merekomendasikan bipang ambawang sebagai kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh. Sebab rupanya bipang ambawang adalah olahan daging babi panggang.

WowKeren - Presiden Joko Widodo disorot banyak pihak usai mempromosikan bipang ambawang lewat salah satu pidatonya. Bertujuan mengajak masyarakat memesan online kuliner khas kampung halaman, Jokowi malah dikritik habis-habisan lantaran bipang ambawang adalah olahan daging babi yang dipanggang.

Menanggapi kontroversi tersebut, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi akhirnya buka suara dan memberi klarifikasi. Dijelaskan Lutfi, video Jokowi itu sejatinya ajakan agar masyarakat membeli produk lokal Indonesia.

"Berkaitan dengan pernyataan mengenai Bipang Ambawang, kita harus melihat dalam konteks secara keseluruhan," ujar Lutfi lewat keterangan video, Sabtu (8/5). "Pernyataan Bapak Presiden ada dalam video yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk lokal."

Menurut Lutfi, pernyataan Jokowi ini ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang beragam suku, budaya, dan agamanya. Pidato ini pun disampaikan dalam rangka Hari Bangga Buatan Indonesia dari Kemendag.


"Jadi sekali lagi, kuliner khas daerah yang disebut Bapak Presiden dalam video tersebut adalah untuk mempromosikan kuliner Nusantara yang memang sangat beragam," terang Lutfi. "Tentu kuliner tersebut dikonsumsi dan disukai oleh masyarakat yang beragam pula."

Karena itulah, selaku penanggungjawab acara, Kemendag meminta maaf lantaran kini pidato Jokowi malah menjadi kontroversi tersendiri. "Kami memastikan tidak ada maksud apapun dari pernyataan Bapak Presiden," tutur Lutfi, dikutip dari Tempo.

"Kami meminta maaf sebesar-besarnya jika terjadi kesalahpahaman," imbuhnya. "Karena niat kami hanya ingin kita semua bangga dengan produk dalam negeri termasuk kuliner khas daerah, serta menghargai keberagaman bangsa kita."

Sebagai pengingat, Jokowi sedang menjadi sorotan karena merekomendasikan sejumlah kuliner daerah sebagai pelipur lara tak bisa mudik di Lebaran tahun ini. Jokowi menyebutkan beberapa menu yang sudah awam seperti Gudeg Yogyakarta atau Siomay Bandung.

Yang tak disangka, sebagai penutup, Jokowi menyebut pula Bipang Ambawang asal Kalimantan. Potongan video pidato Jokowi ini pun seketika viral karena bipang ambawang merupakan olahan babi, meski Fadjroel Rachman selaku jubir sang presiden sudah mengklarifikasi yang dimaksud adalah bipang berbahan beras alias jipang.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts