Amerika Izinkan Warganya yang Sudah Divaksin  Penuh Tak Pakai Masker Dalam Ruangan
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia
Vaksin COVID-19

Vaksin dianggap mampu memberikan perlindungan bahkan terhadap varian yang lebih menular di Amerika. Namun, pembatasan bisa dilakukan jika pandemi kembali memburuk.

WowKeren - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika mengatakan warga yang sudah divaksin penuh tidak lagi membutuhkan masker, baik di dalam atau pun luar ruangan dalam beberapa kasus. Tak hanya itu, mereka juga diizinkan untuk tidak menerapkan jaga jarak bahkan ketika mereka berada di dalam ruangan atau dalam kelompok besar.

Perubahan tersebut mewakili perubahan besar secara simbolis dan praktis bagi orang Amerika yang telah lelah menghadapi pandemi. Jutaan dari mereka telah hidup dengan pembatasan selama lebih dari setahun. Tak hanya itu, semakin banyak warga yang mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat berbuat lebih banyak bahkan setelah divaksinasi penuh.

Mereka juga mengkritik CDC karena terlalu berhati-hati. Lebih dari 154 juta orang Amerika telah mendapatkan setidaknya satu suntikan dan 117 juta telah divaksinasi penuh, sekitar 35 persen dari populasi.


"Kami semua merindukan momen ini ketika kami dapat kembali ke keadaan normal," kata Direktur CDC Rochelle Walensky dalam sebuah briefing. "Berdasarkan catatan kasus yang terus menurun, data ilmiah tentang kinerja vaksin kami dan pemahaman kami tentang bagaimana virus menyebar, momen itu telah tiba bagi mereka yang telah divaksinasi penuh."

Welensky menilai semakin banyak bukti yang menunjukkan kemanjuran vaksin corona. Suntikan vaksin mampu memberikan perlindungan bahkan terhadap varian yang lebih menular yang beredar di Amerika Serikat. Kendati demikian, pembatasan bisa dilakukan jika pandemi kembali memburuk. "Setahun terakhir ini telah menunjukkan kepada kami bahwa virus ini tidak dapat diprediksi," ujarnya.

Pelonggaran aturan pemakaian masker tersebut tidak berlaku untuk pesawat terbang, bus, kereta api, dan transportasi umum lainnya, pengaturan layanan kesehatan, atau di mana pembatasan negara bagian atau lokal masih mengharuskannya. Beberapa lokasi bisnis mungkin memerlukan masker, terutama karena beberapa pekerja mungkin tidak divaksinasi.

Beberapa waktu sebelumnya, CDC telah mengizinkan penerima vaksin untuk tak mengenakan masker di ruang terbuka. Namun CDC menegaskan bahwa masker masih diwajibkan ketika berada di kerumunan besar luar ruangan.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts