Kisah Wanda Hamidah Sempat Derita Tumor Payudara, Putuskan Langsung Angkat Meski Belum Ganas
Instagram/wanda_hamidah
Selebriti

Wanda Hamidah menceritakan perjuangannya melawan tumor payudara. Saat itu Wanda langsung mengambil tindakan tegas atas penyakit yang dideritanya tersebut.

WowKeren - Aktris sekaligus politikus Wanda Hamidah menceritakan perjuangannya saat melawan tumor payudara. Ia mengaku pernah menderita tumor payudara 11 tahun lalu.

"Beneran, tahun 2010, (tumor) payudara kiri," kata Wanda Hamidah saat menjadi bintang tamu di Kopi Viral Trans TV pada Kamis (17/6). "Waktu itu ketahuan (punya tumor payudara) juga nggak sengaja, pas medical check up, deg-degan juga."

Wanda mengatakan saat itu tumor payudara yang dideritanya belum ganas. Namun perempuan 43 tahun ini tetap melakukan operasi pengangkatan hingga akhirnya dinyatakan sembuh.

"Nggak ganas, tetapi terserah mau diangkat atau tidak," sambung Wanda. "Lebih aman diangkat, risikonya lebih sedikit. Alhamdulillah."


"Pas tumor nggak ganas jadi belum ke kanker, aku udah minta angkat," lanjut Wanda. "Tapi mungkin kalau saat itu aku diemin, bisa ke kanker dan sebagainya."

Wanda kemudian menceritakan tentang gejala yang biasa dialami pada perempuan yang punya tumor payudara. Ia pun menyarankan untuk segera memeriksakan ke dokter jika ditemukan benjolan di sekitar payudara. Pasalnya bila tumor payudara sudah dikategorikan ganas dapat mengeluarkan cairan hingga nanah yang tentu saja berbahaya.

"Biasanya sih tanpa ke dokter pun sudah bisa merasakan ya, kalau kita habis mandi, meraba, kalau ada jendolan kecil aja, satu senti atau dua senti, sebesar biji gundu, itu bisa miom, bisa tumor juga, nah itu langsung ke dokter," beber Wanda.

"Nggak selalu sakit biasanya (jendolan tersebut), itu yang paling gampang dikenali," jelas Wanda. "Tapi biasanya kalau yang sudah parah itu keluar cairan, nanah dan sebagainya. Jadi mending kalau sudah ada jendolan sedikit, lebih baik diperiksa."

(wk/tria)

You can share this post!

Related Posts