Hujan Meteor Kembar Pekan Ini Jadi Pembuka Fenomena Langit Lebih Besar di Bulan Agustus
Pexels/Jakub Novacek
SerbaSerbi

Hujan meteor kembar akan menjadi pemanasan untuk acara langit yang lebih besar di bulan Agustus, hujan meteor Perseid. Ini merupakan hujan meteor terbaik sepanjang tahun.

WowKeren - Pada pekan terakhir bulan Juli akan ada fenomena langit malam yang bisa dinikmati. Yang mana, fenomena ini akan menjadi pembuka dari fenomena yang lebih besar setelahnya.

Dua hujan meteor akan mencapai puncaknya pada Rabu (28/7) malam dan hingga Kamis (29/7) pagi. Hujan meteor moderat terakhir yang mencapai puncaknya adalah Eta Aquarids pada awal Mei. Namun sayangnya karena kondisi yang mendung fenomena alam itu tidak dapat dinikmati secara maksimal di seluruh AS Timur dan lintas utara negara itu.

Adapun dua hujan meteor yang berlangsung selama minggu terakhir bulan Juli adalah Delta Aquarids Selatan dan Alpha Capricornids. Waktu terbaik untuk pengamatan meteor pada Rabu malam adalah sebelum tengah malam waktu setempat saat bulan akan terbit.


Alpha Capricornids hanya menghasilkan beberapa meteor per jam, tetapi meteor yang menyala di langit akan terlihat menonjol. “Yang menonjol dari pancuran ini adalah jumlah bola api terang yang dihasilkan selama masa aktivitasnya,” jelas American Meteor Society di situsnya.

Bola api yang sangat terang ini dapat menerangi seluruh langit selama beberapa detik. Awan menjadi perhatian pengamat bintang di bagian Timur AS dan Ontario pada Rabu malam, meskipun mungkin ada kondisi cerah di sekitar Virginia dan ke Lembah Tennessee. Namun kumpulan awan serta asap dari kebakaran hutan, dapat menyebabkan beberapa masalah di sekitar Pegunungan Rocky.

Hujan meteor kembar akan menjadi pemanasan untuk acara langit yang lebih besar di bulan Agustus, hujan meteor Perseid. Ini bisa dibilang merupakan hujan meteor terbaik sepanjang tahun. Puncaknya terjadi pada malam 11 Agustus hingga dini hari 12 Agustus. Warga dapat menghitung sebanyak 100 meteor per jam selama ketinggian Perseid.

Tahun ini akan menjadi tahun yang sangat baik bagi Perseid karena bulan sabit tidak akan memancarkan cahaya bulan yang memantul. Orang yang berharap mendapatkan hasil maksimal dari Perseid dapat menggunakan Alpha Capricornids dan Southern Delta Aquarids untuk mencari tempat pengamatan bintang baru untuk memastikan lokasi yang bagus siap untuk acara utama.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait