Kebijakan Baru Instagram: Akun Pengguna di Bawah 16 Tahun Bakal Dibuat Privat
Pexels/Omkar Patyane
Dunia

Perubahan tersebut berlaku untuk pengguna baru. Instagram juga akan mendorong pengguna di bawah 16 tahun yang memiliki akun publik untuk menjadikannya pribadi.

WowKeren - Instagram menjadi salah satu media sosial yang ramai pengguna di seluruh dunia. Melalui media sosial ini, para pengguna bisa berbagi unggahan foto yang memukau ke pengguna lainnya.

Kekinian, platform tersebut telah mengeluarkan kebijakan baru. Pada Selasa (27/7), Instagram mengumumkan bahwa akun pengguna yang berusia kurang dari 16 tahun akan secara default bersifat pribadi atau private.

Perubahan tersebut berlaku untuk pengguna baru. Instagram juga akan mendorong pengguna di bawah 16 tahun yang memiliki akun publik untuk menjadikannya pribadi.

Pengambilan keputusan ini juga bukan tanpa alasan. Berdasarkan penelitian terbaru, menunjukkan bahwa delapan dari 10 pengguna muda lebih suka pengaturan yang lebih pribadi dan untuk mencegah kontak yang tidak diinginkan dari orang dewasa.


Tak hanya itu, seiring dengan pengaturan default ke pribadi, Instagram mengatakan juga mengembangkan teknologi baru. Nantinya ini akan berguna melacak "perilaku yang berpotensi mencurigakan" dari akun yang mungkin telah diblokir atau dilaporkan oleh pengguna yang lebih muda.

"Pembaruan baru ini mewakili kemajuan penting," kata Larry Magrid, CEO ConnectSafely, sebuah organisasi nirlaba yang mendidik pengguna teknologi tentang keselamatan. "Mengatur remaja di bawah 16 tahun menjadi akun pribadi membantu kaum muda menjaga konten mereka agar tidak terlihat oleh orang dewasa."

Tak hanya akun pengguna muda, Instagram juga mengumumkan perubahan untuk pengiklan dalam hal pengguna yang lebih muda.

"Mulai dalam beberapa minggu ke depan, kami hanya akan mengizinkan pengiklan untuk menargetkan iklan kepada orang di bawah 18 tahun (atau lebih tua di negara tertentu) berdasarkan usia, jenis kelamin, dan lokasi mereka," kata Instagram dalam sebuah pernyataan.

Perubahan iklan akan berlaku secara global untuk Instagram dan perusahaan induk Facebook. Facebook saat ini sedang mengembangkan platform sepenuhnya untuk orang di bawah 13 tahun, yang merupakan usia minimum untuk mendaftar ke Instagram. Namun bagi beberapa kritikus dari platform sosial anak baru mengatakan itu akan menempatkan pengguna yang lebih muda pada "risiko besar."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts