Dianggap Tidak Rasional, Sistem Eliminasi Perdana 'Street Woman Fighter' Tuai Kontroversi
TV
Demam Street Woman Fighter

Program Mnet 'Street Woman Fighter' kembali menuai kontroversi. Kali ini, netizen mempermasalahkan sistem eliminasi perdana yang dianggap tidak rasional.

WowKeren - Program Mnet "Street Woman Fighter" menghadirkan eliminasi perdana pada Selasa (14/9) malam kemarin. Begitu ditayangkan, sistem eliminasi program ini langsung menuai kritikan.

Di episode ke-4, para kontestam bersaing dalam misi baru yang bernama "4 Top hits KPOP". Ini adalah misi di mana dua kru saling bersaing untuk menampilkan lagu-lagu dari artis yang sama.

PROWDMON dan WAYB bersaing ketat dengan lagu-lagu CL, Coca N Butter dan HOOK menampilkan lagu-lagu Hyuna, HOLYBANG dan LACHICA menghadirkan tarian dengan lagu Jessica H.o., sedangkan YGX dan WANT menarikan lagu-lagu Boa.

Pemenang dari misi tersebut adalah PROWDMON, HOOK, LACHICA dan YGX. Tim dengan skor tertinggi adalah YGX (896 poin), selanjutnya ada PROWDMON (870 poin), WANT (804 poin), LACHICA (764 poin), HOLYBANG (736 poin), HOOK (725 poin), WAYB (530 poin) dan Coca N Butter (475 poin).

Meskipun ada empat tim yang kalah, hanya ada dua kru yang bertanding dalam pertarungan eliminasi terakhir. Coca N Butter yang meraih poin terendah harus siap bertarung, sedangkan WANT dengan poin tertinggi dikecualikan dari pertarungan eliminasi.

Bagian paling kontroversial dari episode ini adalah cara pemilihan lawan Coca N Butter. Sebab tim produksi menyerahkan pemilihan tersebut pada Lee Jung selaku leader YGX dan timnya yang meraih skor tertinggi.

"Kami akan membiarkan Anda memutuskan kru mana yang ingin Anda pilih untuk pertarungan eliminasi," ujar MC Kang Daniel mewakili tim produksi.

Sistem Eliminasi Perdana \'Street Woman Fighter\' Tuai Kontroversi

Source: Mnet


Setelah mendengar hal ini, para kontestan yang lain terkejut bukan main. Noze selaku leader WAYB yang tak bisa menahan kegugupannya, berkata, "Ini sangat kejam."

Reaksi senada juga ditunjukkan oleh Lee Jung. Dia bertanya, "Apakah aku harus memutuskan ini?". Selama wawancara dengan tim produksi, dia juga berkata, "Itu terlalu kejam. Meskipun aku memenangkan tempat pertama, aku tidak menikmati hak istimewa ini."

Setelah mempertimbangkan, Lee Jung akhirnya memilih WAYB. Noze yang memahami keputusan Lee Jung pun berkomentar, "Aku pikir dia membuat pilihan yang tepat karena skor tim kami tidak jauh berbeda dengan Coca N Butter. Dapat dimengerti bahwa kami harus bersaing dalam pertempuran eliminasi."

Sayangnya, WAYB akhirnya tersingkir setelah bertarung melawan Coca N Butter. Mereka jadi kru pertama yang pulang usai kalah tiga ronde berturut-turut dari lawannya itu.

Sistem eliminasi tersebut langsung menjadi sorotan begitu program ini ditayangkan. Ada banyak netizen yang kesal melihat cara tim produksi memilih kru untuk dieliminasi. Mereka percaya bahwa ketika Lee Jung diminta untuk memilih kru, itu bukan hak istimewa, namun lebih seperti hukuman.

Faktanya, Lee Jung dan YGX memang membuat keputusan bijak yang dapat dipahami orang-orang. Sebab jika tidak, mereka akan dikritik habis-habisan bahkan ketika mereka memenangkan pertempuran secara adil.

Sebagian pemirsa percaya bahwa akan lebih tepat jika tim prouduksi mengarahkan kedua tim dengan poin terendah untuk bersaing dengan satu sama lain dalam pertempuran eliminasi. Sehingga sangat disayangkan karena acara tersebut menggunakan metode tidak rasional, yang bisa sangat subjektif.

Bagaimana menurut kalian?

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts