4 Turis Luar Angkasa Telah Tiba Setelah 3 Hari Mengorbit Tanpa Astronot Profesional
pixabay.com
Dunia

Perjalanan ke luar angkasa tentunya menjadi impian banyak orang. Keempat turis yang melaksanakan perjalanan ke luar angkasa selama tiga hari itu, kini telah kembali dengan selamat.

WowKeren - Empat turis antariksa yang berada di dalam misi SpaceX Inspiration4 mendarat di bumi dengan selamat. Mereka berhasil medatat di lepas pantai Florida pada Sabtu (18/9) kemarin.

Keempat turis antariksa itu telah menyelesaikan misi tiga hari pertama di orbit Bumi tanpa astronot profesional di dalamnya. Pelindung panas kapsul SpaceX Dragon memungkinkannya untuk menahan penurunan, sebelum diperlambat oleh empat parasut besar, kemudian, tercebur ke laut lepas setelah pukul 19.00 waktu setempat. Hal ini disampaikan oleh umpan video langsung dari perusahaan terkait.

Melansir Al Jazeera, kembalinya keempat turis itu dari orbit mengikuti terjun melalui atmosfer bumi menghasilkan panas gesekan yang mengirim suhu di sekitar bagian luar kapsul melonjak ke 1.927 derajat Celcius. Setelah penerbangan grup, dipasang pada sistem ventilasi khusus, dirancang agar tetap dingin jika kabin mulai memanas.

Selain itu, sebuah perahu SpaceX berlomba untuk mengambil kapsul dan membiarkan keempatnya keluar dari pesawat. Hal ini diungkapkan oleh salah satu peserta yakni seorang pengusaha miliader Jared Isaacman.


"Itu adalah perjalanan yang luar biasa bagi kami, dan kami baru saja memulai," terang Isaacman saat mengirim radio dari kapsul beberapa saat setelah splashdown.

Sebagai informasi, SpaceX merupakan peroketan swasta yang didirikan oleh Elon Musk yang merupakan Kepala Eksekutif Pembuat mobil listrik Tesla. Ia diketahui memasok pedawat angkasa, yang meluncurkan dari Florida dan menerbangkannya dari markas besar perusahaan di pinggiran kota Los Angeles.

Sementara itu, Isaacman enggan membeberkan biaya yang dikeluarkannya untuk mengikuti misi itu bersama tiga orang lainnya. Adapun tiga orang lainnya itu adalah geoscientist dan mantan kandidat astronot NASA Sian Proctor (51), asisten dokter dan penyintas kanker tulang masa kanak-kanak, Hayley Acrwnwaux (29), dan insinyur data kedirgantaraan dan veteran angkatan udara, Chris Sembroski (42).

Isaacman menuturkan bahwa ia merencanakan penerbangan itu terutama untuk meningkatkan kesadaran dan sumbangan untuk salah satu Rumah Sakit Penelitian Anak St Jude. RS itu juga merupakan pusat kanker anak terkemuka di Memphis, Tennessee, yang merupakan tempat Arceneaux yang pernah menjadi pasien dan kini bekerja di sana.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts