Gempa Langka Berkekuatan M 5,9 Picu Kepanikan di Melbourne Australia
AFP
Dunia

Salah satu gempa terbesar dalam sejarah Australia tersebut berada di kedalaman 10 kilometer. Pusat Seismologi Melbourne menyatakan gempa tersebut berlangsung sekitar 20 detik.

WowKeren - Sebuah gempa bumi langka menggoncang Melbourne, Australia, pada Rabu (22/9) pagi ini. Gempa dengan magnitudo 5,9 tersebut mengguncang bangunan, meruntuhkan dinding, hingga membuat warga panik dan berlari ke jalanan.

Menurut Geoscience Australia, gempa tersebut melanda dekat kota pedesaan Mansfield di negara bagian Victoria, sekitar 180 kilometer timur laut Melbourne. Salah satu gempa terbesar dalam sejarah Australia tersebut berada di kedalaman 10 kilometer.

Pusat Seismologi Melbourne menyatakan gempa tersebut berlangsung sekitar 20 detik. Ratusan gempa susulan juga terdeteksi, dengan satu gempa berkekuatan magnitudo 4,0. Layanan Darurat Negara Bagian Victoria mengatakan tidak ada ancaman tsunami setelah gempa.

Layanan darurat melaporkan sejumlah kerusakan bangunan di Melbourne. Lebih dari 1.000 rumah di negara bagian Victoria juga kehilangan daya listrik akibat gempa tersebut.

Adapun gempa ini dilaporkan terasa hingga Sydney, New South Wales, Adelaide dan Launceston, Tasmania. Meski demikian, belum ada laporan kerusakan atau korban cedera akibat gempa di luar Melbourne.


Puing-puing tampak mengotori jalan di area perbelanjaan populer di sekitar Chapel Street Melbourne. Salah seorang pemilik kafe di area tersebut mengaku segera berlari ke jalan ketika gempa terjadi.

"Seluruh gedung bergetar. Semua jendela, kaca, bergetar – seperti gelombang goncangan," ujar pria bernama Zume Phim tersebut kepada kantor berita AFP. "Saya tak pernah mengalami hal seperti itu sebelumnya. Agak menakutkan."

Sementara itu, wanita bernama Kim Hong mengaku dirinya segera berlari keluar kala gempa terjadi. Pada saat kejadian, Kim Hong tengah berada di dalam dapur salah satu toko roti di area tersebut.

"Dapurnya, ketika saya sedang memasak, bergoyang-goyang," ungkap Kim Hong kepada surat kabar Age, via Al Jazeera. "Minyak keluar dari penggorengan, menimbulkan api. Saya pikir dapur saya akan meledak."

Sementara itu, salah satu warga Black Rock, Melbourne, mengaku merasakan rumahnya bergetar pada saat kejadian. "Ada goncangan pendek seperti truk lewat, lalu saya merasakan rumah bergoyang, itu saat saya tahu ada gempa," ungkap insinyur struktur bernama Tony Enright tersebut kepada The Sydney Morning Herald.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts