Heboh Peringatan Darurat Gas Bocor di Canberra, Ternyata Cuma Bau Durian
Pixabay
SerbaSerbi

Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ACT mengatakan bahwa buah durian memang memiliki bau yang sangat menyengat dan bahkan bisa tercium dari jarak jauh.

WowKeren - Kebocoran gas memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kondisi ini bisa memicu dampak yang berbahaya sehingga harus segera ditangani dengan baik ketika mulai tercium bau tak biasa yang bersifat terus-menerus.

Pada Jumat (15/10), petugas pemadam kebakaran Canberra bergegas turun ke lapangan ketika mendapat laporan adanya kebocoran gas. Namun, setelah kurang lebih satu jam petugas mencari sumber bau tersebut di pusat perbelanjaan Dickson, rupanya tak kunjung menemukannya.

Hingga kemudian seorang penyewa memberitahu sumbernya. Layanan darurat Canberra mengatakan "bau menyengat" yang mengakibatkan orang diperingatkan untuk menghindari pusat perbelanjaan lokal di tengah kekhawatiran kebocoran gas sebenarnya disebabkan oleh sepotong buah.

Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ACT mengonfirmasi bahwa bau menyengat yang dikira gas bocor ternyata berasal dari buah durian. Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan bahwa buah ini memang memiliki bau yang menyengat bahkan bisa tercium dalam jarak jauh. "Buahnya mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan bisa tercium agak jauh," kata petugas.


"Setelah satu jam di tempat kejadian, ketika petugas pemadam kebakaran sedang mencari sumbernya, pemilik sewa toko memberi tahu sumber potensial dari insiden tersebut," kata petugas itu melanjutkan. "Setelah penyelidikan singkat, kru mengonfirmasi ini adalah asal mula insiden tersebut."

Rupanya, peristiwa semacam ini bukan pertama kalinya terjadi di Australia. Insiden terkait durian telah menjadi relatif umum di Australia dalam beberapa tahun terakhir. Ini merupakan evakuasi terkait durian kedua di ACT dalam dua tahun terakhir.

Pada 2019, perpustakaan University of Canberra dievakuasi karena bau gas yang kuat. Namun ketika dicari rupanya bau tersebut berasal dari buah durian yang ditemukan di dekat ventilasi udara di lantai dua perpustakaan.

Buah ini memang sangat populer di Asia Tenggara dan cukup banyak peminatnya. Namun, baunya yang sangat menyengat terkadang membuat buah ini dilarang masuk ke dalam hotel maupun transportasi umum lantaran dapat mengganggu kenyamanan orang lain yang mungkin bukan penggemar buah berduri ini.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts