Mbah Mijan Sebut Indonesia Bisa Hancur Jika Tidak Ada Dukun, Kok Bisa?
Instagram/mbahmijan
Selebriti

Mbah Mijan mengungkap peran dukun yang cukup besar bagi masyarakat Indonesia. Menurut Mbah Mijan, dukun adalah sebuah profesi yang belakangan dipandang negatif karena sebuah 'noda hitam'.

WowKeren - Mbah Mijan berbincang mengenai dukun bersama Anang Hermansyah. Mbah Mijan ingin meluruskan pandangan orang yang salah mengenai profesi dukun.

"Dukun itu profesi, Mas," ujar Mbah Mijan dalam konten di kanal YouTube Ngobrol Asix pada Minggu (17/10). "Dukun itu profesi zaman dulu. Dukun sunat, dukun rias, dukun beranak."

Sedangkan menurut pengertian dalam bahasa Indonesia, dukun adalah orang yang pandai mengobati. Menurut Mbah Mijan, pengertian itu terlalu sempit lantaran dukun dinilainya justru ibarat profesi spesialis.

"Itu pengertian yang salah. Artinya apa, itu dari sudut pandang yang sangat sempit," jelas Mbah Mijan. "Karena orang yang membantu melahirkan namanya dukun bayi, dukun beranak. Orang yang membantu merias namanya dukun rias. Orang yang ngurut namanya dukun pijat."


Sama seperti imej profesi yang lain, dukun tak selamanya dipandang baik. "Dalam setiap baju, pasti ada nodanya. Noda saya mungkin hitam. Sama dengan dunia dukun, ada nodanya. Apa nodanya? Dukun santet misalnya. Tapi all dukun itu baik," sambung pria asal Kebumen, Jawa Tengah ini.

Lebih lanjut, Mbah Mijan memberikan pernyataan yang cukup mengejutkan. Ia menyebut Indonesia bisa hancur apabila tidak ada dukun, dalam hal ini adalah dukun beranak.

"Kalo Indonesia nggak ada dukun, hancur Mas. Bahaya Mas. Indonesia nggak ada dukun, hancur. Edan to (gila kan)?" kata Mbah Mijan. "Kenapa bisa begitu? Mereka bisa melahirkan dibantu siapa? Bidan datang ke kampung saya tahun 2001, Mas."

"Sebelum tahun 2001, sopo (siapa) yang bantu ngelahirin? Modyar (mati) semua Mas kalo nggak ada dukun (beranak) di Indonesia," pungkasnya. "Dukun (beranak) cara melahirkan dulu, itu nggak perlu pake strerilisasi apapun. Bambu sembilu yang buat motong ari-ari, selesai."

(wk/nere)

You can share this post!

Related Posts