Penjelasan Istana Buckingham Soal Kondisi Ratu Elizabeth II yang Sempat Menginap di Rumah Sakit
Dunia

Istana Buckingham mengungkapkan bahwa Ratu Elizabeth II mengunjungi Rumah Sakit pribadi Raja Edward VII di London pada Rabu (20/10) dan menginap di sana selama satu malam.

WowKeren - Ratu Elizabeth II dilaporkan menjalani opname di rumah sakit usai membatalkan kunjungannya ke Irlandia Utara pekan ini. Pada Kamis (21/10), Istana Buckingham mengungkapkan bahwa Ratu Elizabeth hanya menginap di Rumah Sakit pribadi Raja Edward VII di London selama satu malam untuk menjalani tes.

"Mengikuti saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari, Ratu pergi ke rumah sakit pada Rabu sore untuk beberapa penyelidikan awal, kembali ke Kastil Windsor saat makan siang hari ini (21/10)," demikian pernyataan pihak Istana. "Dan tetap dalam semangat yang baik."

Pada Rabu (20/10), Sang Ratu yang telah berusia 95 tahun tersebut membatalkan perjalanannya ke Irlandia Utara. Meski tidak memberikan detail pasti, pihak Istana mengaku keputusan pembatalan kunjungan untuk memperingati 100 tahun pembentukan Irlandia Utara tersebut tidak terkait dengan COVID-19.

Pihak Istana juga menyatakan bahwa Ratu Elizabeth "enggan" menerima saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari. Mereka mengkonfirmasi kabar opname Ratu Elizabeth usai surat kabar The Sun melaporkan berita tersebut. Dalam laporannya, The Sun mengatakan bahwa Ratu Elizabeth harus menginap di RS yang terletak di pusat kota London karena sudah terlambat untuk kembali ke Windsor yang berjarak 42 kilometer dari rumah sakit.


Sementara itu, Ratu Elizabeth memiliki jadwal yang padat sejak kembali dari perkebunan Balmoral yang terpencil pada awal Oktober 2021 lalu. Namun berita opname Ratu Elizabeth ini berpotensi menimbulkan kekhawatiran akan kesehatan Sang Ratu.

Adapun Ratu Elizabeth akan merayakan Platinum Jubilee tahun depan, yang menandai masa 70 tahun di atas takhta. Ia menjadi Ratu Inggris yang memiliki umur paling panjang dan juga takhta paling lama.

Sebagai informasi, Ratu Elizabeth naik takhta pada tahun 1952 silam. Ia kemudian menjadi janda tahun ini saat Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun pada bulan April lalu.

Ratu Elizabeth sendiri telah mengurangi beban kerjanya dalam beberapa tahun terakhir, namun masih memiliki jadwal tugas kerajaan yang sibuk. Pada Selasa (19/10), ia mengadakan audiensi dengan para diplomat dan menjadi tuan rumah resepsi di Kastil Windsor untuk para pemimpin bisnis global, dan pada hari Sabtu pecinta kuda menghadiri pacuan kuda di Ascot Racecourse. Dalam waktu kurang dari dua minggu, ia juga akan menjadi tuan rumah bagi para pemimpin dunia di KTT iklim PBB di Glasgow, Skotlandia.

Baru-baru ini, Ratu Elizabeth juga menolak menerima penghargaan "Oldie of the Year" dari majalah The Oldie. "Yang Mulia percaya bahwa Anda setua yang Anda rasakan, karena itu Ratu tidak percaya dia memenuhi kriteria yang relevan untuk dapat menerima (penghargaan Oldie of the Year)," demikian keterangan kantor Ratu Elizabeth.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts