Birthday Spotlight: Happy Giselle Day
CLIO
Selebriti
Birthday Spotlight

Giselle merayakan ulang tahunnya yang ke-21 (22 tahun menurut perhitungan Korea) pada hari ini, 30 Oktober 2021. Simak perjalanan karir pemilik nama asli Aeri Uchinaga tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, idol populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Giselle aespa.

Giselle merayakan ulang tahunnya yang ke-21 (22 tahun menurut perhitungan Korea) pada hari ini, 30 Oktober 2021. Menariknya, Giselle pertama kali diperkenalkan kepada publik oleh SM Entertainment sebagai member aespa pada hari ulang tahunnya tepat tahun lalu, 30 November 2020.

Giselle merupakan idol wanita di bawah SM Entertainment dengan periode pelatihan terpendek. Menurut koreografer, mereka telah berlatih dan mempersiapkan selama 11 bulan sejak awal tahun 2020, yang berarti begitu dia masuk ke agensi, dia bergabung dengan grup debut.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Giselle lahir di Garosu-gil, Seoul, Korea Selatan dari ayah orang Jepang dan ibu orang Korea. Giselle sempat menempuh pendidikan di Tokyo International School lalu pindah ke International School of the Sacred Heart hingga tahap akhir pendidikannya.

Giselle berlatih di akademi normal selama 2 bulan dan berlatih di SM Entertainment selama 1 tahun sebulan. Ini membuatnya menjadi idol wanita di bawah SM Entertainment dengan periode pelatihan terpendek. Juga menurut koreografer, mereka telah berlatih dan mempersiapkan selama 11 bulan sejak awal tahun 2020, yang berarti begitu dia masuk ke agensi, dia bergabung dengan grup debut.

2. Debut


Debut
SM Entertainment

Pada 26 Oktober 2020, SM Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan girl grup baru, yang pertama sejak Red Velvet pada tahun 2014 dan grup idol keseluruhan pertama sejak NCT pada tahun 2016. Nama grup dan member diungkapkan secara individual mulai 27 Oktober (dalam urutan: Winter, Karina, Ningning, dan Giselle).

Pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man menjelaskan konsep grup di Forum Industri Budaya Dunia 2020 pada 28 Oktober. Sebuah trailer video yang menampilkan keempat member terungkap pada 2 November bersamaan dengan pengumuman perilisan single debut aespa, "Black Mamba", pada 17 November.

Grup ini membuat debut siaran mereka di "Music Bank" KBS2 pada 20 November untuk menampilkan "Black Mamba". Lagu ini mencapai nomor satu di tangga lagu video musik K-pop dari layanan streaming musik terbesar di China, QQ Music, selama tiga minggu berturut-turut dan membuat aespa memenangkan acara musik pertama mereka di SBS "Inkigayo" pada 17 Januari 2021.

3. Puncak Karir


Puncak Karir
SM Entertainment

Pada 4 Mei 2021, SM Entertainment mengumumkan aespa akan merilis single baru berjudul "Next Level", menggambarkan lagu tersebut sebagai lagu dance dan hip-hop dengan rap "groovy", bass "energik", dan "vokal yang kuat". Hingga beberapa bulan setelah dirilis, single ini masih kokoh di 3 besar chart Melon, yang otomatis semakin mendongkrak popularitas aespa.

Pada 14 September 2021, SM Entertainment mengumumkan aespa akan merilis mini album pertama mereka, "Savage". Album ini berisi enam lagu, termasuk single utama dengan nama yang sama dan dirilis pada 5 Oktober.

"Savage" berhasil mengantarkan aespa menjadi girl grup dengan penjualan album terbanyak di 2021, melampaui TWICE dengan "Taste of Love". Selain itu, video musik "Savage" juga meraih 100 juta view dalam waktu kurang dari sebulan sejak dirilis. Lagu yang sama mengantarkan aespa meraih trofi di acara-acara musik.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
DAZED

Mengingat statusnya sebagai idol rookie, Giselle tak banyak memiliki kegiatan individu. Meski begitu, aespa telah mengantongi banyak kontrak iklan hanya dalam rentang waktu satu tahun sejak debut. Hal ini tak mengherankan dengan popularitas yang dimiliki girl grup tersebut.

Pada 10 Februari 2021, aespa menjadi duta untuk Givenchy, artis K-pop pertama yang dipilih oleh rumah mode Prancis tersebut. Tahun yang sama pada bulan Agustus, aespa menandatangani kesepakatan iklan dengan brand kosmetik Korea Clio, brand perawatan kulit Korea Mediheal, brand pakaian olahraga Prancis Eider, dan KB Kookmin Bank pada bulan September.

5. Kontroversi


Kontroversi
Twitter/aespa_official

Belum lama ini Giselle ditimpa kontroversi gara-gara klip dari video behind the scene MV "Savage" di mana ia lipsync kata "N" yang dinilai rasis jika diucapkan oleh orang non-kulit hitam. Hal tersebut membuat Giselle menuai kritikan dari para penggemar K-pop, terutama di platform Twitter.

Sebagai tanggapan dari kontroversi ini, Giselle meminta maaf secara langsung melalui akun Twitter resmi aespa. Idol tersebut menyatakan bahwa dirinya terbawa suasana saat mendengarkan lagu dari penyanyi kesukaannya sehingga lipsync kata "N" yang ada dalam lirik lagu.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
POP Magazine

Giselle masih akan menjalani aktivitas grup bersama aespa hingga akhir tahun 2021. Girl grup tersebut telah dikonfirmasi hadir di ajang penghargaan Asia Artist Awards 2021 yang akan digelar pada 2 Desember mendatang. aespa juga diharapkan akan hadir di acara penghargaan lainnya seperti Melon Music Awards dan Mnet Asian Music Awards.

You can share this post!

Related Posts