Ditelepon Langsung Oleh Wapres, Mensos Risma Siap Perkuat Mitigasi Penanganan Bencana
Twitter/BNPB_Indonesia
Nasional

Seperti yang diketahui, baru-baru ini sejumlah daerah di Indonesia tengah menghadapi bencana alam. Menanggapi hal ini, Wapres langsung meminta Mensos Risma untuk memantau penanganan korban.

WowKeren - Saat ini, sejumlah daerah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Bahkan banyak daerah yang juga sampai mengalami banjir. Seperti yang terjadi baru baru ini di Kota Batu, Malang, Jawa Timur (Jatim), yang diterpa banjir bandang hingga memakan korban jiwa.

Menanggapi banyak daerah yang telah mengalami banjir, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pun menelepon Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini secara langsung, dan memintanya untuk memantau penanganan korban banjir. Atas hal ini, Risma pun mengatakan bahwa pihaknya ingin memperkuat program mitigasi bencana.

"Sebetulnya ada program mitigasi kemudian ada program saat bencana dan ada program pasca bencana," papar Risma di Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Jakarta Pusat, Jumat (5/11). "Sebetulnya yang harus kita perkuat itu saat mitigasi, jadi sebelum bencana, yang harusnya diperkuat itu."


Lebih lanjut, Risma menuturkan bahwa setiap kepala daerah mesti mengenal potensi ancaman bencana di daerahnya supaya mengerti cara memitigasi bencana. Merujuk pada data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang potensi longsor di sejumlah daerah, menurutnya, hal tersebut harus segera ditindaklanjuti dengan memitigasinya, misalnya memindahkan warga yang berpotensi terkena dampaknya.

Risma lantas menyinggung salah satu pulau yang disebut BMKG berpotensi mengalami longsor, namun enggan menyebutkan pasti nama pulau tersebut. Ia mengaku takut ketika diberitahu oleh BMKG akan potensi terjadinya longsor itu.

"Nah, kemarin ada gempa bumi kan, sekitarnya pulau itu, makanya saya sempat takut, karena apa? karena kalau itu terjadi, menurut Ibu Dwikorita (Kepala BMKG) maka itu akan ada kampung yang akan tenggelam," papar Risma. "Nah, hal-hal semacam ini saya harus komunikasikan dengan Pak Gubernur untuk bagaimana memindahkan mereka. Nah ini mitigasi ini yang harus kita optimalkan saat ini."

Maka dari itu, Risma menekankan agar setiap daerah bisa memahami segala potensi bencana alam di daerahnya masing-masing dengan mempersiapkan upaya penanggulangannya. Dengan begitu, maka akan mudah melakukan pemetaan dan antisipasi bencana.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru