Webtoon Girl Grup Baru Dituduh Jiplak Konsep Cerita G-Friend, HYBE Panen Kritik
Selebriti

Banyak penggemar berpikir bahwa HYBE mengambil ide dari dunia fantasi G-Friend untuk membuat cerita webtoon 'Crimson Heart' yang diduga untuk girl grup baru mereka.

WowKeren - HYBE dituduh menjiplak konsep cerita G-Friend untuk webtoon "Crimson Heart" yang dibintangi girl grup baru mereka. Banyak penggemar berpikir bahwa HYBE mengambil ide dari dunia fantasi G-Friend untuk membuat cerita tersebut.

Pembubaran GFriend pada Mei 2021 masih membuat penggemar terpukul. Source Music yang kini bernaung di bawah HYBE dianggap menjadi salah satu penyebab grup kesayangan mereka harus bubar. Baru-baru ini, ada masalah lain membuat penggemar G-Friend semakin marah dengan HYBE.

Para penggemar G-Friend percaya bahwa versi webtoon dan web novel dari cerita girl grup baru yang HYBE rencanakan untuk didebutkan di masa depan adalah "daur ulang" dari cerita dunia fantasi G-Friend sebelumnya.

Pada 3 November, HYBE Labels mengunggah video briefing untuk membagikan beberapa orientasi dan rencana perusahaan. Salah satu rencana mereka adalah bekerja sama dengan Naver Webtoon untuk merilis 4 seri untuk artis HYBE pada 2021 menampilkan BTS (Bangtan Boys), TXT, ENHYPEN, dan kemungkinan besar girl grup baru mereka.

Berbeda dengan serial BTS dkk, ada serial yang pemeran utamanya perempuan semua tapi HYBE belum mengungkapkan nama grup atau tanggal rilisnya. "Crimson Heart" adalah kisah masa depan yang berlatar di kota Refugia, sebuah kota terkontrol yang terputus dari tanah ajaib Unknown, tanah ajaib yang dipenuhi Api Biru.

Cerita terungkap ketika gadis-gadis suatu hari menemukan sebuah buku kuno misterius dan kalung merah di perpustakaan. Mereka bertualang ke dunia asing untuk mencari "Blue Firefly Island."

Meskipun HYBE belum mengkonfirmasi apapun, netizen menduga bahwa ini adalah cerita untuk girl grup baru yang belum dipublikasikan. Namun beberapa penggemar segera menemukan bahwa ada banyak detail di "Crimson Heart" yang terlihat seperti salinan ideal dari "Tale of Glass Bead" G-Friend.

"Tale of Glass Bead" adalah cerita tentang dunia fantasi G-Friend, dengan plot yang dijelaskan melalui video musik, lagu, penampilan, koreografi, dll. Selain itu, dirilis juga dalam bentuk buku cerita mini yang disertai bersama album.


Plot utama "Tale of Glass Bead" berkisar pada persahabatan sekelompok gadis saat mereka tumbuh dikelilingi oleh alam semesta yang misterius dan harus menghadapi kehilangan. Persahabatan mereka berantakan dan menjadi pahit saat mereka berjuang untuk bersama.

Webtoon Girl Grup Baru Dituduh Jiplak Konsep Cerita G-Friend, HYBE Panen Kritik 1

Source: Twitter

Seorang penggemar membuat postingan di Twitter untuk menunjukkan kesamaan antara cerita G-Friend dan webtoon "Crimson Heart" yang dibuat HYBE untuk girl grup baru. Gambar di sebelah kiri adalah preview dari "Crimson Heart" dalam video HYBE, sementara sebelah kanan adalah foto dan cerita dari "Tale of Glass Bead" G-Friend.

"Crimson Heart" juga menceritakan kisah enam gadis muda yang tinggal di negeri yang damai seperti kisah G-Friend. Kisah berpusat di dunia magis dan detail "Blue Fireflies", sementara "Tale of Glass Bead" juga membahas kemampuan magis para gadis dan detail ikoniknya adalah "Blue Butterflies."

"Crimson Heart" menampilkan enam karakter wanita yang secara bertahap menyadari kemampuan magis mereka dan memiliki detail yang muncul di perpustakaan. Dunia fantasi "Tale of Glass Bead" G-Friend juga memiliki detail serupa.

Gadis-gadis dari "Crimson Heart" memasuki dunia baru yang aneh dan mencari "Blue Firefly Island." Dalam cerita G-Friend, para gadis juga mencari "Blue Butterflies" yang memiliki kekuatan magis.

Meskipun ini mungkin bukan kasus "plagiarisme," semua orang dapat melihat kesamaan antara alur cerita "Tale of Glass Bead" dan "Crimson Heart." Banyak penggemar G-Friend percaya bahwa HYBE membuat keputusan yang bijaksana dengan tidak menyalin ide secara tepat, tapi "meminjam" dan "mendaur ulang" menjadi cerita baru.

Webtoon Girl Grup Baru Dituduh Jiplak Konsep Cerita G-Friend, HYBE Panen Kritik 2

Source: Twitter

Hal ini membuat para penggemar marah karena mereka selalu percaya bahwa perusahaan "memaksa" G-Friend untuk bubar untuk fokus meluncurkan girl grup baru, dan sekarang HYBE bahkan menggunakan cerita mereka untuk memperkenalkan grup wanita baru ini.

Penggemar G-Friend mulai mengkritik HYBE dengan tagar #ThankYouGFRIEND. Ini adalah tagar sarkastik yang digunakan penggemar untuk mengklaim bahwa HYBE harus mengucapkan terima kasih kepada G-Friend karena perusahaan ini harus meminjam dunia fantasi mereka untuk membuat ulang cerita untuk girl grup yang akan datang.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait