Olivia Rodrigo Akui Frustasi Sejumlah Lagunya Dinilai Jiplak Karya Lain Hingga Rugi Jutaan Royalti
AFP/Valerie Macon
Selebriti

Olivia Rodrigo ternyata tak nyaman dan terganggu saat sejumlah karyanya dinilai menjiplak lagu milik orang lain. Yang mana, klaim tersebut membuatnya kehilangan jutaan dolar dari hasil royalti.

WowKeren - Penyanyi sekaligus aktris muda Olivia Rodrigo belum lama ini buka-bukaan soal kariernya di dunia Hollywood. Tampak santai, Olivia ternyata cukup keberatan saat sejumlah karyanya dituding menjiplak lagu milik orang lain.

Bahkan Olivia dengan sukarela menyetujui sejumlah royaltinya dipotong sebagai bentuk ganti rugi. Lagu bertajuk "Deja Vu" contohnya yang dituding menjiplak salah satu karya milik Taylor Swift yakni "Cruel Summer". Tak hanya itu, lagu "Good 4 U" milik Olivia juga dinilai serupa dengan karya milik Paramore yang berjudul "Misery Business".

Olivia kemudian mengaku kurang nyaman dengan tudingan tersebut. Olivia merasa kreatifitasnya tak dihargai. Penyanyi berusia 18 tahun itu kemudian mengklaim terdapat beberapa pihak yang sengaja memanfaatkan popularitasnya demi keuntungan mereka sendiri.

"Sungguh membuat frustrasi melihat orang-orang mendiskreditkan dan menyangkal kreativitas saya," ungkap Olivia dalam wawancara bersama Time. "Sepertinya orang-orang menjadi lucu tentang hal-hal ketika lagu menjadi sangat populer."


Olivia kemudian menyebut dirinya hanyalah wanita biasa. Ia hanya senang menciptakan lagu dan karyanya sendiri untuk menghibur orang lain.Olivia mengaku tak memiliki niatan untuk menguasai panggung hiburan Hollywood. Itu mengapa, Olivia heran saat menyadari banyak pihak tak suka dengan keberhasilannya dan berulangkali berupaya untuk menjatuhkannya.

"Wanita muda terus-menerus dibandingkan satu sama lain. Saya 'baru ini' atau 'wanita ini bertemu wanita itu,' dan itu bisa menjadi reduktif," ujar Olivia. "Saya hanya Olivia. Saya melakukan pekerjaan saya sendiri. Sangat berarti ketika orang-orang mengenalinya."

Kendati begitu, Olivia mengaku mencintai profesinya sebagai penyanyi dan penulis lagu. Itu mengapa, Olivia berusaha untuk tak mempedulikan komentar serta kritik buruk orang lain. Ia hanya akan fokus dengan kesuksesan kariernya di masa mendatang.

"Pada akhirnya saya sangat bangga dan senang untuk mengatakan bahwa pekerjaan saya adalah menjadi penulis lagu," tuturnya. "Semua musik terinspirasi satu sama lain. Jelas, saya menulis semua lirik saya dari hati dan hidup saya terlebih dahulu. Saya datang dengan lirik dan melodi untuk 'Good 4 U' suatu pagi di kamar mandi."

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait