Get Healthy : Anti Ribet, Wirausaha Muda Ini Sulap Alat Rumah Tangga Jadi Perangkat Gym Murah
Instagram/sallyvarsly
Health
Get Healthy

Pengen olahraga tapi ribet harus pergi ke tempat gym? Jangan khawatir, Sally Varsly sukses sulap berbagai alat rumah tangga menjadi alat olahraga. Seperti apa? Simak lebih lengkap berikut ini!

WowKeren - Gym merupakan alternatif tempat terbaik untuk olahraga. Tidak heran jika banyak orang memilih olahraga di tempat gym. Hal ini juga dilakukan oleh Sally Varsly. Wirausaha muda berusia 26 tahun ini memilih gym agar bisa konsisten berolahraga. Bersama sang kekasih yang juga hobi berolahraga, Sally pun mendapat banyak bimbingan dan semakin bersemangat.

Sayangnya, pandemi Covid-19 membuat tempat gym terpaksa ditutup sementara. Hal inilah yang membuat Sally tidak bisa lagi berolahraga di tempat gym. Ia pun banyak menghabiskan waktu di rumah.

Selama di rumah, Sally tidak ingin berdiam diri saja. Ia tetap harus berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Bagi Sally, menjaga kesehatan diri sendiri adalah salah satu bentuk self love. Karena itu, ia pun mencari cara alternatif berolahraga.




Photo-INFO

Instagram/sallyvarsly


Sally akhirnya menemukan ide untuk menggunakan sapu lantai sebagai pengganti tiang deadlift. Ia pun langsung menggunakan sapu lantai itu untuk berolahraga. Sally berhasil membuktikan bahwa tanpa datang ke tempat gym, ia bisa memanfaatkan alat-alat di sekitar rumah untuk berolahraga.

Kepada WowKeren untuk rubrik Get Healthy, Sally mengungkapkan beberapa peralatan rumah tangga yang bisa menggantikan alat gym. Ingin tau lebih jelasnya? Simak penuturan Sally berikut ini.

(wk/yoan)

1. Manfaatkan Kursi Hingga Tabung Gas


Manfaatkan Kursi Hingga Tabung Gas
TikTok/sallyvarsly

Sejak berada di rumah karena pandemi, Sally lebih banyak menghabiskan waktunya di dapur dan ruang tamu. Keadaan ini membuat Sally mulai memikirkan bagaimana cara berolahraga yang efektif meski di rumah saja.

"Karena hampir setiap hari di dapur dan ruang tamu, mulailah mikir gimana supaya bisa tetap sehat tapi di rumah saja," beber Sally. "Ya sudah aku coba pakai alat-alat olahraga dari kursi, tabung gas, macam-macam deh."

Meski demikian, tidak semua alat rumah tangga yang dijumpai bisa digunakan sebagai alternatif alat olahraga. Diperlukan mengenali karakteristik alat terlebih dahulu agar manfaatnya bisa maksimal dirasakan tubuh.

2. Kenali Karakteristik Alat Rumah Tangga


Kenali Karakteristik Alat Rumah Tangga
Instagram/sallyvarsly

Langkah pertama yang dilakukan Sally adalah mengenali karakteristik alat. Apabila alat rumah tangga tersebut memiliki karakteristik mirip alat olahraga di tempat gym, maka ia bisa menggunakannya.

"Disesuaikan sama gerakannya, mirip enggak sama yang ada di tempat gym? Karena enggak bisa kalau seandainya sama sekali enggak mirip. Susah untuk di pakai," jelas Sally.

Selanjutnya, pastikan bahwa alat rumah tangga tidak berbahaya, tajam, atau terlalu berat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko cedera. Jika sudah memastikan aman, maka olahraga dengan alat rumah tangga bisa dilakukan untuk jangka waktu panjang.

3. Pastikan Tubuh dalam Keadaan Sehat


Pastikan Tubuh dalam Keadaan Sehat
TikTok/sallyvarsly

Setelah memastikan alat rumah tangga aman dan tidak berbahaya, jangan lupa untuk mengenali kondisi tubuh. Jika kondisi sedang tidak fit, maka lebih baik menunda olahraga sampai kondisi benar-benar sehat.

"Yang paling penting sebenarnya dari diri kita sendiri. Apakah (kondisi) kita fit? Apakah kita enggak kurang tidur? Enggak lagi kecapekan? Itu sih yang paling penting banget," tutur Sally. "Karena kalau seandainya tubuh lagi sakit atau cedera kita paksa, nanti malah makin parah."

Jika kondisi tubuh benar-benar sehat dan keamanan alat sudah terjamin, maka olahraga dengan alat rumah tangga sudah bisa dilakukan. Biasanya, Sally melakukannya ketika pagi hari atau sore hari setelah selesai bekerja.

4. Panci Sebagai Alternatif Pengganti Dumbbell


Panci Sebagai Alternatif Pengganti <i>Dumbbell</i>
TikTok/sallyvarsly

Salah satu alat rumah tangga yang punya karakteristik mirip dengan alat olahraga di tempat gym adalah panci. Sally menemukan kemiripannya secara kebetulan saat melihat panci di dapur.

"Dumbbell itu ada beban dan pegangannya. Jadi, aku mikir kenapa enggak pakai panci saja, mirip. Bebannya ada, pegangannya juga ada," beber Sally. "(Panci) bisa buat olahraga tangan, perut, bisa juga buat lower body atau bagian kaki. Jadi variasinya lebih banyak."

Tidak hanya praktis, panci juga bisa digunakan untuk banyak variasi olahraga. Hal inilah yang membuat Sally menyebut panci sebagai alat rumah tangga favoritnya untuk berolahraga.

5. Latih Punggung Menggunakan Sapu Lantai


Latih Punggung Menggunakan Sapu Lantai
TikTok/sallyvarsly

Selain panci, sapu lantai juga bisa digunakan sebagai alat olahraga. Gagang sapu lantai disebut Sally mirip dengan tiang untuk deadlift di tempat gym.

"Karena sapu itu mirip banget sama alat di tempat gym, kayak tiang buat deadlift. Jadi, enak banget dipakai," ungkap Sally. "(Selain itu) bisa buat olahraga bagian punggung atau olahraga bagian bawah tubuh."

Untuk hasil lebih maksimal, Sally biasanya juga menambahkan beban pada gagang sapu. Hal ini dilakukan dengan cara menggantung beberapa botol air mineral yang berisi penuh. Melakukan latihan dengan alat sederhana ini secara berulang-ulang bisa melatih kekuatan tulang punggung.

6. Kain Lap atau Handuk Untuk Latihan Tangan dan Perut


Kain Lap atau Handuk Untuk Latihan Tangan dan Perut
TikTok/sallyvarsly

Meski tidak memiliki beban yang berat, kain lap di dapur atau handuk juga bisa digunakan untuk olahraga. Keduanya bisa bermanfaat untuk melatih otot perut, kaki, serta tangan.

"Kain lap itu memang tidak ada bebannya, tapi kita pakai beban tubuh kita sendiri. Jadi, gerakannya seperti gerakan plank, tapi kain lapnya diletakkan di bagian kaki," ujar Sally. "Jadi, kita bisa menggerakkan kaki kita ke depan mengarah ke perut untuk melatih otot perut."

Selain untuk melatih otot perut, kain lap atau handuk juga bisa digunakan untuk latihan tangan. Hal ini dilakukan dengan cara menarik kain lap ke atas sejajar dengan kedua tangan. Selanjutnya, ayun tangan ke atas dan ke bawah. Lakukan secara berulang-ulang.

7. Tambah Durasi Olahraga


Tambah Durasi Olahraga
TikTok/sallyvarsly

Meski sudah menyerupai alat di tempat gym, namun Sally mengakui jika efek yang dihasilkan sudah pasti berbeda. Namun tidak usah khawatir. Jika ingin hasil lebih maksimal dan menyerupai hasil seperti olahraga di tempat gym, Sally menyarankan untuk menambah durasi olahraga.

"Kita bisa menambahkan durasi olahraganya. Jadi, mungkin biasanya di gym cuma setengah sampai satu jam, kalau di rumah bisa satu sampai satu setengah jam," saran Sally. "Karena olahraga itu enggak bakalan bisa efektif kalau kita melakukannya terlalu sebentar."

Pada akhirnya, konsistensi seseorang dalam berolahraga yang paling menentukan hasil. Bahkan, hasil olahraga yang maksimal juga bisa didapatkan tanpa menggunakan alat olahraga.

"Sebenarnya untuk olahraga itu kita enggak butuh alat banyak. Kita cukup pakai beban badan kita sendiri saja sudah cukup," lanjut Sally. "Kalau seandainya kita lakukan dengan konsisten, pasti hasilnya juga sama maksimalnya dengan (pakai) alat."

You can share this post!