Joko Anwar Kenang Jungkir Balik 20 Tahun Kerja di Industri Film, Beber Momen Kocak Ini
Instagram/jokoanwar
Selebriti

Joko Anwar mengenang 20 tahun perjalanan kariernya di industri perfilman. Joko Anwar pun membeberkan sejumlah cerita tak terlupakan selama perjalanannya terjun ke dunia film.

WowKeren - Siapa yang tak kenal pada sutradara film kondang, Joko Anwar. Karya-karya film Joko Anwar pun telah diakui secara internasional. Siapa sangka, sudah 20 tahun lamanya Joko Anwar bergelut di dunia perfilman.

Jadi sutradara sukses, Joko Anwar juga harus berjuang dari nol untuk menikmati kesuksesannya saat ini. Saat awal di industri perfilman, Joko Anwar pun pernah menjadi clapper hingga asisten sutradara.

"Tahun 2022 ini adalah tahun ke-20 saya kerja di perfilman Indonesia. Pengalaman ikut suting film panjang pertama di film Biola Tak Berdawai tahun 2002, saya jadi Asisten Sutradara 2, merangkap sebagai Script Continuity, Clapper, dan Publicist on location," tulis Joko Anwar pada Rabu (5/1).

Joko Anwar rupanya juga menyimpan banyak cerita tak terlupakan sepanjang kariernya. Mulai dari cerita kocak hingga yang penuh tekanan.


"Waktu itu cuman punya 2 kaos t-shirt. Warna hijau dan orange menyala yang sekali cuci langsung menciut jadinya tiap kerja puser selalu keliatan. It was so much fun," beber sutradara film "Perempuan Tanah Jahanam" tersebut.

"Tahun 2005 pertama kali menyutradarai film panjang. Janji Joni, yang di hari pertama udah salah bikin shot jadinya besoknya tiap ke lokasi selalu bawa buku penyutradaraan film. Sampulnya saya tutupi kertas putih biar nggak ketauan. Ternyata bikin film susah. Susah banget. Padahal nonton film gampang," sambungnya.

Bahkan Joko Anwar juga pernah berusaha melukai diri sendiri karena tekanan yang berat saat produksi. Tapi kemudian pengalaman tersebut jadi cerita kocak karena ketahuan oleh salah satu aktornya, Fachri Albar.

"Tahun 2007 bikin film kedua. Kala. Super-ambitious. Pas nulisnya asik-asik aja. Pas bikinnya literally jungkir balik sampai melipir ke tempat sepi jedug-jegudin kepala. Eh, ketauan sama @aialbar. Terus saya pura-pura cool. @aialbar kayaknya mikir saya gila," tutur Joko Anwar.

Joko pun mengumumkan akan ada karya terbarunya di tahun 2022. Joko Anwar pun berharap filmnya itu bisa diterima dengan baik oleh para penikmatnya.

"Kirain semakin lama bikin film bakal makin paham filmmaking. Ternyata makin lama kerja di film, makin sadar banyak yang nggak saya paham. 2022. Tahun ini film baru saya akan bisa ditonton di bioskop. Insya Allah. Mau nonton kan, teman-teman?" pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait