Ini Girl Grup Generasi Ke-4 yang Berpotensi Jadi Seperti Trio BLACKPINK, TWICE, Red Velvet
Selebriti

Di industri musik Korea, pencapaian di chart musik digital Korea tidak bisa diabaikan ketika mengukur kesuksesan sebuah produk musik. Dalam hal ini, aespa memang mendominasi.

WowKeren - Merujuk pada girl group teratas Generasi ke-3, BLACKPINK (Black Pink), TWICE, dan Red Velvet dianggap sebagai top 3. Idol-idol yang berasal dari perusahaan hiburan terkenal ini berhasil mendulang popularitas baik di dalam negeri maupun internasional. Meneruskan jejak mereka, ada beberapa grup dari generasi beikutnya yang disebut akan populer seperti para seniornya.

Di industri musik Korea, pencapaian di chart musik digital Korea tidak bisa diabaikan ketika mengukur kesuksesan sebuah produk musik. Dalam hal ini, aespa memang mendominasi. Dengan dirilisnya "Next Level", aespa menjadi grup perwakilan K-Pop Generasi ke-4 dan juga grup SM pertama yang mencapai No.1 di chart Melon 24 Hits.

Luar biasa seperti "Next Level", "Savage" bahkan lebih baik. Lagu tersebut menjadikan aespa grup idola K-pop generasi ke-4 pertama yang memiliki Perfect All-Kill. Khususnya, aespa juga berhasil dalam kategori penjualan album, yang merupakan kelemahan grup pendatang baru, dengan melebihi jumlah 400.000 eksemplar pre-order.

Ini Girl Grup Generasi Ke-4 yang Berpotensi Jadi Seperti Trio BLACKPINK, TWICE, Red Velvet

Source: Kbizoom

Setelah debut hanya selama lebih dari 1 tahun, aespa "membombardir" upacara penghargaan di Korea, mengumpulkan semua piala rookie. Baru-baru ini, gadis-gadis SM membuat para penggemar sangat bangga ketika mereka diberi gelar "Rookie Grand Slam".

Dalam hal pencapaian debut yang mengesankan, aespa memang hebat, tetapi ada lawan lain yang sama potensial, IVE. Girl grup Starship ini memiliki penampilan yang luar biasa. Lagu "ELEVEN" setelah dirilis telah naik ke puncak tangga lagu, pencapaian digitalnya mengalahkan grup rookie lainnya yang memulai debutnya pada tahun 2021.


Selain itu, IVE juga berhasil di segmen penjualan album. Setelah 4 hari pembukaan untuk penjualan, "ELEVEN" mencatat penjualan lebih dari 125 ribu copy. Ini juga merupakan jumlah tertinggi yang dapat dicapai oleh grup rookie pada tahun 2021. Dengan trofi di "[=Show Champion]" 7 hari setelah debut mereka, IVE telah menjadi girl group tercepat yang mencapai No.1 dalam sejarah K-pop.

Ini Girl Grup Generasi Ke-4 yang Berpotensi Jadi Seperti Trio BLACKPINK, TWICE, Red Velvet

Source: Kbizoom

IVE masih mempromosikan "ELEVEN" di panggung musik sementara jumlah trofi mereka telah mencapai 7. Khususnya, pada tanggal 9 November, girl grup Starship "melampaui" aespa di Inkigayo untuk memenangkan trofi. Namun, IVE telah terlibat dalam banyak skandal terlepas dari pencapaian mereka yang mengesankan.

Memenangkan Best Female Rookie Award di Brand Customer Loyalty Award dan Next Leader Award di The Fact Music Awards, dibandingkan dengan aespa atau IVE, penampilan STAYC cukup "inferior". Namun, girl grup beranggotakan 6 orang ini masih sangat dihargai.

Berawal dari Highend Entertainment yang merupakan perusahaan kecil, STAYC harus bekerja lebih keras untuk dikenal. Selain itu, konsep yang dikejar oleh grup tersebut, yang berbeda dari gaya serupa biasanya, juga menghembuskan kehidupan baru ke dalam industri musik K-pop. Karena hal-hal tersebut, STAYC sangat populer saat debut di Korea.

Ini Girl Grup Generasi Ke-4 yang Berpotensi Jadi Seperti Trio BLACKPINK, TWICE, Red Velvet

Source: Kbizoom

Selain prestasi musik digital, kecantikan para member STAYC juga menjadi topik hangat diskusi. Berkat kekuatan visual mereka, STAYC memiliki banyak kontrak iklan besar, muncul sebagai wajah komersial populer di industri hiburan K-pop. Imej dan musik yang disukai oleh orang-orang Korea, STAYC hanya membutuhkan lagu hit untuk naik ke puncak bintang Generasi ke-4.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts