Kondisi Pulih, Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Keluar dari RS Jantung Hari Ini
AP Photo/Vincent Thian
Dunia

Pekan lalu, Mahathir Mohamad kembali masuk ke Institut Jantung Negara (IJN) karena harus menjalani prosedur medis yang tak dijelaskan detail. Kini kondisi Mahathir sudah membaik.

WowKeren - Kurang dari sepekan lalu, mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dilaporkan kembali masuk ke rumah sakit. Mahathir dilaporkan menerima perawatan di Institut Jantung Negara (IJN).

Hingga pada Kamis (13/1) hari ini, IJN menyatakan bahwa kondisi Mahathir sudah pulih. Karena itulah Mahathir bisa keluar dari rumah sakit khusus jantung tersebut pada sekitar pukul 15.45 waktu setempat.

Dalam pernyataan singkat, IJN menyatakan bahwa Mahathir sudah selesai menjalani prosedur yang diperlukan. "Beliau akan melanjutkan proses penyembuhan dan pemulihannya di rumah," tutur IJN dalam keterangan pers yang turut diunggah di akun media sosial Mahathir.

Sebagai pengingat, pekan lalu, Mahathir kembali masuk untuk menerima perawatan medis di IJN. "Dr Mahathir Mohamad hari ini masuk ke IJN untuk sebuah prosedur medis (dan) berdasarkan SOP yang berlaku sekarang, tidak ada pengunjung yang diizinkan mengunjungi beliau," demikian kutipan pernyataan resmi IJN ketika Mahathir kembali masuk rumah sakit, Sabtu (8/1).


Hanya saja tidak ada informasi detail mengenai prosedur medis yang harus dijalani politikus veteran berusia hampir 100 tahun tersebut. Bahkan hingga hari ini, tetap tidak ada kejelasan mengenai prosedur medis maupun kondisi apa yang dialami sampai Mahathir harus masuk IJN.

Masuknya Mahathir ke IJN pekan lalu menjadi yang kedua kalinya dalam rentang waktu kurang dari sebulan. Sebab Mahathir juga masuk IJN pada 16 Desember 2021 dengan alasan harus menjalani pemeriksaan medis selama beberapa hari. Kurang lebih sepekan Mahathir menjalani observasi kesehatan sampai diizinkan keluar pada 23 Desember 2021.

Masuknya Mahathir ke IJN juga tentu mengingatkan publik dengan riwayat penyakit jantung yang dimiliki sang mantan PM. Mahathir mengalami serangan jantung pertamanya pada tahun 1989, ketika ia berusia 64 tahun.

Mahathir mengalami dua kali serangan jantung pada 2006 dan setahun setelahnya ia harus menalani operasi bypass sampai 4 kali. Lalu Mahathir juga kembali dirawat di IJN karena mengalami infeksi di bagian dada pada 2018.

(wk/elva)


You can share this post!


Related Posts