Birthday Spotlight: Happy Lee Jun Young Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini hadir untuk merayakan ulang tahun Lee Jun Young yang jatuh pada Sabtu (22/1). WowKeren secara khusus akan mengulas tentang bintang 'Imitation' tersebut.

WowKeren - Lee Jun Young U-KISS merayakan ulang tahun ke-25 (perhitungan umur internasional) pada Sabtu (22/1). Kali ini Birthday Spotlight akan menemani membaca setia WowKeren dalam rangka mengupas tuntas perjalanan hidup sang idol sekaligus aktor berbakat tersebut.

Bagi penggemar K-Pop, Lee Jun Young atau yang dikenal dengan nama panggung Jun sudah tidak asing lagi. Selain beraktivitas sebagai penyanyi, maknae U-KISS ini juga sering mondar-mandir di televisi dengan beragam di sejumlah K-Drama. Salah satu perannya yang sukses mencuri hati pemirsa adalah sebagai Kwon Ryeok di drama adaptasi webtoon terkenal "Imitation".

Tanpa perlu berlama-lama, yuk intip perjalanan karier Lee Jun Young dari sebelum debut hingga menjadi salah satu idol-aktor yang cukup diperhitngkan ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Lee Jun Young lahir di Uijeongbu, Gyeonggi-do, Korea Selatan pada 22 Januari 1997. Ia tumbuh sebagai kakak dari seorang adik perempuan bernama Lee Seoyoung. Meski lahir di Gyeonggi, ia menempuh pendidikan dari SD sampai SMA di Seoul.

Semasa kecil Lee Jun Young bermimpi menjadi pesepakbola. Sejak belia, ia juga sudah berlatih menyanyi sendirian dan punya mimpi sebagai street dancer.

Lee Jun Young dipilih dalam audisi menjadi member U-KISS karena NH Media selaku agensinya saat itu menilai dirinya punya keinginan kuat untuk naik ke atas panggung. Agensi langsung tertarik dengan kemampuannya dan pesonanya kala itu.

2. Debut


Debut

Lee Jun Young debut sebagai member termuda U-KISS menggantikan Dongho dalam album yang bertajuk "Mono Scandal". Menggunakan nama panggung Jun, ia mengisi posisi rapper karena saat itu anggota yang tersisa hanya para vokalis selain Eli. Sebagai maknae, porsinya dalam MV lagu utama "Quit Playing" relatif lebih sedikit karena mengusung konsep 19+.

Sebelum debut, NH Media mengumumkan U-KISS akan menambah satu member pada 15 Mei 2015. Di hari yang sama, agensi memposting dua foto Jun. Sebagai informasi, U-KISS adalah grup cukup sering mengalami perombakan member sehingga hadirnya Jun membuat penggemar penasaran.

Untuk menyambut debut Jun, NH Media mengeluarkan pernyataan berbunyi, "Anggota staf agensi sengaja merilis foto baru anggota U-KISS. Sesuai jadwal, anggota baru akan bergabung dengan comeback U-KISS pada bulan Juni.

Tiga tahun berselang dari debutnya, Lee Jun Young debut sebagai aktor di dalam drama "Avengers Social Club" sebagai Lee Soo Gyum. Sejak saat itu, Jun merupakan idol merangkap aktor.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Lee Jun Young mencoba peruntungannya sebagai idol dengan mengikuti program "The Unit" yang disiarkan pada Oktover 2017. Jun menunjukkan keahliannya sebagai penyanyi, padahal selama di U-KISS ia dikenal sebagai rapper. Pada Februari 2018, ia memenangkan juara pertama dan debut ulang dengan boy grup sementara UNB sampai tahun 2019.

Perjalanannya pun bukan kaleng-kaleng di mana Lee Jun Young sukses menyabet penghargaan Best New Actor Korea Culture Entertainment Awards dan MC Drama Awards dengan drama "Goodbye to Goodbye" pada tahun 2018. Pada tahun 2021, pria setinggi 185 cm itu memenangkan Best Choice Award Actor di Asian Artist Awards.

Salah satu akting Lee Jun Young yang paling legendaris yaitu di drama OCN "Class of Lies" yang tayang di paruh kedua 2019. Dalam drama itu, ia memerankan Yoo Beom Jin anggota klub Veritas yang terungkap bahwa ternyata adalah seorang psikopat.

Setelah "Class of Lies", Lee Jun Young juga berakting dalam sejumlah drama lain. Agaknya 2021 adalah tahun tersibuknya di mana ia tampil dalam drama MBC Every 1 "Please Don't Date Him", KBS2 "Imitation", Netflix "D.P." dan SBS "Let Me Be Your Knight" baik sebagai peran utama maupun pendukung.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Lee Jun Young adalah maknae sekaligus member yang masih bertahan di U-KISS terlama setelah Soohyun. Selain beraktivitas dengan status member U-KISS, UNB selama dua tahun, ia juga sibuk sebagai aktor dan penyanyi solo.

Punya jangkauan nada yang luas, Lee Jun Young akan terdengar serak dan ngebass saaat melakukan rap tapi untuk bernyanyi ia punya suara yang relatif tinggi dan artikulasi jelas. Jun juga sempat memamerkan kemampuan vokalnya di "King of Mask Singer" pada tahun 2017.

Pada April 2019, Lee Jun Young debut sebagai penyanyi solo dengan single Jepang berjudul "Phenomenal World" yang sukses menebus chart nomor 7 di Tower Records Japan. Bahkan ia sempat mengadakan konser di Osaka dan Tokyo dalam rangka debutnya. Lagunya "My Way" yang dirilis dalam bahasa Korea dan Jepang juga mendulang kesuksesan.

Kemudian Lee Jun Young merilis single "Tell" dan album debut "Gallery" dengan title track "Curious About U" di penghujung 2019. Single Korea terbarunya yang berjudul "Amen" di mana ia mengusung genre hip hop dirilis pada Oktober 2020.

5. Kontroversi


Kontroversi

Lee Jun Young belum pernah terlibat kontroversi secara pribadi. Namun di awal debutnya, U-KISS sempat dilarang tampil di televisi karena "koreografi yang tidak pantas" untuk lagu "Quit Playing". Selain mengusung konsep berani dengan menunjukkan banyak kontak fisik sensual antara member dan model, fans merasa khawatir pada Jun yang saat itu di bawah umur yakni berusia 18 tahun (17 tahun perhitungan internasional).

Agar bisa mempromosikan lagu mereka, U-KISS harus mengganti gerakan-gerakan dance yang provokatif menjadi layak untuk disaksikan. "Kami baru saja mendapat informasi bahwa koreografi yang sekarang tidak layak disiarkan dan harus diubah. Kami saat ini sedang mengubah tariannya," kata NH Media saat itu.

Tidak terlibat kontroversi, Lee Jun Young ternyata sempat menghebohkan media karena membantu polisi menangkap seorang pengemudi yang menyetir di bawah pengaruh minuman keras pada Agustus 2021. Lee Jun Young melaporkan pelanggaran lalu lintas dan membuntuti pengemudi tersebut selama satu jam.

Seorang sumber mengatakan kepada media setempat OSEN soal jasa Lee Jun Young. Agensi bahkan tidak tahu menahu mengenai kejadian itu selain dari media karena Jun tidak melaporkan apapun.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Lee Jun Young sedang melebarkan sayapnya dalam hal akting. Salah satu proyeknya mendatang adalah film Netflix yang berjudul "Love and Leashes". Saat ini sang aktor sedang berada di masa promosi pra-rilis film tersebut.

Mengadaptasi webtoon "Moral Sense", film ini menceritakan tentang romansa mendebarkan antara Jung Ji Hoo yang diperankan Lee Jun Young dan Jung Ji Woo yang dimainkan oleh Seohyun SNSD (Girls' Generation). "Love and Leashes" akan mengusung tema kisah cinta dewasa di mana Ji Woo tidak sengaja menemukan paket Ji Hoo berisi barang-barang rahasia yang berhubungan dengan preferensi seksualnya.

Film terbaru Lee Jun Young, "Love and Leashes" yang sudah diantisipasi banyak penggemar dan pengguna Netflix akan dirilis pada 11 Februari mendatang. Selain itu, Lee Jun Young juga akan membintangi film adaptasi webtoon "Brave Citizen" dengan Shin Hye Sun.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait