Asosiasi Kesejahteraan Hewan Korea Temui KBS Bahas Kontroversi 'The King of Tears, Lee Bang Won'
KBS
TV

Terkait kontroversi 'The King of Tears, Lee Bang Won', Asosiasi Kesejahteraan Hewan Korea (KAWA) telah duduk bersama dengan KBS dan menyampaikan 3 tuntutan ini.

WowKeren - Asosiasi Kesejahteraan Hewan Korea (KAWA) sudah duduk bersama dengan KBS terkait kontroversi penyalahgunaan hewan dalam syuting "[=The King of Tears, Lee Bang Won]". Hal itu dilaporkan KAWA melalui akun media sosial resmi mereka.

Sebelumnya KAWA merupakan salah satu pihak yang pertama kali mendesak KBS untuk menjelaskan potensi penyiksaan hewan dalam adegan "The King of Tears, Lee Bang Won". Adapun adegan yang memicu kekhawatiran organisasi pecinta hewan dan masyarakat itu adalah di mana seekor kuda jatuh dengan kepala terlebih dulu membentur tanah saat ditunggangi aktor pengganti untuk peran Lee Seong Gye.

Untuk menciptakan efek jatuh dramatis, kaki kuda diikat dengan tali dan ditarik ke tanah. Saat mengeluarkan permintaan maaf, KBS mengabarkan kuda tersebut mati seminggu sejak insiden karena menderita komplikasi. Bukan hanya masyarakat umum dan organisasi pecinta hewan, para selebriti juga menyuarakan keprihatinan terkait situasi ini.

Setelah meminta wawancara guna mengkonfirmasi kebenaran seputar insiden, KAWA akhirnya bisa bertatap muka dengan pihak KBS. Dalam wawancara yang dihadiri Kepala Pusat Drama KBS, produser eksekutif dan Kepala Tim Perencanaan dan Operasi Pusat Drama, organisasi tersebut mempunyai 3 tuntutan untuk dibahas.


Ketiga tuntutan KAWA, antara lain yang pertama agar KBS membuat penetapan pedoman baru tentang kesejahteraan hewan. Kedua, komite etika pembuatan film haruslah mencakup para ahli seperti organisasi hewan, para ahli dalam kesejahteraan dan keselamatan hewan. Ketiga, agar para pakar kesejahteraan binatang terlibat dalam komite penonton.

Sementara itu, KBS sudah merilis tanggapan mengenai pertemuan dengan KAWA pada Senin (24/1). Pihak stasiun televisi tersebut akan mengupayakan langkah-langkah demi memastikan kesejahteraan hewan di lokasi syuting. Mereka juga akan mengumpulkan pendapat dari para ahli.

Selain mengakui bahwa pihaknya kurang menyadari tentang bioetika dan kesejahteraan hewan, KBS juga berjanji akan belajar dari kesalahannya. Sehingga kejadian serupa tidak harus terulang kembali.

Sementara itu, "The King of Tears, Lee Bang Won" sedang dihentikan penayangannya maupun proses syutingnya terkait kontroversi ini. Bahkan KBS juga sudah membatalkan penayangan episode spesial Tahun Baru Imlek.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait