Profil Lengkap Presiden Rusia Vladimir Putin, Ahli Bela Diri Hingga Pernah Jadi Agen KGB
Twitter/KremlinRussia_E
Dunia

Putin memiliki karier politik yang relatif panjang hingga sebagian besar hidupnya dihabiskan di depan publik. Setelah sekolah menengah, Putin bekerja untuk KGB.

WowKeren - Langkah Rusia yang akhirnya mendaratkan serangan di negara tetangganya, Ukraina, tengah menjadi perhatian dunia saat ini. Tentu saja di balik langkah itu, ada sang presiden, Vladimir Putin, yang gerak-geriknya belakangan ini tak lepas dari sorotan.

Putin memiliki karier politik yang relatif panjang hingga sebagian besar hidupnya telah dihabiskan di mata publik. Ia lahir pada 1 Oktober 1952 di Leningrad yang sekarang disebut St Petersburg, di Rusia. Sebagai seorang anak kecil ia mulai mengikuti kelas bela diri dan dengan cepat belajar bagaimana mempertahankan diri melawan musuh-musuhnya.

Pada usia 16 tahun, Putin telah menjadi petarung yang ditakuti yang unggul dalam kombinasi judo dan gulat Rusia yang dikenal sebagai sambo. Nilai akademis yang hampir sempurna juga membuatnya mendapatkan tempat di SMA Saint Petersburg 281 yang disegani.

Setelah sekolah menengah, Putin memutuskan untuk bekerja untuk KGB, agen mata-mata Rusia, sebagaimana yang ia impikan. Dia melanjutkan studi hukum di Universitas Negeri Leningrad, lulus pada tahun 1975 dan menjadi satu-satunya orang dari kelas yang terdiri dari 100 yang mendapatkan pekerjaan sebagai perwira intelijen.

Ia ditugaskan di bagian yang bertanggung jawab untuk merekrut orang asing yang dapat mengumpulkan intelijen penting untuk KGB. Putin bekerja sebagai perwira intelijen selama 15 tahun, pensiun pada tahun 1991 dengan pangkat Kolonel untuk mengejar impian politiknya.


Boleh dibilang, kariernya cukup sukses. Ia menjabat sebagai Presiden Rusia dari 1999 hingga 2008 dan dari 2012 hingga sekarang. Di sela-sela tugas kepresidenannya, ia menjabat sebagai Perdana Menteri.

Meski telah berusaha keras untuk menutup kehidupan pribadinya dari publik, namun desas-desus tentang seorang wanita simpanan sempat mengusiknya. Ia memiliki dua putri dari pernikahan pertamanya dengan mantan pramugari Lyudmila Shkrebneva, yang dinikahinya selama 30 tahun sebelum mereka bercerai pada 2013.

Putri mereka, Maria dan Katerina, lahir dengan selisih satu tahun pada tahun 1985 dan 1986. Lyudmila menggambarkan Putin sebagai ayah yang penuh kasih.

Pada tahun 2020, sebuah penyelidikan oleh media Rusia Proekt mengaitkan Putin dengan seorang wanita bernama Svetlana Krivonogikh. Putrinya yang berusia 17 tahun, Elizaveta Krivonogikh, dianggap memiliki kemiripan dengan Putin.

Putin telah lama dituduh korupsi dengan daftar panjang kritikusnya yang paling vokal menemui akhir yang tidak menguntungkan di masa lalu. Kontroversi terbaru melibatkan pemimpin oposisi berusia 45 tahun Alexei Navalny, yang telah berada di balik jeruji besi selama satu tahun, setelah selamat dari serangan racun yang dia tuduhkan pada Kremlin.

Dugaan Putin yang mencekik oposisi politik juga membuatnya dituduh menyensor pers. Investigasi oleh proyek jurnalisme Proyekt Investigative telah menjadi sasaran, setelah Yayasan Anti-Korupsi Navalny juga dicap sebagai kelompok ekstremis.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait