Conny R. Semiawan
https://ika.unj.ac.id/
SerbaSerbi

Sejumlah pesohor Tanah Air menjadi korban keganasan COVID-19 varian Delta. Berikut ulasan profil 10 pesohor Indonesia mulai dari musisi, aktor, hingga pejabat institusi pemerintah yang meninggal akibat virus COVID-19 Varian Delta bagian 1.

WowKeren - Pandemi COVID-19 juga membuat dunia pendidikan Tanah Air berduka. Guru Besar dan juga mantan Rektor IKIP Jakarta (kini telah berubah jadi UNJ) periode 1984-1992, Prof Dr Conny R. Semiawan tutup usia. Ia meninggal di usia 91 tahun pada 1 Juli 2021. Conny dikenal sebagai rektor perempuan pertama di Indonesia.

Setelah selesai tak memangku jabatan sebagai rektor, Conny berkiprah lebih luas di bidang pendidikan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ia pernah menjabat Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan selain menjadi rektor. Tidak heran jika kemudian dia diberi penghargaan oleh UNESCO sebagai tokoh yang berjasa di bidang pendidikan di Indonesia tahun 2015 silam.

Selain itu, Conny R. Semiawan rupanya juga pernah bermasalah dengan pemerintah. Ia pernah menjadi editor buku Adik Baru yang diterjemahkan oleh Swanie Gunawan dari buku Peter, Ida, und Minimum karangan Grethe Fagerstrom dan Gunilla Hansson yang menimbulkan kontroversi kemudian dilarang beredar oleh pemerintah.

(wk/lara)

You can share this post!

Related Posts