Di Thailand, Jual Durian Mentah Bisa Masuk Penjara
Pixabay
SerbaSerbi

Di Thailand, Bagi penjual yang kedapatan menjual durian mentah, bisa dikenai hukuman hingga tiga tahun penjara dan denda hingga 60.000 baht (25 juta rupiah).

WowKeren - Durian menjadi salah satu buah favorit yang digemari banyak orang. Namun sayangnya, buah ini tak selalu ada sepanjang waktu sehingga tak heran jika musim durian tiba, orang-orang akan berbondong-bondong untuk membelinya.

Musim durian juga merupakan ajang bagi para penjual untuk mendapatkan keuntungan dari buah durian yang dipanennya. Saat ini sedang musim durian di Thailand dan pemerintah setempat mewanti-wanti para pedagang untuk tidak menjual maupun memanen durian mentah.

Bahkan pemerintah juga telah menentukan batas kekeringan minimum daging buah untuk menentukan kesegaran setiap varietas. Jika aturan ini dilanggar, penjual bisa dijebloskan ke penjara.

Durian dikenal sebagai "raja buah" dengan bau menyengat yang begitu kuat. Tak heran jika buah ini dilarang di banyak hotel dan bahkan sistem angkutan massal MRT Bangkok.


Durian matang memiliki rasa yang unik dengan tekstur yang kaya, namun untuk durian mentah biasanya memiliki daging pucat yang tidak enak rasanya. Bagi penjual yang kedapatan menjual durian mentah, bisa dikenai hukuman hingga tiga tahun penjara dan denda hingga 60.000 baht (25 juta rupiah).

Itu dianggap sebagai penipuan terhadap pembeli terkait kualitas buah, sebagaimana aturan tersebut. Mereka yang menjual durian mentah juga dapat menghadapi tuntutan berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen yang melarang penjual memberikan informasi palsu tentang produk tersebut. Penjual dapat dikenakan hukuman penjara hingga enam bulan dan denda hingga 100.000 baht.

Kementerian Pertanian dan Koperasi mengeluarkan pernyataan yang mengingatkan petani dan penjual bahwa mereka dapat menghadapi hukuman tiga tahun penjara karena menjual durian mentah. Sedangkan bagi pelanggar berulang akan menghadapi hukuman yang lebih berat.

Selanjutnya, pihak berwenang akan lebih mengawasi penjualan buah mentah di provinsi Trat, Chanthaburi dan Rayong yang dikenal sebagai daerah utama penghasil buah durian. Untuk varietas populer, pejabat bahkan telah menetapkan jadwal panen dan persentase kekeringan minimum untuk buah, misalnya varietas Mon Thong dapat dipanen mulai 25 April dengan tingkat kekeringan minimal 32 persen.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait