Sesuaikan Durasi dengan Kemampuan Diri
pexel/Oladimeji Ajegbile
Health

Kesulitan turunkan berat badan karena susah konsisten olahraga? Retno Aprilia punya cara khusus atur jadwal olahraga yang bantu turunkan berat badan. Apa saja rahasianya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Hal lain yang harus diperhatikan saat menyusun jadwal olahraga adalah durasi waktunya. Untuk jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki, Retno menyarankan untuk memasang durasi mulai dari 30 menit sampai satu jam. Sedangkan untuk olahraga sedang atau berat seperti angkat beban, cukup dilakukan sekitar 10-30 menit saja.

"Biasanya, (durasi) disesuaikan dengan jenis olahraganya. Kalau olahraga ringan seperti jalan kaki bisa sekitar 30 menit sampai satu jam. Kalau olahraga berat seperti angkat beban atau yoga, maksimal 30 menit," beber Retno "Perbedaan durasi juga disesuaikan dengan tubuh, karena metabolisme itu berbeda-beda. Dari situlah saya membuat durasinya berbeda-beda. Supaya tubuh tidak terlalu kelelahan atau terforsir dalam berolahraga."

Selain itu, pemilihan durasi juga hendaknya disesuaikan dengan kondisi tubuh. Bagi seseorang yang berat badannya masuk dalam kategori overweight, Retno berpesan agar tidak terlalu lama saat berolahraga. Sebab, berolahraga terlalu keras di awal akan menyebabkan pegal-pegal yang menimbulkan efek enggan untuk memulai lagi.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru