Hari ke-5 Pencarian Eril: Ridwan Kamil Tanyakan ini ke Tim SAR, Keluarga Akan Terima Apapun Hasilnya
Instagram/ridwankamil
Nasional

Sudah empat hari berlalu pencarian anak Gubernur Jabar Kang Emil yang hilang terseret arus Sungai Aare, Swiss. Hingga hari kelima, pencarian masih terus dilakukan lantaran Eril belum ditemukan keberadaannya.

WowKeren - Memasuki hari kelima pada Senin (30/5), pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pihak kepolisian dan Tim SAR diketahui masih terus menelusuri lokasi kejadian. Bahkan Kang Emil sapaan Ridwan Kamil bersama sang istri, Atalia ikut memantau proses pencarian sang anak, Eril.

Sementara itu, Duta Besar (Dubes) Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad menyampaikan dalam konferensi persnya bahwa ia sempat bertemu dengan Kang Emil dan istri. Ia pun mengungkapkan Kang Emil meminta penjelasan teknis terkait topografi dari Sungai Aare kepada tim SAR dan Polisi Swiss.

"Saya bertemu bersama dengan Pak RK kemarin dengan mereka, mereka sangat profesional dan Bapak Gubernur juga banyak berikan pertanyaan teknis dan kemudian diberikan gambaran mengenai topografi sungai, kekuatan arus sungai dan sebagainya," ujar Muliaman konpers yang digelar Sabtu (28/5).

Hingga saat ini, pencarian masih terus dilakukan dan Eril belum ditemukan. Di sisi lain, menurut adik Kang Emil, Elpi Nazmuzaman, pihak keluarga akan menerima apapun hasil pencarian tersebut. Namun keluarga berharap agar Eril bisa segera ditemukan dalam keadaan selamat.

Elpi mengungkapkan pada pencarian hari keempat, pencarian mulai diintensifkan di bawah permukaan air. Sebelumnya, baru menggunakan drone saja.


"Kini menggunakan drone yang jarak terbangnya relatif rendah, dan berbagai macam perahu yang bisa mendeteksi benda kurang lebih 3 meter di bawah permukaan air, sehingga relatif bisa ditemukan," jelas Elpi dalam kanal YouTube tvOneNews, Minggu (29/5).

Elpi lantas mengatakan bahwa pihak keluarga hingga kini masih belum mengetahui keberadaan putra sulung Kang Emil itu. "Sejauh ini, sampai saat ini kami belum mendapatkan hasil yang sesuai diharapkan, tetapi InsyaAllah, apapun itu kita terima dengan ikhlas," beber Elpi.

Elpi kemudian menuturkan bahwa ada beberapa kendala yang mengganggu pencarian yang dilakukan pihak kepolisian dan tim SAR setempat di Sungai Aare. "Ada kendala alam, ada hal-hal yang tidak bisa diukur oleh kemampuan manusia secara matematis," imbuhnya.

Di antaranya adalah sumber airnya dari lelehan gunung es, salju, sehingga ada serpihan-serpihan yang memberikan tingkat kekeruhan. Sebagaimana diketahui, pada saat kejadian, Kang Emil diketahui tengah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri ke Inggris, Italia dan Vatikan.

Di saat yang bersamaan, sang istri, Athalia bersama kedua anaknya sedang berada di Swiss untuk mencari kampus guna meneruskan pendidikan ke jenjang S2 untuk Eril. Pihak KBRI sendiri juga akan terus mengupdate perkembangan pencarian Eril.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait