Sukses di Bioskop, 'Top Gun: Maverick' Digugat Terkait Hak Cipta
Film

Pewaris dari penulis Ehu Yonay menuduh bahwa Paramount melanggar hak cipta dengan menyelesaikan sekuel 'Top Gun: Maverick' lebih dari setahun setelah hak cipta dikembalikan.

WowKeren - "Top Gun: Maverick" telah berhasil terbang tinggi di box office dengan respons yang luar biasa. Namun, siapa sangka jika Paramount justru digugat terkait film itu?

Paramount Pictures sedang digugat oleh keluarga penulis yang menulis cerita asli tahun 1983, yang menjadi dasar cerita "Top Gun" tahun 1986. Shosh dan Yuval Yonay, yang menyatakan diri sebagai pewaris dari penulis tersebut Ehu Yonay, menuduh bahwa Paramount melanggar hak cipta dengan menyelesaikan sekuel, "Top Gun: Maverick" yang dirilis pada 27 Mei, pada Mei 2021, lebih dari setahun setelah hak cipta atas cerita itu dikembalikan ke Yonay di bawah Undang-Undang Hak Cipta pada Januari 2020.

"Paramount sengaja mengabaikan ini, mengacungkan hidungnya pada undang-undang," bunyi dokumen yang diperoleh People pada hari Senin (6/6).


Keduanya mencari ganti rugi yang tidak ditentukan, termasuk kepentingan pra-penghakiman yang mereka pertahankan dan akan dipertahankan, dan setiap pendapatan, keuntungan yang diperoleh Paramount sebagai akibat dari tindakan salah yang dituduhkan.

Paramount pun buka suara menanggapi hal ini. Dalam sebuah pernyataan, Paramount mengatakan, "Klaim ini tidak berdasar, dan kami akan membela diri dengan penuh semangat."

Sebagaimana diketahui, "Top Gun: Maverick" mengambil latar waktu 30 tahun setelah kelulusan Pete "Maverick" Mitchell (Tom Cruise) dari program penerbangan Angkatan Laut TOPGUN, ketika ia dipanggil kembali sebagai instruktur untuk penerbang elit. Dalam 10 hari film tersebut diputar di bioskop, Maverick telah meraup lebih dari 291 juta di box office domestik dan 257 juta secara internasional, dengan total global 548,6 juta dolar AS.

Film aksi tersebut menghasilkan sekitar 124 juta di box office domestik dalam tiga hari pertama, menjadi akhir pekan pembukaan terbesar Cruise, menurut Variety. Itu juga menjadi film pertama Cruise yang debutnya menghasilkan lebih dari 100 juta dolar AS. Bagi Cruise, akhir pekan pembukaan tertingginya sebelum Maverick adalah "War of the Worlds", yang menghasilkan 64 juta pada debutnya pada tahun 2005.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait