Tak Percaya Hal Mistis, Deddy Corbuzier Ungkap Terjadinya Kesurupan dari Segi Ilmu Psikologi
Instagram/mastercorbuzier
Selebriti

Deddy Corbuzier mengaku bahwa selama ini ia tak pernah percaya akan hal mistis. Ia lantas mengungkapkan bagaimana kesurupan itu bisa terjadi dari segi ilmu psikologi.

WowKeren - Belum lama ini Deddy Corbuzier hadir menjadi bintang tamu di kanal YouTube Denny Sumargo. Pada kesempatan itu, Deddy pun mengaku bahwa selama ini ia tak pernah percaya akan adanya hal mistis.

Kemungkinan hal itu terjadi karena ia kelulusan Psikologi. Kendati begitu, ia heran ketika orang percaya akan hal mistis seperti kesurupan yang membuat heboh satu sekolah.

"Nggak (percaya hal mistis), karena based gue kan psikologi pak. (Kesurupan terjadi karena) gangguan otak, makanya hanya di Indonesia terjadi kesurupan satu kelas, gak ada di Amerika satu kampus kesurupan, gak ada," ungkap Deddy.

Densu sapaan akrab Denny Sumargo, lantas mempertanyakan bagaimana logikanya bisa ada kejadian kesurupan dalam satu kelas. Deddy pun menjelaskan bahwa gangguan otak yang dialami seseorang bisa menular sama seperti ketika ada orang tanpa disadari akan ikut menguap saat melihat orang lain menguap.

"Karena nular, seperti orang nguap, itu nular. Nah kalau satu kesurupan, yang lain lihat, otaknya menerima itu sebagai sesuatu yang wajar seperti hipnotis, dia akan mengikuti hal tersebut. Itu gejala otak bos, bukan kesurupan," papar Deddy.


Kendati begitu, Deddy mempertanyakan mengapa kepala sekolah justru memanggil dukun bila seluruh siswanya kejang-kejang. "Kalau dia manggilanya dokter, maka diagnosanya akan berbeda, kalau manggil dukun, diagnosanya kesurupan, panggil psikiater dong," ujar Deddy.

Densu lalu berdalih bahwa biasanya orang kesurupan tak bisa sembuh saat dipanggil dokter. Namun setelah dirukyah malah sembuh. "Halah, gue gamparin juga sembuh," timpal Deddy.

Lebih lanjut, Densu lantas menanyakan bagaimana dengan kejadian mati suri. Yang mana hal tersebut juga biasanya dikaitkan dnegan hal-hal mistis. Deddy pun menjelaskan dari segi ilmu psikologi.

"Mati suri bisa, gampang banget kalau mati suri, otak gak jalan dan sebagainya, (tapi) jantung dan sebagainya masih jalan, selama oksigen masih ada, mati suri," terang Deddy. "Melayang rohnya karena ketika kita mati suri, maka endorfin kita dua kali lipat, yang mana lebih gila dibandingkan obat-obatan apapun."

"Makanya kenapa orang meninggal itu gak sakit, karena ketika orang meninggal, 4 meit terakhir otak kita akan ngeluari dopamin ke tubuh kita, ditembak sama dopamin supaya kita nyaman, dan saat itulah kita merasa kita keangkat, kita lihat cahaya dan sebagainya, itu dopamin. Menurut ilmu psikologi," pungkasnya.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait