Tak Melulu Buruk, Berikut 7 Manfaat Gaya Kencan Pocketing Relationship
Unsplash/Andrew Neel
SerbaSerbi

Pocketing Relationship ternyata tak melulu memberikan efek buruk pada hubungan dan pasangan. Berikut 7 manfaat pocketing relationship yang tak diketahui banyak orang.

WowKeren - Gaya kencan pocketing relationship tengah populer di kalangan anak muda. Munculnya pocketing relationship bisa karena beragam alasan.

Meski memiliki sejumlah risiko, pocketing relationship ternyata tak melulu negatif. Sebagian pasangan percaya, pocketing relationship membantu hubungan bertahan lama. Pendapat tersebut turut dibenarkan oleh pakar kencan, Maria Sullivan.


"Pocketing bisa terjadi karena sejumlah alasan. Beberapa mungkin karena pengalaman negatif dari masa lalu. Bila seseorang merasa tidak aman atau cemburu, mereka mungkin akan menyembunyikan pasangan demi hubungan yang langgeng," kata Maria.

Selain membantu mempertahankan hubungan, pocketing relationship juga memiliki manfaat lain. Berikut 7 manfaat pocketing relationship yang telah dirangkum WowKeren. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Hubungan Terasa Lebih Berkualitas


Hubungan Terasa Lebih Berkualitas
Unsplash/Alvin Mahmudov

Pocketing relationship dipercaya dapat membuat hubungan lebih dekat. Pasalnya, Anda memerlukan waktu untuk mengenal pasangan lebih dalam sebelum membawanya ke keluarga. Hal itu sesuai dengan pandangan psikolog, Rachel Perlstein.

"Melangkah dan menunggu waktu yang tepat untuk memperkenalkan pasangan benar-benar tentang membawa hubungan Anda lebih dekat," kata Rachel.

2. Memiliki Lebih Banyak Privasi


Memiliki Lebih Banyak Privasi
Unsplash/Pierre Bamin

Pocketing relationship membantu privasi Anda dan pasangan tetap terjaga. Gaya kencan ini juga menghindarkan hubungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pakar hubungan, Jonathan Bennett membenarkan pendapat tersebut.

"Menjauhkan hubungan dari publik membuat privasi kedua pasangan terjaga. Hubungan Anda dan pasangan akan terhindar dari pendapat luar yang berpotensi negatif atau beracun," papar Jonathan.

3. Meminimalisir Tekanan Dari Luar


Meminimalisir Tekanan Dari Luar
Unsplash/Vitaliy Rigalovsky

Hubungan yang melibatkan dua orang biasanya kerap mendapat tekanan dari orang sekitar. Gaya kencan pocketing relationship dinilai dapat meminimalisir tekanan dari luar. Pendapat itu dibenarkan oleh psikolog Dr. Carla Marie Manly.

"Dengan menjauhkan hubungan dari banyak orang, Anda akan terhindar dari sejumlah tekanan, termasuk ketegangan yang mungkin tidak Anda sadari ada di sana," jelas Dr. Carla.

4. Menghindari Perpisahan Yang Rumit


Menghindari Perpisahan Yang Rumit
Unsplash/Priscilla Du Preez

Pocketing relationship membuat perpisahan Anda dan pasangan berakhir lebih mudah. Minimnya publikasi membuat Anda terhindar dari pertanyaan-pertanyaan pasca putus. Hal itu disampaikan terapis sekaligus pakar kencan, Kathleen Carroll.

"Ketika hubungan berakhir, lalu drama dimulai, pertanyaan-pertanyaan pasca putus yang mengganggu. Namun, dengan menjaga hubungan Anda dari media sosial, Anda akan dapat menyembuhkan dan memfokuskan pikiran Anda pada hal-hal lain," ujar Kathleen.

5. Menghindari Kritik Dan Pendapat Yang Tidak Perlu


Menghindari Kritik Dan Pendapat Yang Tidak Perlu
Unsplash/Kelsey Chance

Dengan tidak mengumumkan hubungan ke publik, Anda dan pasangan terhindar dari kritik atau pendapat yang tak perlu. Kondisi ini membuat hubungan terasa damai dan bahagia. Konselor pernikahan Jessica Small menyampaikan pendapat demikian.

"Dengan memamerkan hubungan, artinya Anda membuka diri untuk dikritik dan mendapat komentar orang lain yang tidak diminta. Namun, cukup berbicaralah dengan orang yang dikenal atau dipercaya bila muncul masalah atau kekhawatiran soal hubungan Anda," saran Jessica.

6. Mengurangi Risiko Salah Pilih


Mengurangi Risiko Salah Pilih
Unsplash/Markus Spiske

Seseorang biasanya khawatir salah memilih pasangan. Karena itu, butuh waktu untuk mengenal pasangan lebih dekat sebelum memulai hubungan serius. Psikolog Anna Jovanovic menyebut pocketing relationship dapat mengurangi risiko salah pilih.

"Ketika Anda fokus untuk membangun hubungan dengan pasangan baru, Anda biasanya akan menunggu sampai mengenal orang itu cukup baik secara individu. Barulah Anda memperkenalkan orang ini ke keluarga demi terhindar salah pilih pasangan," kata Anna.

7. Menjaga Perasaan Sejumlah Pihak


Menjaga Perasaan Sejumlah Pihak
Unsplash/Gemma Chua-Tran

Merahasiakan hubungan untuk sementara waktu bisa dilakukan demi menjaga perasaan orang lain. Dalam beberapa kasus, mantan yang sulit moveon atau pihak tertentu kemungkinan akan cemburu melihat kedekatan Anda dengan pasangan. Saran itu disampaikan terapis Jenni Jacobsen.

"Ketika Anda membagikan semua detail intim hubungan Anda pada publik, hubungan Anda mungkin membuat orang lain terkesan. Kondisi itu memungkinkan membuat orang lain cemburu. Apalagi, bila terdapat mantan pasangan yang tak dapat melupakan Anda," papar Jenni.

Nah, itu dia 7 manfaat pocketing relationship. Semoga artikel di atas menambah wawasan sobat WowKeren yang hendak menjalani pocketing relationship. Sampai bertemu di artikel menarik selanjutnya ya. See you!



You can share this post!

Related Posts