Netizen Bahas Alasan WJSN Tak Sepopuler Senior-Juniornya, SISTAR dan IVE
Musik

Meskipun agensi yang sama mengelola ketiga girl grup tersebut, netizen dan penggemar K-pop bertanya-tanya mengapa WJSN tidak bisa 'mencapai sukses besar' seperti SISTAR dan IVE.

WowKeren - Pada 4 Juli, penggemar K-pop membuka diskusi di komunitas online Nate Pann, membandingkan popularitas IVE dan SISTAR. Secara khusus, ketiga girl grup tersebut debut di bawah Starship Entertainment.

Grup pertama yang didebutkan Starship adalah SISTAR pada tahun 2010. Selama "masa kejayaan", kuartet ini menetapkan nama mereka sebagai ikon generasi kedua, terkenal karena lagu-lagu mereka seperti "Touch My Body," "Alone," "SHAKE IT" dan banyak lagi.

Sementara itu, IVE yang diperkenalkan pada tahun 2021, juga menanjak sebagai "grup perwakilan generasi keempat." Mereka telah mendominasi chart musik dengan hits mereka, "ELEVEN" dan "LOVE DIVE."

Sayangnya, WJSN yang juga dikenal sebagai (Cosmic Girls), memulai debutnya pada tahun 2016 tetapi gagal mengamankan tempatnya sebagai girl grup kelas atas ketiga. Meskipun mereka memiliki popularitas di Korea, mereka tidak memiliki lagu representatif yang bahkan penggemar non-K-pop tahu, tidak seperti dua grup lainnya.

Dengan ini, penulis postingan yang memulai diskusi bertanya, "Kenapa WJSN tidak bisa sukses besar?" Segera setelah posting diunggah, itu mendapat perhatian dari lebih dari 60 ribu pengguna internet dan mendapatkan ratusan tanggapan yang beragam.


Banyak penggemar K-pop setuju bahwa popularitas WJSN tidak setara dengan SISTAR dan IVE, menyoroti tiga alasan utama. Pertama, beberapa netizen menyampaikan bahwa grup yang awalnya terdiri dari 13 member ini "sangat besar".

"Ada terlalu banyak member. Itu membuatku bertanya-tanya apakah mereka semua dibutuhkan," komentar netizen. "Karena fakta bahwa WJSN adalah grup besar, tidak ada orang yang benar-benar menonjol," ujar yang lain.

Poin kedua adalah lagu mereka. Meskipun WJSN memiliki banyak lagu populer dan bop, mereka tidak memiliki lagu yang dianggap "hit" di kancah K-pop. "Mereka tidak punya lagu hit seperti 'Alone,'" kata netizen. "Sebagian besar lagu mereka terdengar sama," imbuh lainnya.

Ketiga dan terakhir, WJSN tidak memiliki satu member pun dengan popularitas yang mapan sebelum drama Bona dan "Queendom 2" Mnet. Netizen juga menyoroti waktu debut WJSN.

"Starship mendebutkan grup dengan jumlah yang begitu besar tanpa satu pun member yang sudah memiliki fandom yang mapan," ujar netizen. "Mereka tidak punya (member seperti) Jang Wonyoung dan Ahn Yujin," tambah yang lain.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts