Enggak Sekadar Liburan, Ini 8 Keuntungan Menarik yang Bakal Kalian Dapat Saat Staycation
Pexels/Pixabay
Travel

Staycation adalah salah satu jenis liburan yang paling diminati saat pandemi COVID-19. Bagi kalian yang bermaksud untuk melakukan liburan jenis ini, simak berbagai keuntungannya berikut ini.

WowKeren - Staycation adalah salah satu jenis liburan yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Liburan jenis ini sering dipilih sebagai opsi terbaik bagi mereka yang ingin menghilangkan penat dalam waktu singkat.

Secara lebih detail, staycation adalah liburan yang dilakukan di lokasi yang relatif dekat dengan tempat tinggal, sehingga kalian tidak harus pergi ke luar kota. Meski demikian, kalian bisa menjelajah berbagai lokasi di dalam kota yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya.


Dengan konsep ini, kalian tidak memerlukan tiket pesawat, paspor atau bahkan visa. Dan karena jaraknya yang dekat dari tempat tinggal, kalian bisa menghemat biaya perjalanan dan tak memerlukan perencanaan yang rumit.

Liburan jenis ini kembali dilirik ketika jumlah kasus harian COVID-19 kembali naik seperti saat ini. Sebab orang-orang tak harus bepergian jauh untuk berlibur atau bertemu dengan banyak orang untuk melepas penat.

Sehubungan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa keuntungan menarik saat melakukan staycation. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Minim Perencanaan


Minim Perencanaan
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Kalian tidak perlu pusing menyusun rencana liburan jika melakukan staycation. Sebab staycation memiliki konsep liburan singkat dengan waktu fleksibel sehingga kalian tidak perlu melakukan perjalanan jarak jauh yang melelahkan.

Selain itu, kalian juga tidak perlu membawa banyak perlengkapan maupun baju ganti yang bisa sangat memenuhi koper. Pilihan ini jauh lebih simpel, terlebih jika kalian pergi dengan anak-anak yang suka rewel di perjalanan.

2. Tenangkan Pikiran


Tenangkan Pikiran
Pexels/Quang Nguyen Vinh

Rutinitas sehari-hari yang melelahkan bisa memicu stres dan berbagai emosi negatif lainnya. Jika terus dibiarkan, kondisi ini akan membuat produktivitas kalian menurun dan tak bisa fokus belajar maupun bekerja. Karena itu, tak ada salahnya untuk melakukan staycation demi melepas penat yang menumpuk.

Seperti liburan pada umumnya, staycation juga bisa membuat pikiran menjadi lebih sehat karena kalian bisa bersantai dari jadwal yang sibuk untuk sesaat. Fokuslah menikmati waktu kalian dengan beristirahat, jalan-jalan santai, menonton acara favorit atau sekadar berbincang dengan orang-orang tersayang.

3. Hemat Waktu


Hemat Waktu
Pexels/JESHOOTS.com

Staycation juga menjadi pilihan berlibur yang tepat bagi kalian yang jarang memiliki waktu luang. Karena dilakukan di dekat rumah dan tidak membutuhkan banyak rencana kegiatan, kalian tidak harus menghabiskan banyak waktu di perjalanan.

Selain menghemat waktu, kalian juga tidak harus berurusan dengan kemacetan lalu lintas, menunggu transportasi atau berbagai hal merepotkan lainnya di perjalanan. Dengan begitu, kalian bisa memaksimalkan waktu liburan untuk kegiatan menyenangkan lainnya.

4. Hemat Biaya


Hemat Biaya
Pexels/Towfiqu barbhuiya

Melakukan staycation bisa memangkas biaya liburan secara drastis. Sebab kalian bisa mengurangi biaya transportasi jarak jauh yang bisa menghabiskan banyak anggaran. Kalian juga tidak perlu menukar mata uang untuk biaya liburan di luar negeri atau bahkan menghabiskan anggaran untuk membayar visa atau asuransi perjalanan internasional.

Akomodasi mungkin menjadi pengeluaran terbesar saat staycation, sehingga jika ingin lebih hemat, kalian bisa menginap di rumah teman atau keluarga di kota yang berbeda. Dengan menghemat pengeluaran, kalian bisa menggunakan anggaran untuk keperluan lain seperti wisata kuliner atau membeli oleh-oleh.

5. Bisa Quality Time dengan Orang Terdekat


Bisa Quality Time dengan Orang Terdekat
Pexels/Kampus Production

Keuntungan berikutnya dari staycation adalah bisa menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan orang-orang terdekat. Pasalnya, kalian hanya membutuhkan sedikit waktu di perjalanan dan lebih mudah mengumpulkan mereka karena masih dalam lingkup satu kota.

Menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat bisa menjadi momen healing paling menyenangkan meski kalian hanya berkumpul untuk berbincang. Selama momen ini kalian juga bisa bertukar pikiran dan melepas stres yang muncul karena rutinitas harian.

6. Mengenal Kota Sendiri dengan Lebih Dalam


Mengenal Kota Sendiri dengan Lebih Dalam
Pexels/Rachel Claire

Tak jarang kita berpikir bahwa liburan harus dilakukan di tempat yang jauh agar lebih "seru". Padahal, berlibur juga bisa dilakukan di kota sendiri yang mungkin belum banyak kita eksplor sebab kita terlalu sibuk sekolah atau bekerja dari pagi sampai malam.

Coba jelajahi berbagai spot atau lokasi di kota yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya. Mungkin saja selama ini kalian melewatkan berbagai tempat menarik karena fokus pada keindahan wisata di tempat lain. Selain itu, kalian juga bisa mencari kafe atau restoran lokal yang unik dan menarik banyak perhatian.

7. Bangkitkan Semangat


Bangkitkan Semangat
Pexels/Melvin Vito

Peliknya masalah dalam hidup terkadang membuat kita kehilangan motivasi. Nah salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk membangkitkan semangat adalah dengan melakukan staycation.

Pergi berlibur dan menikmati suasana baru akan membuat kalian lebih bahagia, terlebih jika kalian melakukan berbagai hal menyenangkan selama di sana. Dijamin deh, semangat kalian akan benar-benar kembali sepulang dari staycation!

8. Dekat dari Rumah Jika Terjadi Keadaan Darurat


Dekat dari Rumah Jika Terjadi Keadaan Darurat
Pixabay/Golda

Berlibur ke lokasi yang jauh bisa sangat sulit jika kalian memiliki anggota keluarga yang lanjut usia. Bagaimana jika terjadi sesuatu yang mengharuskan kalian untuk pulang? Maka akan sulit untuk mendapatkan tiket pesawat atau kereta jarak jauh karena sifatnya yang mendadak. Selain itu, kalian juga membutuhkan waktu yang cukup lama di perjalanan.

Meskipun kita tidak pernah mengharapkan hal ini, staycation bisa membuat segalanya lebih mudah jika tiba-tiba terjadi keadaan darurat. Sebab kalian bisa langsung pulang tanpa harus kerepotan mendapatkan tiket transportasi atau menghabiskan banyak waktu di jalan.

Demikian delapan keuntungan menarik yang bisa kalian dapatkan saat staycation. Dalam artikel berikutnya, tim WowKeren akan memberikan berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan saat staycation. Stay tune ya!

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait