Jepang Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet, Terdeteksi di Tokyo
Dunia
Wabah Cacar Monyet

WHO sebelumnya telah menetapkan status darurat kesehatan global atas wabah cacar monyet. Tak lama setelah penetapan ini, Jepang mengkonfirmasi kasus pertama cacar monyet di negaranya.

WowKeren - Wabah cacar monyet tampaknya semakin meluas ke banyak negara di dunia. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya juga telah menetapkan status darurat kesehatan global atas cacar monyet.

Pada Senin (25/7), Jepang mengkonfirmasi kasus cacar monyet pertama yang menginfeksi seorang pria berusia 30 tahun-an di Tokyo. Hal ini disampaikan oleh pemerintah metropolitan Tokyo.

Melansir Kyodo News, pasien tersebut sebelumnya diketahui memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri yakni ke negara Eropa pada akhir Juni hingga pertengahan Juli lalu. Menurut pemerintah Tokyo, pria tersebut melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi monkeypox.

Pria tersebut saat ini diketahui tengah dirawat di rumah sakit. Pemerintah Tokyo mengatakan bahwa pasien itu mulai merasa tidak enak badan pada 15 Juli lalu, dengan gejala demam, sakit kepala dan ruam.


Sebelum mengkonfirmasi kasus pertama cacar monyet, pejabat pemerintah Jepang diketahui mengadakan pertemuan untuk membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk menanggapi kemungkinan wabah cacar monyet di negara tersebut usai WHO menyatakan wabah wabah penyakit menular itu sebagai darurat kesehatan global.

Sebagai informasi, cacar monyet sendiri merupakan penyakit yang dilaporkan sejak Mei di luar Afrika Tengah dan Barat. Seperti yang diketahui, cacar monyet telah menjadi penyakit endemik di sebagian negara Afrika.

Sementara iti, cacar monyet diketahui memiliki gejala yang menyebar melalui kontak fisik yang dekat, termasuk demam, ruam yang luas, lesi kulit, dan pembengkakan kelenjar getah bening setelah masa inkubasi lima sampai 21 hari.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sebelumnya membeberkan bahwa saat ini sudah ada lebih dari 16 ribu kasus cacar monyet yang dilaporkan dari 75 negara dan wilayah, dengan lima kematian. Ia kemudian menyampaikan penetapan status darurat kesehatan global atas cacar monyet itu untuk meningkatkan kewaspadaan tertinggi WHO.

Meski begitu, Tedros mengatakan bahwa hal tersebut tidak berarti cacar monyet merupakan suatu penyakit yang sangat menular atau bahkan mematikan. Penetapan status darurat kesehatan global itu bertujuan untuk memastikan komunitas global menanggapi wabah tersebut dengan serius.

(wk/tiar)


You can share this post!

Related Posts