Tutup Usai, 7 Potret Perjalanan Karier Eddy Gombloh Sang Aktor dan Pelawak Senior
YouTube/HUMORIA INDONESIA
Selebriti

Artis senior Eddy Gombloh meninggal duniapada Kamis (4/8) sekitar pukul 11.30 WIB. Selama ini, dikenal sebagai salah satu aktor dan komedian yang hits pada zamannya. Berikut potret perjalanan kariernya.

WowKeren - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Eddy Gombloh, komedian dan aktor senior meninggal dunia. Mendiang Eddy mengembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (4/8) sekitar pukul 11.30 WIB. Eddy Gombloh akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat pada Jumat (5/8).

Istri Eddy Gombloh, Martina Lubalu menuturkan bahwa suaminya mempunyai riwayat penyakit jantung yang sudah menyebar ke organ tubuh lain. Ia juga mengungkap pesan terakhir Eddy Gombloh yang ingin dimakamkan di Jakarta. Di sisi lain, sahabat Eddy Gombloh, Polo, mengatakan jenazah sang sahabat akan dimakamkan di Tegal Alur, Jakarta Barat.

Selama ini, Eddy Gombloh dikenal sebagai salah satu aktor dan komedian yang hits pada zamannya. Ia telah memiliki banyak karya film serta dikenal luas oleh masyarakat. Simak perjalanan karier Eddy Gombloh.

(wk/rosi)

1. Aktor Sekaligus Pelawak


Aktor Sekaligus Pelawak
Instagram/indrajp3

Eddy Gombloh lahir pada 17 Agustus 1941 dengan nama Supardi. Ia terjun ke dunia akting sejak tahun 70-an lewat film "Djembatan Emas". Dalam perannya, Eddy sering memainkan karakter orang yang lugu dan polos. Di sisi lain, Eddy juga kerap muncul di berbagai acara komedi.

2. Langganan Adu Akting dengan Benyamin Sueb


 Langganan Adu Akting dengan Benyamin Sueb
Instagram/sandhysondoro_official

Sudah menjadi rahasia umum jika Eddy Gombloh dan Benyamin S atau Benyamin Sueb sering dipasangkan dalam sebuah film. Slain dengan Benyamin, Eddy Gombloh juga biasanya bermain dengan S.Bagio. Persahabatan Eddy Gombloh dan Benyamin Sueb juga menjadi sahabat di luar akting.

3. Pemeran Utama di 'Tiga Janggo'


Pemeran Utama di 'Tiga Janggo'
YouTube/Falcon

Dikenal sebagai pemeran pendukung, Eddy kemudian mendapatkan perna utamanya dalam film "Tiga Janggo". Film ini merupakan film parodi dari film Spaghetti Western atau Koboi Itali "Django" yang rilis tahun 1966. Eddy Gombloh bermain sebagai koboi bernama Gommy Janggo dan beradu akting dengan Benyamin Sueb.

4. Bintangi Puluhan Judul Film


Bintangi Puluhan Judul Film
YouTube/HUMORIA INDONESIA

Sepanjang karirnya dalam dunia hiburan, Eddy Gombloh telah menelurkan banyak karya. Ia telah membintangi puluhan judul film hits pada zamannya seperti "Warung Pojok", "Kembang Semusim", "Apa Ini Apa Itu", dan masih banyak lagi film lainnya.

5. Popularitas Menurun


Popularitas Menurun
YouTube/HUMORIA INDONESIA

Karier Eddy Gombloh di dunia hiburan terus melejit hingga menjadikannya komedian ternama Indonesia yang populer di tahun 1980-an. Citra Eddy Gombloh di dunia hiburan jauh dari kabar miring. Namun seiring berjalannya waktu, popularitas Eddy Gombloh menurun dan mulai jarang muncul di layar kaca. Eddy Gombloh kemudian memutuskan untuk pulang ke tanah kelahirannya yakni Yogyakarta. Eddy Gombloh pindah ke Yogyakarta sejak 14 tahun yang lalu.

6. Nostalgia di Humoria Indonesia


Nostalgia di Humoria Indonesia
YouTube/HUMORIA INDONESIA

Pada 11 Januari lalu, Eddy Gombloh sempat menjadi bintang tamu di "Humoria Indonesia". Ia mengenang persahabatannya dengan Benyamin Sueb yang penuh cerita lucu. Eddy mengaku sering dikerjai oleh sahabatnya itu. Eddy bercerita bahwa ia dan Benyamin Sueb serta Dul Kamdi membentuk grup lawak Trio Kambing yang legendaris. Singkatan dari Kamdi, Ben dan Gombloh yang disingkat menjadi Kambing. Eddy Gombloh juga menceritakan bahwa Trio Kambing sempat kontrak dengan ayah Tamara Bleszynski.

7. Meninggal di Usia 80 Tahun


Meninggal di Usia 80 Tahun
Instagram/kilakula_cookies

Eddy Gombloh meninggal di usia 80 tahun. Martina Lubalu, istri Eddy Gombloh mengatakan bahwa sang suami menderita sakit dan sempat dirawat di Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta. Dalam YouTube Macul Channel, Martina menuturkan bahwa suaminya menderita sakit jantung.

Akan tetapi, penyakitnya tersebut semakin diperparah ketika Eddy Gombloh terinfeksi COVID-19 beberapa waktu lalu. sebelum meninggal Eddy juga sempat meminta untuk dimakamkan di Jakarta.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru