Semangat HUT RI, Intip 7 Tempat Anti Mainstrem Untuk Kibarkan Bendera Merah Putih
Pxhere
SerbaSerbi
HUT RI Ke-77

Setiap 17 Agustus selalu diperingati sebagai HUT Republik Indonesia dan identik dengan pengibaran bendera merah putih sebagai bentuk cinta Tanah Air. Berikut 7 tempat anti mainstream yang pernah menjadi lokasi pengibaran bendera merah putih.

WowKeren - Beberapa hari ke depan, Indonesia akan memperingati HUT RI ke-77. HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus itu menjadi simbolis perjuangan rakyat merebut kemerdekaan Tanah Air pada tahun 1945.

Beragam euforia dan antusiasme masyarakat dalam merayakan HUT RI sudah mulai bermunculan. Seperti, digelarnya berbagai lomba 17 Agustus-an dan munculnya dekorasi atau umbul-umbul di sepanjang jalan.


Di setiap rumah, sekolah, dan gedung perkantoran juga mulai dikibarkan bendera merah putih. Bahkan tak sedikit instansi atau kelompok yang rela membawa bendera merah putih untuk dikibarkan di tempat-tempat anti mainstream.

Tentunya, perlu perjuangan dan keringat untuk sampai di tempat-tempat tersebut. Pasalnya, beberapa tempat anti mainstream itu adalah puncak gunung, dasar laut dan masih banyak lagi. Dengan cara itu, masyarakat dapat turut merasakan betapa sulitnya merebut kemerdekaan.

WowKeren pun telah merangkum 7 tempat anti mainstream yang pernah digunakan untuk mengibarkan bendera merah putih. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Puncak Gunung Everest


Puncak Gunung Everest

Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala Universitas Parahyangan (WISSEMU) tercatat pernah mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi Gunung Everest. Dua pendaki wanita yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest itu adalah Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda).

Deedee dan Hilda sampai di puncak Gunung Everest pada 17 Mei 2018. Keduanya memulai perjalanan pada 11 Mei 2018 pukul 23.30 di ketinggian 5.150 mdpl sebagai titik awal pendakian. Deedee dan Hilda kemudian berhasil mencapai puncak Gunung Everest pada 17 Mei 2022 sekitar pukul 05.50 setempat atau 07.05 WIB.

2. Di Dasar Laut


Di Dasar Laut
womentourism.id

Tempat anti mainstream lainnya yakni dasar laut. Bendera merah putih pernah dikibarkan di bawah laut Raja Ampat dalam rangka memperingati HUT RI ke-75. Bendera tersebut berhasil dikibarkan pada 17 Agustus 2020. Diketahui, itu adalah kali keempat bendera merah putih berkibar di laut Raja Ampat.

Sosok yang berhasil mengibarkan bendera merah putih di laut Raja Ampat itu yakni beberapa penyelam wanita yang tergabung dalam Molo Ombin Raja Ampat dan para perempuan kampung wisata Arborek, Papua Barat. Penyelaman para wanita tersebut didukung oleh tim Discovery Scuba Diving.

3. Di Udara


Di Udara

Pengibaran bendera merah putih di udara biasanya dilakukan oleh pasukan khusus TNI. Para penerjun Kopassus tercatat pernah melakukan rekor terjun payung sembari mengibarkan bendera merah putih. Pegibaran bendera merah putih itu dilakukan di atas langit kawasan Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor.

14 penerjun dikerahkan untuk misi spesial tersebut. Pengibaran bendera merah putih dilakukan di ketinggian 12 ribu kaki atau sekitar empat ribu meter dari atas permukaan tanah. Kabarnya, persiapan proses pengibaran bendera tersebut dilakukan dalam waktu singkat yakni tiga hari sebelum pelaksanaan.

4. Puncak Himalaya


Puncak Himalaya

Bendera merah putih juga pernah dikibarkan di puncak Himalaya dalam rangka memperingati kemerdekaan. Misi berbahaya itu dilakukan oleh Mapagama (Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Gadjah Mada) di peringatan HUT RI ke-71 pada tahun 2016. Pendakian itu dilakukan sejak 13 Agustus dan tiba 17 Agustus pukul 12.14 WIB.

Empat srikandi yang berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Himalaya itu adalah Chordya Iswanti (21), Eva Lutvi Atur Nur Rohmah Ningsih (20), Ria Verentiuli (19), dan Dita Novitasari (19). Bendera merah putih dikibarkan di Stok Kangri, Provinsi Ladakh, India salah satu puncak Himalaya dengan ketinggian 6153 mdpl.

5. Akuarium Raksasa Sea World, Ancol


Akuarium Raksasa Sea World, Ancol

Pada HUT RI ke-76 tahun lalu, tepatnya 17 Agustus 2021, bendera merah putih juga dikibarkan di akuarium raksasa Sea World, Ancol. Pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh penyelam profesional dari Sea Word Ancol bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi DKI Jakarta.

Tim khusus melakukan serangkaian upacara 17 Agustus di dalam akuarium lengkap dengan peralatan selam. Pengibaran bendera dilakukan di kedalaman enam meter dengan ditemani ribuan jenis ikan. Pengibaran bendera merah putih di Sea World Ancol itu kabarnya rutin dilakukan setiap peringatan HUT RI.

6. Lereng Gunung Api Purba


Lereng Gunung Api Purba

Tempat lain yang tak kalah ekstrem adalah Lereng Gunung Api Purba. Bendera merah putih pernah dikibarkan di tempat tersebut dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 pada tahun 2018. Gunung Api Purba terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Bendera raksasa berukuran 42 x 28 meter itu dikibarkan di atas Lereng Gunung Api Purba. Diketahui, bendera raksasa itu memiliki berat 380 kilogram.

Sekretaris Dinas Pariwisata, A. Hary Sukmono, ST menyebut pengibaran bendera merah putih raksasa tersebut dicetuskan oleh berbagai pihak, diantaranya Pok Darwis Nglanggeran, Gorila Adventure Yogyakarta, Dinas Kebudayaan dan Dinas Kominfo serta pihak lain yang turut membantu terselenggaranya kegiatan tersebut. Dibutuhkan 15-20 personil terlatih untuk mengibarkan bendera tersebut.

7. Di Air Terjun


Di Air Terjun

Air terjun juga dipilih sebagai tempat pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT RI ke-76 yang diperingati pada 17 Agustus 2021. Pengibaran itu dilakukan oleh Komunitas wisata Kota Subulussalam, Aceh. Bendera merah putih berukuran 3 x 10 meter dikibarkan di air terjun Simanuk-manuk.

Sebanyak 20 orang dari komunitas tersebut dikerahkan untuk mengibarkan bendera. 20 orang tersebut mengibarkan bendera di atas perahu motor di tengah derasnya air terjun. Mereka juga menyanyikan lagu Indonesia Raya di tengah proses pengibaran bendera merah putih yang berjalan khidmat.

Itu dia 7 tempat anti mainstream yang pernah menjadi sejarah pengibaran bendera merah putih. Semoga semangat merah putih senantiasa melekat di hati sobat WowKeren ya. Selamat memperingati HUT RI ke-77!


You can share this post!

Related Posts