Harganya Terancam Meroket, Kenali 8 Fakta Unik Mie Instan Dari Berbagai Negara
Pxhere
SerbaSerbi

Belakangan beredar wacana jika harga mie instan terancam naik hingga tiga kali lipat. Tuai banyak ketidaksetujuan, berikut 7 fakta unik mie instan dari berbagai negara termasuk Indonesia.

WowKeren - Mie instan telah menjadi makanan favorit masyarakat dari berbagai dunia. Bahkan beberapa negara sudah menetapkan mie instan sebagai makanan pokok menggantikan nasi, roti dan jagung. Harganya yang murah, praktis dan mudah didapat menjadi salah satu faktor tingginya tingkat konsumsi mie instan.

Pendapat tersebut dibenarkan oleh sutradara sekaligus produser Morgan Spurlock yang pernah membuat film dokumenter tentang mie instan. Selama penelitian di lapangan, Morgan menemukan bahwa mie instan adalah menu makanan penyelamat di kala situasi darurat. Mie instan menjadi pilihan di tengah keterbatasan biaya dan waktu.


"Saya benar-benar tidak mampu membeli McDonald's, Kentucky Fried Chicken atau Burger King atau apa pun. Mie instan adalah pilihan yang tak terelakkan. Mie instan telah menjadi makanan standar bagi siapa saja yang kekurangan uang, waktu, atau bahan makanan. Mereka bahkan muncul di zona bencana dan penerbangan jarak jauh," kata Morgan Spurlock.

Namun, belakangan beredar kabar bahwa harga mie instan akan naik tiga kali lipat dalam waktu dekat. Kenaikan harga mie instan ini disebut sebagai imbas terganggunya impor gandum dari Rusia dan Ukraina. Masyarakat pun ketar-ketir dengan pemberitaan tersebut, mengingat mie instan adalah menu makanan yang sering mereka konsumsi.

Sementara itu, setiap orang selalu memiliki cara dan kebiasaan tersendiri dalam menikmati semangkuk mie instan. Bahkan mie instan di setiap negara memiliki fakta unik berbeda. Seperti Indonesia yang kerap menyantap mie instan dengan nasi, sayur dan tambahan protein lain. WowKeren pun telah merangkum 7 fakta unik mie instan dari berbagai negara. Yuk, langsung simak di artikel berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Penyelamat Jepang Di Kala Perang Dunia Dua


Penyelamat Jepang Di Kala Perang Dunia Dua
Pexels

Jepang adalah negara pengonsumsi mie instan terbesar ketiga setelah China dan Indonesia. Negara ini bisa memproduksi 5,5 miliar mie instan setiap tahunnya. Mie instan selama ini hadir di tengah kekurangan dan kesulitan masyarakat Jepang. Karena itu, mie instan telah menjadi saksi bisu perjuangan Jepang dalam membangun kekuatan ekonomi modern.

Mie instan juga tercatat pernah menjadi penyelamat rakyat Jepang ketika negara tersebut dilanda kelaparan karena Perang Dunia Dua. Penemu mie instan di situasi darurat itu adalah Momofuku Ando. Ia adalah pengusaha sekaligus pemilik Nissin Food. Bahkan Nissin kini dikenal sebagai salah satu produsen mie instan terbesar di dunia.

2. Santap Mie Instan Dengan Mayones Jadi Standar Orang Rusia


 Santap Mie Instan Dengan Mayones Jadi Standar Orang Rusia
Pxhere

Rusia adalah negara yang identik dengan masakan berbahan dasar mie atau pasta. Karena itu, rakyat Rusia juga terobsesi dengan mie instan. Namun, yang menarik dari Rusia yakni hampir seluruh rakyatnya memiliki kebiasaan unik yakni senang menyantap mie instan dengan saus mayones.

Berbeda dengan Indonesia yang identik dengan saus tomat, negara ini begitu mencintai mayones sebagai pendamping setiap makanan. Bahkan mayones disebut sebagai legenda masakan Rusia. Karena itu, menyantap mie instan dengan mayones dinilai sebagai perpaduan yang sempurna.

3. Jadi Makanan Pokok Di Nigeria


Jadi Makanan Pokok Di Nigeria
Pexels

Munculnya banyak kasus kelaparan di Afrika membuat mie instan berubah menjadi makanan pokok Nigeria. Produk mie instan juga kian di terima di negara tersebut lantaran animo masyarakat yang senang berpetualang sehingga mereka membutuhkan menu makanan yang praktis.

Banyak keluarga di Nigeria yang telah menjadikan mie instan sebagai makanan pokok mereka menggantikan nasi, roti dan jagung. Asosiasi Mie Instan Dunia (WINA) mencatat bahwa Nigeria adalah pengonsumsi mie instan tertinggi di Afrika dengan 1.540 juta porsi setiap tahunnya.

4. Jadi Hidangan Mewah Para Tahanan Di Amerika Serikat


Jadi Hidangan Mewah Para Tahanan Di Amerika Serikat
Pxhere

Anggaran negara yang kian menurun dan biaya penjara yang terus meningkat membuat mie instan diklaim sebagai makanan paling mewah bagi para tahanan di Amerika Serikat. Sosiolog Universitas Arizona, Michael Gibson-Light bahkan mencatat bahwa mie instan adalah harta paling berharga di penjara melampaui tembakau.

Mie instan dinilai sebagai menu makanan yang murah, tahan lama, dan mudah didapatkan. Bahkan tak sedikit tahanan yang rela menyelundupkan makanan tersebut. Gustavo Goose Alvarez selaku petugas penjara US membenarkan fakta itu. "Ini populer di penjara karena murah dan makanan cepat saji," kata Alvarez.

5. Jadi Menu Sarapan Andalan Masyarakat Hongkong


Jadi Menu Sarapan Andalan Masyarakat Hongkong
Pxhere

Mie instan selama beberapa dekade sudah menjadi menu sarapan andalan di Hongkong. Tak cuman rasanya yang enak, hangat dan mengenyangkan, mie instan juga dipilih sebagai menu sarapan praktis ketika jadwal kerja dan sekolah di pagi hari padat.

Tak beda jauh dengan Indonesia, penduduk asli Hongkong kerap menyantap mie instan dengan tambahan topping seperti telur, olahan daging dan protein lainnya. Mie instan di Hongkong terkenal dengan racikan saus serta kuah sup yang pedas dan gurih.

6. Jadi Makanan Pokok Pelajar Di Seluruh Dunia


Jadi Makanan Pokok Pelajar Di Seluruh Dunia
Pxhere

Harganya yang murah, praktis dan mudah didapat membuat mie instan menjadi menu andalan para pelajar di seluruh dunia. Setiap orang biasanya memiliki cara berbeda untuk menikmati semangkuk mie instan. Bahkan mie instan telah menjadi salah satu makanan pokok pelajar di dunia setelah nasi dan roti.

Mie instan menjadi solusi jitu para pelajar ketika lapar di tengah jadwal belajar yang padat dan keterbatasan biaya. Pasalnya, harga mie intan dinilai sesuai dengan kantong pelajar. Mereka juga tak perlu bingung mencari restoran ketika lapar di malam hari. Cukup siapkan rebusan air dan mie instan pun siap disantap.

7. Merek Indonesia Jadi Mie Instan Terenak Di Dunia


Merek Indonesia Jadi Mie Instan Terenak Di Dunia
Pxhere

Indomie Goreng merupakan salah satu merek mie instan asli Indonesia. Indomie sudah populer di lebih dari 100 negara. Bahkan Indomie Goreng dinobatkan sebagai mie instan terenak di dunia versi New York Magazine. Indomie Goreng menempati posisi pertama Best Saucy Instant Noodles yakni mie instan terbaik 2021 karena cita rasanya yang khas dan kenikmatannya yang tiada tanding.

Predikat Indomie Goreng sebagai mie instan terenak ditentukan berdasarkan penilaian chef, ahli kuliner, penulis buku masak, serta pecinta kuliner. Tentu sebagai warga Indonesia, kita patut berbangga karena produk lokal ini diakui dunia. Tak salah bila Indomie Goreng disebut sebagai salah satu ikon kuliner Indonesia. Selain Indonesia, pabrik Indomie juga sudah tersebar di lima negara berbeda.

Itu dia 7 fakta unik mie instan dari sejumlah negara di dunia. Semoga kabar kenaikan harga mie instan hingga tiga kali lipat tak benar terjadi ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya. See you!



You can share this post!

Related Posts