MTV VMA 2022: Rating Naik Pesat, BLACKPINK Punya Andil Tingkatkan Jumlah Penonton?
YG Entertainment
Selebriti
MTV Video Music Awards 2022

MTV Video Music Awards 2022 telah sukses digelar pada Minggu (28/8). Mencatat kenaikan rating dan jumlah penonton dari berbagai platform, benarkah berkat jasa BLACKPINK?

WowKeren - Ajang tahunan MTV Video Music Awards 2022 (VMA) dilaporkan mengalami peningkatan jumlah pemirsa. Benarkah naiknya rating acara tersebut berkat kehadiran BLACKPINK yang jauh-jauh dari Korea Selatan?

Statisitik awal dari Nielsen menunjukkan MTV VMA 2022 meningkat selama siaran langsung. Kenaikan pesat penonton juga dilihat dalam dua tayangan ulang dari berbagai platform.

Secara khusus, 3,9 juta penonton siaran langsung tahun ini menikmati kemeriahan acara dari 12 saluran kabel dari Paramount Global dan jaringan penyiaran The CW. Jumlah pemirsa meningkat 3 persen dari tahun 2021 dengan 3,7 pemirsa.

Paramount juga mengungkapkan penonton melakukan streaming konten terkait MTV VMA 2022 di platform televisi, secara online hingga media sosial. Dibandingkan dengan statistik tahun lalu, angka tersebut naik 14 persen selama dua tahun berturut-turut dengan peningkatan indeks pemirsa.


Beberapa sumber berkontribusi terhadap tren kenaikan ini, seperti kontroversi antara Yung Gravy dan Addison Rae. Termasuk keputusan menjadikan Johnny Depp yang baru saja memenangkan gugatan terhadap mantan istri menjadi "Moonman". Tahun ini juga menunjukkan peningkatan hingga 79 persen pemirsa di media sosial.

Menurut analitik Talkwalker, MTV VMA 2022 memperoleh 40 juta keterlibatan media sosial yang naik 2 juta dari tahun lalu. Lebih nyata lagi, statistik membantu acara ini menyalip helatan yang paling banyak ditonton di Amerika selama dua tahun berturut-turut yakni "Super Bowl'.

Selain kemunculan Johnny Depp dan sejumlah bintang barat, MTV VMA 2022 tahun ini juga mengundang girl grup K-Pop papan atas BLACKPINK yang luar biasa. Tampil di panggung dengan jutaan penonton, BLACKPINK mendapatkan banyak pujian dari majalah musik ternama seperti Billboard dan Rolling Stone.

Kemenangan BLACKPINK menjadi girl grup K-Pop pertama yang membawa pulang Best Metaverse Performance mengukir sejarah tersendiri. Bahkan Lisa juga menjadi solois wanita K-Pop pertama yang memenangkan Best K-Pop dengan "LALISA".

Selama MTV VMA 2022 disiarkan, media sosial tidak henti-hentinya diramaikan dengan postingan tentang BLACKPINK. Hal ini menunjukkan animo berkat BLACKPINK tak kalah tinggi dari milik artis lain.

(wk/inta)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait