Media Korea Beber Perbedaan Lagu K-Pop Terkini dan Masa Lalu
Musik

Media Korea Wikitree merilis artikel yang membahas tentang perkembangan musik K-Pop terkini. Salah satu faktor yang menjadi pemicu pesatnya lagu mereka adalah durasi trek.

WowKeren - Industri musik K-Pop belakangan ini terus berkembang pesat. Fenomena ini pun juga mencuri perhatian dunia yang dibuktikan dengan banyaknya lagu-lagu K-Pop masuk ke tangga lagu internasional.

Pada 3 Oktober, media Korea Wikitree menjelaskan kesamaan antara lagu-lagu K-Pop yang populer saat ini. Terlebih, bagaimana kerja keras girl grup K-Pop bekerja dengan baik.

Outlet media mengungkapkan bahwa di tahun 2022 ini, girl grup lebih menonjol daripada boy group. NewJeans dan LE SSERAFIM khususnya yang memperluas fandom mereka dengan kecepatan yang mengesankan. Sedangkan IVE dan aespa juga membuat langkah besar.

Selain girl grup yang disebutkan di atas, (G)I-DLE, TWICE, ITZY, STAYC dan BLACKPINK serta Girls' Generation yang terus membuat karya luar biasa di industri musik. Wikitree kemudian mengatakan bahwa fakta ini dapat dengan mudah dikonfirmasi melalui tangga musik.

Misalnya, di chart Circle Global K-pop untuk Agustus 2022 10 besar didominasi oleh girl group K-pop. BTS adalah satu-satunya boy grup yang bergabung dengan mereka di daftar teratas.

Seperti gambar yang dilampirkan, "Pink Venom" BLACKPINK mengambil peringkat pertama diikuti oleh "Attention" dan "Hype Boy" dari NewJeans, "POP!" dari Nayeon TWICE, "LOVE DIVE" IVE, Girls' Generation "FOREVER 1" "After LIKE" IVE, "SNEAKERS" ITZY, "Dynamite" BTS dan "FEARLESS" LE SSERAFIM. Terlepas dari popularitas mereka, media Korea Wikitree ini menyatakan bahwa ada satu karakteristik yang membuat lagu-lagu K-Pop populer saat ini berbeda dengan masa lalu.


Photo-INFO

Sumber: Kpopstarz

Fakta bahwa trek saat ini hanya dua menit jauh lebih pendek dari sebelumnya. Menurut Yonhap News, panjang lagu dance yang menjadi dasar K-pop terasa lebih pendek akhir-akhir ini. Misalnya, durasi sebagian besar lagu yang berhasil masuk ke dalam 10 besar tangga lagu K-pop Global Circle nyatanya kurang dari tiga menit.

Khususnya, "POP!" memiliki durasi dua menit dan 49 detik, sementara "LOVE DIVE" dan "After LIKE" berdurasi dua menit dan 57 detik. Kemudian "FEARLESS" adalah dua menit dan 49 detik dan "Attention" dari NewJeans adalah dua menit dan 58 detik.

Apabila menelusuri lagu-lagu K-pop populer dari 2012, "Gangnam Style" milik PSY berdurasi tiga menit dan 42 detik, "Loving U" SISTAR sekitar tiga menit dan 38 detik. Kemudian "Fantastic Baby" BIG BANG adalah tiga menit dan 52 detik. Jelas bahwa mereka satu menit lebih lama dari lagu-lagu yang populer saat ini.

Pejabat industri musik menafsirkan perubahan ini sebagai cara agar bisa menyesuaikan konten bentuk pendek seperti video TikTok, Reels dan YouTube Shorts. Hal ini dikarenakan tantangan video berdurasi pendek tersebut menjadi sarana penting untuk mempromosikan lagu tersebut.

Bahkan, ketika artis K-pop merilis lagu baru kini selalu dimulai dengan dance challenge menari di platform media sosial seperti Tiktok. Menurut analisis Wikitree, panjang lagu K-pop menjadi lebih pendek karena harus menampilkan melodi dan chorus lagu dalam waktu singkat yaitu satu menit.

(wk/taki)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait