Birthday Spotlight: Happy Ningning Day
Selebriti

Ningning akan merayakan ulang tahunnya yang ke-20 (21 tahun menurut perhitungan Korea) pada 23 Oktober besok. Ini menjadi tahun kedua pemilik nama asli Ning Yizhuo tersebut merayakan ulang tahunnya usai resmi debut sebagai idol.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, penyanyi populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Ningning aespa.

Ningning akan merayakan ulang tahunnya yang ke-20 (21 tahun menurut perhitungan Korea) pada 23 Oktober besok. Ini menjadi tahun kedua pemilik nama asli Ning Yizhuo tersebut merayakan ulang tahunnya usai resmi debut sebagai idol.

Tahun ini tahun ketiga Ningning debut sebagai penyanyi dan sejak debutnya, vokalis utama aespa tersebut telah mendapat banyak cinta dan kekaguman. Kemampuannya sebagai penyanyi pun telah diakui secara luas. Simak perjalanan karir Ningning mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Ningning lahir dengan nama Ning Yizhuo di Harbin, Heilongjiang, Tiongkok. Ningning berpartisipasi dalam banyak program menyanyi di Tiongkok, termasuk "China's Got Talent Season 2" pada Maret 2011, "China's New Sound Generation" pada Juli 2015, dan "Harbin Silver Valley Fuxing Concert" membawakan "Rolling in the Deep" Oleh Adele pada 10 Oktober 2015.

Ningning direkrut oleh staf SM Entertainment setelah menonton video penampilannya pada tahun 2016. Pada 19 September 2016, dia diperkenalkan sebagai anggota SM Rookies, tim trainee pra-debut yang dikelola oleh SM Entertainment. Sebagai bagian dari itu, dia muncul di "Rookies Princess: Who's the Best?" segmen program "My SMT" pada tahun 2016, dan merekam beberapa cover untuk program TV animasi Korea "Shining Star" pada tahun 2017.

2. Debut


Debut

Pada 26 Oktober 2020, SM Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan girl grup baru, yang pertama sejak Red Velvet pada 2014 dan grup idol keseluruhan pertama sejak NCT pada 2016. Para membernya diumumkan secara individu dari 27 hingga 30 Oktober (dalam urutan: Winter, Karina, Ningning, dan Giselle) serta nama aespa.

Pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man menjelaskan lebih lanjut tentang konsep aespa dalam Forum Industri Budaya Dunia 2020 yang diadakan secara online pada 28 Oktober. Sebuah video trailer dengan keempat member terungkap pada tanggal 2 November. Di hari yang sama, agensi mengumumkan bahwa aespa akan merilis single debut mereka, "Black Mamba" pada 17 November.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Pada 4 Mei 2021, SM Entertainment mengumumkan aespa akan merilis single baru berjudul "Next Level", menggambarkan lagu tersebut sebagai lagu dance dan hip-hop dengan rap "groovy", bass "energik", dan "vokal yang kuat". Hingga beberapa bulan setelah dirilis, single ini masih kokoh di 3 besar chart Melon, yang otomatis semakin mendongkrak popularitas aespa.

Pada 14 September 2021, SM Entertainment mengumumkan aespa akan merilis mini album pertama mereka, "Savage". Album ini berisi enam lagu, termasuk single utama dengan nama yang sama dan dirilis pada 5 Oktober.

"Savage" berhasil mengantarkan aespa menjadi girl grup dengan penjualan album terbanyak di 2021, melampaui TWICE dengan "Taste of Love". Selain itu, video musik "Savage" juga meraih 100 juta view dalam waktu kurang dari sebulan sejak dirilis. Lagu yang sama mengantarkan aespa meraih trofi di acara-acara musik.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Ningning dan rekan satu grupnya, Winter, didapuk untuk menyanyikan original soundtrack bertajuk "Once Again" untuk drama "Our Blues". Lagu tersebut dirilis pada Mei 2022.

Mengingat statusnya sebagai idol rookie, Ningning tak banyak memiliki kegiatan individu. Meski begitu, aespa telah mengantongi banyak kontrak iklan hanya dalam rentang waktu satu tahun sejak debut. Hal ini tak mengherankan dengan popularitas yang dimiliki girl grup tersebut.

Pada 10 Februari 2021, aespa menjadi duta untuk Givenchy, artis K-pop pertama yang dipilih oleh rumah mode Prancis tersebut. Tahun yang sama pada bulan Agustus, aespa menandatangani kesepakatan iklan dengan brand kosmetik Korea Clio, brand perawatan kulit Korea Mediheal, brand pakaian olahraga Prancis Eider, dan KB Kookmin Bank pada bulan September.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada 5 Februari 2022, Ningning mengobrol dengan penggemarnya dalam bahasa Mandarin melalui platform pesan Dear U Bubble dan menunjukkan dukungannya untuk tim Tiongkok di Olimpiade Beijing 2022. Dukungan Ningning segera menjadi topik hangat karena kontroversi muncul atas keputusan Tiongkok memenangkan medali emas setelah semifinal estafet campuran trek pendek pada 5 Februari.

Sementara Ningning menunjukkan dukungannya untuk skater Tiongkok yang secara kontroversial memenangkan medali emas, ada banyak artikel di Korea yang menunjukkan bahwa mereka tidak senang dengan pernyataan idol SM Entertainment itu.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

aespa digadang-gadang akan comeback pada paruh pertama 2023, namun SM Entertainment belum memberikan kepastian terkait jadwalnya. Comeback girl grup beranggotakan 4 orang ini begitu dinantikan mengingat kesuksesan mereka dengan mini album "Girls" yang terjual 1,7 juta copy di minggu pertama.

Selain itu, banyak netizen yang masih penasaran akan jadi seperti apa aktivitas promosi aespa nantinya dengan konsep avatar yang diusung mereka di mana setiap member memiliki avatarnya sendiri yang merupakan bagian terpisah tetapi juga terhubung erat dengan mereka. Kita tunggu saja aktivitas Ningning dan member aespa yang lain di masa depan, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait