Lesti Kejora Galang Dana, 8 Artis Ini Lakukan Aksi Sosial Untuk Korban Gempa Cianjur
Instagram/lestykejora
Selebriti

Selain memanjatkan doa dan menyampaikan belasungkawa, sejumlah artis juga melakukan aksi tanggap sosial sebagai bentuk uluran tangan kepada warga terdampak gempa Cianjur.

WowKeren - Letak geografis yang dilalui jalur pertemuan tiga lempeng tektonik membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan mengalami gempa bumi. Banyak sekali kejadian gempa bumi yang tercatat di Indonesia, dengan kekuatan yang berbeda-beda. Gempa terbaru yang cukup mematikan adalah yang belum lama ini terjadi di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11) siang.

Gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 itu terletak di darat, berjarak sekitar 9,65 kilometer barat daya Kota Cianjur. Bencana alam tersebut telah menewaskan lebih dari 250 orang dan menyebabkan 1.000 lebih lainnya mengalami luka-luka. Gempa yang mengguncang juga merusak lebih dari 22.000 unit rumah.


Melihat banyaknya korban serta dampak yang besar, banyak orang yang merasa tergerak hatinya untuk membantu mereka yang terdampak. Tak terkecuali pada selebriti Tanah Air. Bencana tersebut menyisakan duka dan luka bagi banyak orang. Tak sedikit artis yang ikut mengucapkan belasungkawa melalui media sosial mereka. Mereka turut mendoakan kelancaran proses evakuasi untuk menemukan para korban.

Namun, selain memanjatkan doa dan menyampaikan rasa duka, sejumlah artis juga melakukan aksi tanggap sosial sebagai bentuk uluran tangan kepada saudara-saudara Tanah Air yang membutuhkan. Melalui media sosial, mereka mengajak masyarakat untuk membantu atau memberikan donasi guna disalurkan kepada warga terdampak gempa Cianjur. Ada juga yang berdonasi dengan melelang barang-barang pribadi mereka.

Untuk itu, melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca untuk melihat siapa saja artis yang melakukan aksi tanggap sosial membantu para korban terdampak gempa Cianjur. Yuk, simak selengkapnya!

(wk/zodi)

1. Lesti Kejora


Lesti Kejora
Instagram/lestykejora

Lesti Kejora menunjukkan perhatiannya kepada para korban gempa Cianjur dengan mengajak masyarakat untuk memberikan uluran tangan. Ia pun melakukan penggalangan dana, dan mengumumkannya lewat Instagram. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Lesti. Untuk teman-teman semuanya mari kita support dan doakan saudara-saudara kita yang ada di Cianjur," kata Lesti.

Banyak masyarakat yang tergerak untuk membantu sesama. Hal itu terlihat dari unggahan Lesti, yang mengumumkan bahwa jumlah dana yang terkumpul mencapai 100 juta rupiah bahkan dalam waktu kurang dari 24 jam. Ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang telah berpartisipasi dalam aksi penggalangan dana tersebut.

2. Ria Ricis


Ria Ricis
Instagram/riaricis1795

YouTuber kondang Tanah Air Ria Ricis bahkan sampai datang langsung ke lokasi kejadian untuk menjenguk para korban terdampak. Dalam video yang diunggah di akun YouTube, tampak Ria Ricis melalui jalanan yang dipenuhi puing-puing rumah dan bangunan di pinggirnya. "Hari ini Allah kasih aku kesempatan untuk datang ke Cianjur untuk melihat kondisi rumah dan beberapa sanak saudara serta The Ricis yang ada di sana," katanya.

Ria tampak mengobrol dengan para korban yang ada di tenda pengungsian. Ia mengaku prihatin dan sangat berduka cita dengan gempa yang terjadi. "Seneng banget ketemu mereka ada berbagai macam usia nih temen-temen," kata Ricis. Ia pun mengingatkan bahwa bencana tersebut menunjukkan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini hanya titipan.

3. Melly Goeslaw


Melly Goeslaw
Instagram/melly_goeslaw

Selain Lesti Kejora dan Ria Ricis, Melly Goeslaw juga merasa terpanggil hatinya untuk ikut membantu korban gempa Cianjur. Ia berdonasi dengan melelang barang-barang lamanya melalui Instagram. Lelang itu pun disambut antusias oleh para penggemarnya. Dari garage sale yang digelarnya, Melly berhasil mengumpulkan dana lebih dari 100 juta rupiah. Ia tak lupa mengucapkan terima kasih.

"Hi orang-orang baik, terima kasih ya sudah membeli barang barang aku saat garage sale td malam. Alhamdulillah terkumpul 123.500.000," tulis Melly di Instagram miliknya. Selanjutnya, seluruh dana itu akan diperuntukkan membantu para korban yang terdampak korban Cianjur. "Sekali lagi terima kasih, hanya Allah SWT yang akan balas kebaikan semuanya," tuturnya.

4. Ricky Harun


Ricky Harun
Instagram/rickyharun

Ricky Harun ikut berduka dengan bencana yang terjadi di Cianjur. Oleh sebab itu, ia pun tergerak untuk menggalang donasi guna memberikan bantuan kepada para korban di sana. "Sekarang emang lagi tersorot ya Cianjur banyak korban dan kebutuhannya. Banyak temen juga yang bikin penggalangan dana termasuk saya juga dengan komunitas kita galang dana untuk bantu sana," katanya.

Ia berharap agar bencana seperti itu tidak terulang lagi. Ricky juga mendoakan keselamatan para penyintas gempa dan agar keluarga yang ditinggalkan sanak saudara diberi kesabaran. Melalui unggahan di Instagram, Ricky membuka donasi tersebut. "Semoga saudara-saudara kita yang tertimpa musibah diberikan kekuatan & ketabahan dalam menghadapi musibah ini," tulisnya.

5. Sule


Sule
YouTube/SULE FAMILY

Tak ketinggalan, komedian Sule juga mengajak publik untuk membantu korban gempa Cianjur. Sule mengaku jika dirinya ingin ke Cianjur namun jadwal yang sibuk masih belum memungkinkannya. "Aku juga menyisihkan sedikit lah untuk mereka di sana semoga bermanfaat," kata Sule saat mengobrol di kanal YouTube miliknya.

Sule memastikan bahwa bantuan yang didapat akan langsung disalurkan melalui seseorang yang bernama Erwin Moron. "Karena dia ada di lapangan, bantuan itu langsung sampai ke orang-orang yang terkena musibah," kata Sule. Setelah itu, Sule juga sempat melakukan panggilan video dengan Erwin untuk melihat kondisi di lapangan.

6. Nathalie Holscher


Nathalie Holscher
Instagram/nathalieholscher

Selain Ria Ricis, selebriti lain yang juga terjun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi korban gempa Cianjur adalah Nathalie Holscher. Hal itu diketahui dari unggahan di Instagram miliknya baru-baru ini. Nathalie tampak duduk di antara para pengungsi dan anak-anak beralaskan terpal plastik warna biru. "Udah nggak apa-apa," kata Nathalie saat seseorang meminta ia duduk di tempat lain.

"Dalam video itu, terlihat Nathalie berinteraksi dengan anak-anak yang ada di tenda pengungsian dan membagikan permen kepada mereka. Interaksi Nathalie yang ramah dengan anak-anak bahkan menuai sorotan. "Ayo ambil," kata Nathalie sambil menyodorkan permen yang disambut antusias oleh anak-anak. "Masyaallah melihat mereka senang aku ikut senang," tulis Nathalie di unggahan tersebut.

7. Ovi Sovianti


Ovi Sovianti
Instagram/ovyratuserigala

Tak lama setelah gempa Cianjur terjadi, pedangdut Ovi Sovianti bergerak cepat untuk membuka donasi. Ia mengaku turut prihatin dengan banyaknya orang yang menjadi korban bencana alam tersebut. Sehingga melihat itu semua, hatinya menjadi tergerak untuk ikut membantu dengan cara menggalang dana.

Sementara itu, sang suami juga berangkat ke Cianjur untuk menyalurkan bantuan secara langsung ke warga yang terdampak. Selain berupa donasi, Ovi dan suaminya juga akan memberikan bantuan berupa makanan ke korban gempa Cianjur yang berada di tenda pengungsi. Ia berharap akan ada lebih banyak orang lagi yang tergerak untuk turut memberikan bantuan.

8. Audrey Vanessa


Audrey Vanessa
Instagram/audreyyvanessa

Audrey Vanessa juga mengajak publik untuk turut membantu korban gempa Cianjur. Melalui unggahan di akun Instagram, Audrey berharap seluruh proses evakuasi berjalan lancar sehingga para korban yang belum ditemukan segera ditemukan. "Saya ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut mendoakan teman-teman kita yang ada di Cianjur," katanya.

Dalam video singkat yang diunggah oleh Audrey, tampak ia turut berkunjung ke tenda para pengungsi dan memberikan bantuan kepada para korban. Ia juga terlihat berselfie dengan anak-anak dan berjalan menyusuri puing-puing reruntuhan bangunan. "Mari kita sama-sama berdoa yang terbaik untuk mereka," lanjutnya.

Nah, itulah tadi sederet artis yang melakukan aksi sosial untuk membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Mereka tergerak hatinya untuk menolong sesama. Sekecil apapun donasi yang kita berikan akan sangat membantu para korban di sana.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait