Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono Bak Hajatan Negara, Intip 10 Fakta Menariknya
Instagram
Selebriti
Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

Publik sangat antusias dengan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang digelar hari ini. Sebagai dua orang figur publik tak heran pernikahan mereka menjadi perbincangan.

WowKeren - Momen pernikahan pasangan figur publik memang selalu sukses menyita perhatian. Terlebih jika figur publik yang dimaksud adalah putra seorang presiden. Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi salah satu pernikahan figur publik yang hangat dibicarakan menjelang akhir tahun 2022 ini.

Hal itu tak lepas dari fakta bahwa ia merupakan putra orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo. Oleh sebab itu, tak ayal jika pernikahan mereka banyak dinantikan oleh masyarakat. Pernikahan Kaesang-Erina sendiri akan digelar hari ini, Sabtu 10 Desember. Bukan hanya soal pernikahan, publik memang diketahui sangat antusias dengan kabar-kabar terkait hubungan antara Kaesang dan Erina sejak beberapa waktu lalu.


Sementara itu, Kaesang sendiri mengaku jika ia tak butuh waktu lama untuk mengajak Erina ke pelaminan. Ia memang sempat berpacaran namun hanya dua bulan. Erina sendiri merupakan finalis ajang Puteri Indonesia 2022 dan menjadi wakil dari Yogyakarta. Keduanya mulai digosipkan berpacaran sejak pertengahan 2022. Bukan tanpa sebab, keduanya kerap membagikan unggahan tengah berada di lokasi yang sama.

Oleh sebab itu, tak mengherankan jika kabar seputar hubungan mereka selalu sukses menyita perhatian. Terlebih saat acara pernikahan pun, publik sangat antusias untuk menontonnya. Bahkan acara pernikahan mereka akan disiarkan langsung di sejumlah stasiun televisi. Untuk itu melalui artikel ini tim WowKeren ingin mengajak pembaca untuk melihat fakta menarik seputar pernikahan Kaesang-Erina.

(wk/zodi)

1. Dijaga Pasukan TNI-Polri


Dijaga Pasukan TNI-Polri
Instagram/erinagudono

Mengingat Kaesang adalah figur publik sekaligus putra orang nomor satu di Indonesia, tak mengherankan jika pernikahannya akan melibatkan personel untuk keamanan. Ribuan personel gabungan telah mengikuti gelar pasukan pengamanan yang digelar serentak di Solo dan Yogyakarta untuk mengawal pernikahan tersebut.

Total yang terlibat mencapai 10.800 orang yang berasal dari TNI, Polri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, PLN, Dinas Perhubungan, dan sejumlah instansi lain. "Tentunya kearifan lokal tidak akan kita lupakan. Kita juga menyampaikan segala sesuatunya dengan humanis," kata Pangkogabwilhan II, Andyawan Martono Putra.

2. Ratusan CCTV Ditempatkan


Ratusan CCTV Ditempatkan
Instagram/erinagudono

Selain mengerahkan ribuan personel gabungan, Polri juga menempatkan ratusan CCTV yang tersebar di sejumlah tempat. Hal itu dimaksudkan untuk memantau kegiatan masyarakat pada rangkaian kegiatan pernikahan Kaesang dan Erina. CCTV tersebut akan terhubung dengan Back Office Solo Smart City.

Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan maka petugas Quick Response bila dengan cepat mendatangi TKP untuk mengurai persoalan. Diperkirakan jumlah masyarakat yang hadir berjumlah puluhan ribu massa. Selain itu, pihak Polri juga meminta maaf jika ada ketidaknyamanan aktivitas masyarakat di jalan.

3. Resepsi di Tempat Bersejarah


Resepsi di Tempat Bersejarah
Instagram/skyscrapercitysolo

Akad nikah Kaesang-Erina dilaksanakan pada Sabtu 10 Desember di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta. Sedangkan resepsi pernikahan akan digelar pada Minggu 11 Desember di Puro Mangkunegaran, Solo. Puro Mangkunegaran sendiri memiliki nilai sejarah dan disebut berkaitan dengan Kadipaten Mangkunegaran.

Puro Mangkunegaran didirikan setelah adanya perjanjian Salatiga, yang membuat Raden Mas Said diakui sebagai seorang pangeran merdeka. Wilayah kekuasaannya berstatus kadipaten yang disebut Praja Mangkunegaran. Istana tersebut juga mengalami penggarapan baru dan renovasi seiring berjalannya waktu.

4. Sajikan Menu Khas Keraton


Sajikan Menu Khas Keraton
Instagram/erinagudono

Tak kalah menjadi sorotan adalah menu makanan yang disajikan saat pernikahan Kaesang dan Erina. Manajemen Royal Ambarrukmo Yogyakarta sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa menu makanan yang dipesan oleh keluarga kedua mempelai adalah kategori tradisional Indonesia, yakni sajian khas raja-raja Kraton Yogyakarta.

Adapun menu-menu yang disajikan adalah masakan yang dinikmati sejak masa HB (Hamengku Buwono) II sampai HB VII. Total, ada empat menu yang disajikan. Tak hanya makanannya yang masuk kategori tradisional namun juga minumannya. Sementara itu, sajian tradisional memang sudah menjadi ciri khas Royal Ambarrukmo.

5. Ada Parkir Private Jet


Ada Parkir Private Jet
Instagram/kaesangp

PT Angkasa Pura I telah menyiapkan lahan untuk parkir 34 jet pribadi guna menyambut tamu di pernikahan Kaesang dan Erina. Hingga Kamis (8/12) pekan ini, dilaporkan sudah ada 30 jet pribadi yang mendaftar untuk menghadiri resepsi pernikahan pada 11 Desember 2022. Adapun pesawat itu hanya akan parkir selama beberapa jam dan tidak menginap.

Apron parkir di Bandara Adi Soemarmo diperkirakan cukup untuk menampung jet pribadi yang datang. Namun jika memang nantinya tidak mencukupi maka akan disiapkan lokasi tambahan di bandara Semarang dan Yogyakarta. Selain itu, keamanan di bandara juga ditingkatkan untuk tamu VVIP.

6. Pesan 82 Pakaian Seragam


Pesan 82 Pakaian Seragam
Instagram/kaesangp

Untuk melangsungkan jalannya pernikahan, ada sejumlah panitia yang dilibatkan. Tak hanya itu, para panitia tersebut juga akan diberi seragam khusus. Sugiyanto pemilik Busana Jawi Suratman mengatakan jika ada 82 seragam yang dipesan untuk panitia, menteri, dan pihak keluarga, yang terdiri dari 63 pria dan 19 putri.

Seragam-seragam tersebut ada yang dirancang dengan tiga beskap, dua beskap, dan satu beskap. Sementara itu, beskap yang dipesan adalah beskap atela dan landung. Sedangkan untuk panitia khusus sudah disiapkan seragam warna hitam. Adapun pemesanan itu sudah dilakukan sejak September.

7. Gelar Pesta Rakyat


Gelar Pesta Rakyat
Instagram/erinagudono

Tak lupa, untuk memeriahkan pernikahan Kaesang-Erina juga akan digelar pesta rakyat. Pesta rakyat akan digelar bersamaan dengan acara ngunduh mantu yang dilaksanakan pada Minggu 11 Desember. Di acara ini selain akan ada hiburan juga ada pembagian makanan dan suvenir gratis. Pesta ini boleh dihadiri oleh siapa saja.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Taufik Muhammad menyarankan warga yang rumahnya dekat dengan lokasi sebaiknya tidak membawa kendaraan. Sebab, dengan adanya Car Free Day maka diperkirakan lalu lintas juga akan sangat padat. Jika memungkinkan, ia menyarankan untuk naik Batik Solo Trans maupun angkutan feeder.

8. Nilai Mahar Ratusan Ribu


Nilai Mahar Ratusan Ribu
Instagram/erinagudono

Meski merupakan anak orang nomor satu di Indonesia, namun nyatanya hal itu tak membuat Kaesang harus menyerahkan mahar bernilai fantastis untuk mempersunting wanita pujaan hatinya itu. Putra bungsu Jokowi hanya memberikan mahar bernilai Rp300 ribu. Rupanya, angka tersebut juga memiliki makna.

Hal itu berkaitan dengan status Kesang dan Erina yang sama-sama merupakan anak ketiga. Namun, dikabarkan jika Kaesang akan memberikan tambahan mahar untuk calon istrinya, meski ia tidak menjelaskan detailnya. Menurut Kaesang, Erina tidak banyak permintaan. "Itu mau saya. Erina orangnya enggak neko-neko, dikasih Rp1.000 juga mau," tutur Kaesang.

9. Tidak Menerima Amplop


Tidak Menerima Amplop
Instagram/erinagudono

Satu lagi fakta menarik yang terungkap dari pernikahan Kaesang-Erina. Jika umumnya saat menghadiri resepsi pernikahan para tamu akan memberikan amplop berisi uang sebagai hadiah kepada pengantin, namun justru sebaliknya di pernikahan Kaesang-Erina. Mereka tidak menerima sumbangan dalam bentuk apapun.

Hal itu juga telah dibenarkan oleh putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka, yang mengatakan bahwa pihak keluarga memang tidak menerima sumbangan apapun kecuali karangan bunga. Sebelumnya, pada pernikahan dua kakak Kaesang juga diberlakukan hal yang sama. Pernikahan Gibran tahun 2015 dan Kahiyang Ayu tahun 2017 juga tidak menerima amplop.

10. Foto Pre-Wedding Bertema Unik


Foto Pre-Wedding Bertema Unik
Instagram/erinagudono

Seperti calon pengantin lain pada umumnya, Kaesang dan Erina juga tak ketinggalan melakukan foto pre-wedding menjelang pernikahan. Namun, Kaesang dan Erina memutuskan untuk mengusung tema yang unik untuk foto pre-wedding mereka. Betapa tidak, keduanya membuat foto pre-wedding salah satunya di Stasiun Manahan dengan mengenakan jersey.

Selain itu, keduanya juga melakukan foto pre-wedding bertema nusantara dengan mengenakan sejumlah busana adat dari berbagai daerah di Indonesia termasuk seperti baju adat Kalimantan, Lampung, hingga Bali. Pemilihan itu bukan tanpa alasan namun untuk mewakili seluruh daerah di Indonesia.

Nah, demikian tadi sederet fakta menarik pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Mengingat keduanya adalah figur publik, tak heran jika pernikahannya menjadi perbincangan publik.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait