Ayu Ting Ting Sindir Haters, 10 Figur Publik Ini Pernah Dituding Plagiat Karya Orang Lain
Instagram/ayutingting92
Selebriti

Figur publik yang terjun ke dunia hiburan dituntut untuk selalu kreatif dalam menciptakan karya-karyanya. Mereka dilarang keras untuk menjiplak hasil karya orang lain.

WowKeren - Menjalani profesi sebagai seorang entertainer memang menjadi hal yang cukup banyak diimpikan oleh orang. Pasalnya, pada umumnya, orang-orang menganggap bahwa bekerja di dunia hiburan lebih mudah mendatangkan pundi-pundi uang. Tentu saja, jika memutuskan untuk terjun ke dunia hiburan maka harus siap dengan segala risikonya.

Figur publik yang terjun ke dunia hiburan dituntut untuk selalu kreatif dalam menciptakan karya-karyanya. Tentu saja, hal ini bukan sesuatu yang mudah. Sebab, mereka harus menghasilkan karya-karya yang berbeda dari artis lainnya. Pasalnya, jika mereka nyatanya menghasilkan karya yang sama maka akan terkena kasus plagiat. Yang mana, hal ini sangat dilarang di dunia hiburan.


Namun sayangnya, tak sedikit artis Indonesia yang pernah mengalami tudingan plagiat dari artis lainnya. Tentu saja, hal semacam ini dapat menuai sorotan. Beberapa dari mereka ada yang kemudian memberikan klarifikasi untuk menanggapi tudingan itu. Dalam dunia musik misalnya, hal yang rawan menjadi tudingan plagiat adalah irama lagu.

Meskipun liriknya berbeda, namun biasanya pendengar setia berpikir bahwa irama yang digunakan sudah terlebih dahulu dipakai oleh penyanyi lain. Namun tak hanya lirik, terkadang video musik juga kerap menjadi sasaran tudingan plagiat. Melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian untuk melihat artis mana saja yang pernah mendapat tudingan plagiat dalam karyanya.

(wk/zodi)

1. Ayu Ting Ting


Ayu Ting Ting
Instagram/ayutingting92

Belum lama ini, Ayu Ting Ting terlihat memamerkan sepatunya saat menjadi host di salah satu acara televisi. Ia tampak mengenakan kemeja oversized dengan jaket, membuatnya cantik ala idol Korea. Ketika menanggapi pernyataan Ruben Onsu soal penampilannya, Ayu Ting Ting sekalian memberi sindiran pedas ke haters.

"Belum ada yang makai, baru gue yang makai. Jangan entar gue dibilang plagiat plagiat," celetuk Ayu Ting Ting sambil tertawa. Sebagaimana diketahui, haters Ayu kerap membandingkan style sang pedangdut dengan banyak artis lain. Tak jarang banyak haters menuding Ayu plagiat gaya Nagita Slavina.

2. Young Lex


Young Lex
Instagram/young_lex18

Video musik "Raja Terakhir (The Last King)" yang pernah dipopulerkan oleh Young Lex sempat mendapat tudingan plagiat. Sang rapper pun sempat memberikan klarifikasi mengenai hal ini. Menurut Young Lex, pihaknya salah karena tidak izin kepada manajemen atau Lay Zhang selaku pemilik video musik "Lit".

"Salahnya karena tidak izin saja. Mungkin kalau izin, jadi enggak salah," kata Young Lex. Dia lebih jauh mengatakan bahwa dirinya sama sekali tidak terpikirkan jika lagu tersebut akan semirip itu. "Gue enggak tahu bakal jadi masalah kayak gini. Lebih tepatnya, tidak terpikirkan, bukan enggak tahu," tambahnya.

3. Via Vallen


Via Vallen
Instagram/viavallen

Pedangdut Via Vallen juga pernah tersandung masalah plagiat. Beberapa waktu lalu, lagu "Sayang" yang dipopulerkan Via Vallen disebut-sebut hasil plagiat dari lagu Jepang, "Kiroro Mirae". Sang penyanyi pun sempat buka suara menanggapi hal itu. Ia mengakui jika "Sayang" merupakan cover dari "Kiroro Mirae".

Namun, ada sedikit gubahan di lirik lagu dan melodi. "Aku tidak pernah mengakui lagu 'Sayang' versi Jawa yang merupakan ciptaan orang lain sebagai karyaku. Aku hanya mempopulerkannya," katanya. Ia pun tak mau ambil pusing dengan isu tersebut. Sebab, ia memilih untuk lebih fokus berkarya dan mencari rezeki untuk keluarga.

4. Reza Arap


Reza Arap
Instagram/ybrap

Reza Arap juga pernah tersandung masalah plagiat pada tahun 2018 lalu. YouTuber yang populer membuat konten mengenai game ini pernah dituding menjiplak salah satu idol K-Pop. Lagunya yang berjudul "King(OfTale)" yang memiliki genre rap tersebut menjadi viral di dunia maya, lantaran disebut-sebut menjiplak lagu "Bullshit" milik G-Dragon".

Seperti diketahui, lagu "Bullshit" dirilis pada 8 Juni 2017 lalu dalam album "G-Dragon". Banyak fans G-Dragon menyoroti beat dan ritme lagu milik Reza hampir sama dengan lagu "Bullshit". Bahkan waktu itu, banyak dari fans G-Dragon yang mengancam akan melaporkan Reza ke YG Entertainment.

5. D'Masiv


D'Masiv
Instagram/dmasivbandofficial

Beberapa waktu lalu, salah satu lagu D'Masiv pernah mendapat tudingan plagiat. Salah satu lagunya disebut-sebut mirip dengan lagu besutan grup musik luar, "My Chemical Romance". Meski begitu, sang vokalis Rian Ekky Pradipta justru menanggapi hal ini dengan santai.

Justru dengan tersandung tudingan itu, D'Masiv lebih terdorong untuk memberikan karya yang lebih baik. "Kita bukan band plagiat. Ini justru menjadi proses kita lebih baik untuk naik kelas yang lebih tinggi," katanya beberapa waktu lalu. Menurutnya, hal itu merupakan salah bentuk ujian dalam bermusik.

6. Aura Kasih


Aura Kasih
Instagram/aurakasih

Salah satu lagu Aura Kasih yang populer adalah "Mari Bercinta". Namun, lagu yang dirilis pada tahun 2088 lalu itu sempat menuai sorotan. Pasalnya, lagu yang merupakan single utama dari album perdana Aura Kasih yang bertajuk "Malaikat Penggoda" dituding menjiplak lagu dari Sean Paul yang berjudul "Give It To You".

Namun, tudingan itu baru muncul pada tahun 2009, beberapa bulan setelah lagu itu dirilis. Aura Kasih pun sempat buka suara menanggapi hal itu. Ia menegaskan bahwa jika memang ada kemiripan dalam lagu tersebut, namun itu hanya beberapa bagian saja. Oleh sebab itu, hal tersebut dianggap Aura kasih bukan sebagai aksi plagiat.

7. Mario Teguh


Mario Teguh
Instagram/marioteguh

Mario Teguh dikenal sebagai salah satu figur publik yang kerap memberikan kata-kata motivasi kepada orang-orang. Rupanya, ia juga tak lepas dari tudingan plagiat. Hal tersebut terkait kata-kata motivasinya yang dianggap menjiplak orang lain. Salah satu kalimat motivasinya dianggap mirip dengan kalimat motivasi berbahasa Inggris dari pengusaha asal Amerika, Warren Buffett.

Meski berbeda bahasa, namun kalimat motivasi tersebut berbunyi dan bermakna sama. Tak ayal, kemiripan ini pun mengundang berbagai reaksi dari netizen. Tidak sedikit dari mereka yang menuliskan komentar bahkan menuding Mario Teguh sebagai plagiat. Mereka menyayangkan bahwa sosok Mario Teguh yang mereka kagumi selama ini tidak sejenis yang mereka kira.

8. Seventeen


Seventeen
Instagram/seventeenbandid

Salah satu single SEVENTEEN yang berjudul "Menunggu Kamu" ramai dituding menjiplak lagu Hymne Guru. Kemiripan itu sempat ramai menjadi perbincangan di dunia maya. Ifan Seventeen pun menjawab tudingan itu dengan memberikan klarifikasi santai. Ia mengaku memang terinspirasi dari lagu yang biasa dinyanyikan di sekolah-sekolah.

"Yah memang terinspirasi dari situ, tapi begitu Seventeen yang nyanyi jadi dibikin pop. Lucu sih sebenarnya," katanya. Meski begitu, ia tidak takut dituduh menjiplak karya orang lain. "Enggak (khawatir) lah. Karena ada aturannya, dianggap jiplak jika lebih dari 8 bar. Tapi di lagu Seventeen cuma 1 bar," jelas Ifan.

9. Armada


Armada
instiz/armadaband

Band Larocca asal Palembang beberapa waktu lalu pernah mengklaim memiliki lagu "Pemilik Hati" yang dibawakan oleh Armada. Meski dituding plagiat, namun Armada mengaku tak gentar. Bahkan, mereka siap jika masalah ini akan dibawa ke pihak berwajib. "Kalau benar dilaporin, silakan aja," kata sang vokalis, Rizal.

Mereka yakin bahwa itu adalah lagu mereka sendiri. Oleh sebab itu, tuduhan semacam itu bukan masalah besar bagi mereka. Karena mereka tidak merasa menyontek lagu milik band tersebut. "Kalau ada yang cari-cari (masalah), silakan. Buat kami hal itu bukan masalah," paparnya.

10. SMASH


SMASH
Instagram/smash_ina

Boyband SMASH pada tahun 2020 lalu sempat tersandung tudingan plagiat usai merilis video musik lagu terbaru mereka yang bertajuk "Jadi Milikku". Namun sayangnya, video itu menuai kontroversi karena dinilai meniru video musik boyband Korea NCT 2018 Yearbook #2. Dalam video itu, cara anggota SMASH saat memperkenalkan nama mereka mirip dengan konsep NCT.

Menanggapi hal ini, pihak manajemen pun segera buka suara. 401 Entertainment memberikan klarifikasi melalui akun Instagram mereka, mengakui bahwa pihaknya mendapat inspirasi dari video musik NCT. Mereka pun meminta maaf dan berjanji akan menyunting ulang video tersebut.

Nah, demikian tadi sederet artis Tanah Air yang selama masa berkarya mereka pernah dituding plagiat. Beberapa dari mereka ada yang memberikan tanggapan dan terus melanjutkan untuk berkarya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru