Segudang Manfaat Pound Fit Olahraga Kekinian Yang Bantu Anak Muda Atasi Kesulitan Bersosialisasi
Instagram/rimamelati
Health

Pound Fit tengah jadi olahraga populer di kalangan anak muda. Yuk, cari tahu segudang manfaat Pound Fit yang diklaim baik untuk kesehatan mental dan fisik.

WowKeren - Pound fit merupakan salah satu jenis olahraga yang tengah populer di kalangan anak muda. Olahraga satu ini memanfaatkan alat berupa stik dan ritme musik sebagai komponen utamanya.

Mirip seperti aerobik, Pound fit dibedakan dari pemakaian alat khas yang dinamakan Ripstix. Ripstix sendiri adalah stik drum berukuran ringan dengan berat sekitar 0,45 kg yang dirancang khusus untuk olahraga.

Umumnya, pound fit mengadopsi dari gerakan yoga dan pilates. Perpaduan gerakan seperti menabuh drum dan alunan lagu yang energik membuat olahraga ini menjadi pilihan yang menarik.


Terlebih lagi, olahraga semacam ini dikatakan cocok untuk pemula. Selain cocok untuk pemula, pound fit juga ampuh membantu meredakan stres. Hal ini dibenarkan oleh instruktur fitnes sekaligus pound pro, Nicole Denis.

"Jika Anda sudah lama tidak berolahraga atau baru saja berolahraga, pound adalah pilihan dan titik awal yang bagus. Ini bekerja di seluruh tubuh dan mudah dimodifikasi. Ini juga merupakan pereda stres yang ampuh," kata Nicole.

Selain pereda stres, pound fit ternyata memiliki segudang manfaat lain yang tak banyak diketahui. Segudang manfaat pound fit lainnya telah dirangkum WowKeren dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Atasi Kesulitan Bersosialisasi


Atasi Kesulitan Bersosialisasi
Instagram/rimamelati

Olahraga pound fit diyakini dapat membantu seseorang lebih percaya diri. Gwendoline Chia seorang instruktur pound fit sekaligus dokter gigi mengakui jika pound fit membantunya keluar dari sifat pemalu dan pendiam. Gwen mengklaim ia dahulu adalah orang yang sangat introvert dan takut berhadapan dengan banyak orang.

"Kalau saya ceritain pasti gak percaya, karena semua orang yang kenal saya waktu saya SMP, SMA awal-awal itu pasti tahu gue ini introvert, lebih senang menyendiri. Akhirnya saya memberanikan diri, aku berusaha keluar dari zona nyaman gitu learning by doing selama empat tahun, Alhamdulillah bisa seperti sekarang. Jadi nambah confident banget," kata Gwen.

2. Baik Untuk Kesehatan Mental


Baik Untuk Kesehatan Mental
Pxhere

Selain dapat membantu seseorang keluar dari ketakutan, pound fit menurut Gwen sangat baik untuk memperbaiki kesehatan mental. Mereka yang tengah stres atau kesal dikatakan dapat meluapkan emosi melalui pound fit. Dijamin setelahnya, hati dan pikiran akan kembali lega.

"Aku udah mulai mendalami 'oh ternyata pound itu seru banget gitu, ternyata pound itu all about music'. Pound sendiri itu kesehatan mental itu kan penting, kita lagi stres di rumah terus kita mau keluarin emosi kita di sini itu dapat banget di pound," beber Gwen.

3. Meningkatkan Memori Verbal & Visual


Meningkatkan Memori Verbal & Visual
Maxpixel.net

Pound fit diteliti mampu meningkatkan kerja otak. Perpaduan antara musik dan gerakan mau tak mau memaksa otak untuk bekerja sinkron. Kondisi ini dinilai mampu meningkatkan daya mengingat seseorang. Pendapat tersebut telah diteliti langsung oleh Dr, David Burke seorang profesor pengobatan rehabilitasi di Fakultas Kedokteran University Emory.

"Bermain drum dengan irama tertentu, terutama dalam sinkronisasi dengan orang lain, menghubungkan banyak area di otak. Jika sistem tubuh terhubung dengan permainan drum atau musik itu akan meningkatkan kerja otak sekaligus menguatkan daya tahan memori seseorang," terang Dr. David.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan


Membantu Menurunkan Berat Badan
Pexels

Selain memadukan gerakan yoga dan pilates, pound fit juga mengadopsi unsur kardio. Penggabungan tiga teknik dalam satu latihan dikatakan mampu membakar kalori hingga 900 kalori per jam. Angka tersebut cukup ampuh untuk menurunkan berat badan.

Pound fit juga memaksa pengikutnya untuk menggerakkan otot-otot yang jarang terpakai. Alhasil, pembakaran kalori dalam tubuh akan maksimal dan Anda dapat kehilangan berat badan lebih cepat.

5. Mempercepat Pemulihan Fisik Pasien


Mempercepat Pemulihan Fisik Pasien
Pexels

Pound fit diteliti merupakan cara terbaik untuk memperkuat otot dan sendi. Karena itu, pound fit diyakini mampu mempercepat pemulihan fisik seorang pasien. Tak jarang banyak dokter dan rumah sakit menyarankan pasien mereka melakukan terapi pound fit.

Tentunya, teknik yang dipakai menyesuaikan dengan kemampuan sang pasien. Hal ini sesuai dengan klaimnya yang menyebut pound fit merupakan olahraga untuk segala usia dan mudah dimodifikasi.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Pexels

Olahraga satu ini disebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, pound fit meningkatkan kekuatan tubuh dan mampu memperbaiki suasana hati. Kondisi tubuh yang fit dan suasana hati yang baik membuat kekebalan tubuh seseorang meningkat. Joan Wagner ahli pound fit dari Fit 4 Life Fitness Center membenarkan hal demikian.

"Irama permainan drum menembus seluruh otak untuk meningkatkan fokus, meningkatkan pemikiran tingkat tinggi dan keterampilan membuat keputusan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit kronis, kecemasan, dan kelelahan," kata Joan.

7. Baik Untuk Kesehatan Jantung


Baik Untuk Kesehatan Jantung
Pxhere

Serangan jantung mendadak kerap dialami oleh sebagian orang. Karena itu, penting untuk memelihara agar jantung tetap sehat. Seorang ahli kebugaran Mairead Callahan dari Cornell University mengklaim pound fit mampu meningkatkan kekuatan dan kesehatan jantung.

"Pound dapat membantu orang dari semua tingkat kebugaran meningkatkan koordinasi, kekuatan, dan kesehatan jantung. Membakar hingga 450+ kalori dalam waktu setengah jam, ini juga cara yang bagus untuk menurunkan berat badan," saran Mairead.

8. Mengasah Fokus


Mengasah Fokus
Instagram/rimamelati

Manfaat lain dari pound fit yakni membantu mengasah keterampilan fokus seseorang. Ripstix yang dipakai layaknya menabuh drum dapat menghasilkan ritme yang teratur bila dilakukan dengan benar. Terbentuknya ritme yang teratur dapat mengasah otak seseorang agar tetap fokus.

Selain fokus, olahraga satu ini dapat meningkatkan daya pikir dan kemampuan seseorang dalam membuat keputusan. Pasalnya, irama musik dalam pound fit mampu memberi ketenangan dan menghilangkan kecemasan. Dengan suasana hati yang tenang, seseorang dapat berpikir jernih.

Nah, itu dia 8 manfaat pound fit yang telah dirangkum oleh WowKeren. Bagaimana tertarik untuk mencoba bukan? Semoga artikel di atas dapat memberikan manfaat untuk sobat semua ya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru