Selamat, Michelle Yeoh Jadi Artis Asia Pertama Yang Sabet Piala Oscar Best Actress
Instagram/michelleyeoh_official
Selebriti

Michelle Yeoh pecahkan sejarah baru usai berhasil sabet piala Oscar 2023 kategori Best Actress. Kemenangan ini menjadikan Michelle sebagai artis Asia pertama yang berhasil keluar sebagai Best Actress di Oscar.

WowKeren - Ajang penghargaan bergengsi tahunan Academy Awards atau Piala Oscar digelar hari ini, Senin (13/3) WIB atau Minggu (12/3) waktu Amerika. Penghargaan yang selalu dinanti insan perfilman dunia itu disiarkan langsung dari Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) di Dolby Theatre, Los Angeles.

Aktris cantik asal Malaysia, Michelle Yeoh, menjadi artis paling disorot di pagelaran Oscar 2023 ini. Pasalnya, Michelle berhasil mengukir sejarah baru dengan menyabet penghargaan sebagai Aktris Terbaik. Yang mana, ini merupakan nominasi sekaligus kemenangan pertama Michelle di Piala Oscar.

Dalam pidato kemenangannya, Michelle berpesan, "Ladies, jangan biarkan siapa pun berkata padamu bahwa kamu sudah melampaui masa kejayaanmu."

Penghargaan bergengsi ini mengantarkan Michelle sebagai aktris pertama asal Asia yang berhasil membawa pulang piala Oscar kategori Aktris Terbaik. Kemenangan itu ia dapat berkat perannya sebagai Evelyn Wang dalam film "Everything Everywhere All at Once".

Meraih piala Oscar pertamanya di usia 60 tahun, Michelle mengalahkan aktris cantik Cate Blanchett yang sempat diprediksi bakal membawa penghargaan Aktris Terbaik ini. Cate mendapatkan nominasi di kategori yang sama berkat perannya dalam film "Tar", dan merupakan saingan terberat Michelle.

Pasalnya, Michelle kalah dari Cate untuk kategori yang sama di ajang penghargaan BAFTA 2023. Untuk kemenangan perdananya ini di Oscar 2023, Michelle juga menggeser beberapa aktris lain yakni Ana De Armas ("Blonde"), Andrea Riseborough ("To Leslie") dan Michelle Williams ("The Fabelmans").

Sebelum menorehkan sejarah di Oscar 2023, Michelle sempat berkomentar mengenai peluang dirinya membawa pulang penghargaan Aktris Terbaik. Ia mengatakan bahwa seluruh insan perfilman Asia akan ikut senang sekaligus bangga jika ia bisa keluar sebagai Aktris Terbaik.


"Dan bukan hanya saya (yang bangga). Saya merasa komunitas Asia saya juga merasakannya. Mereka mendatangi saya dan berkata, 'Kamu melakukannya untuk kami'," kata Michelle kepada TIME bulan Februari lalu.

Kemenangan Oscar pertama Michelle ini menambah koleksi kesuksesannya melalui "Everything Everywhere All at Once". Di awal tahun 2023, dirinya sudah memenangkan Best Performance by an Actress in a Motion Picture, Musical or Comedy dari Golden Globes Awards 2023. Serupa dengan kiprahnya di Piala Oscar, kemenangan Michelle itu juga merupakan nominasi sekaligus piala Best Actress pertamanya sepanjang sejarah Golden Globes.

Sebelum sukses menyabet berbagai penghargaan melalui "Everything Everywhere All at Once", pemilik nama lengkap Tan Sri Michelle Yeoh Choo-Kheng ini memiliki karier yang cukup mentereng di industri perfilman dunia. Ia telah membintangi sejumlah film yang sukses box office. Ia tercatat pernah beradu peran dengan banyak aktor ternama dunia, antara lain Jackie Chan, Jet Li dan Pierce Brosnan.

Diketahui, Michelle memulai kariernya di usia 20 tahun. Kala itu, Michelle memenangkan kontes kecantikan Miss Malaysia. Sejak saat itu, Michelle mulai dilirik perusahaan produksi film Hong Kong. Ia kemudian mengawali debut aktingnya lewat film bela diri "Yes, Madam" (1985).

Kualitas akting Michelle makin diakui usai dirinya membintangi film "James Bond 1997: Tomorrow Never Dies" sebagai karakter Wai Lin. Berkat peran Bond girl ini, ia sempat menjadi bintang film wanita paling ngetop di negaranya.

Karier Michelle makin bersinar usai ia mendapat kesempatan cameo dalam proyek Marvel Cinematic Universe (MCU). Di film "Guardians of the Galaxy Vol.2", ia memerankan karakter yang bernama Aleta Ogord. Tak berhenti di situ, ia bermain di film MCU untuk kedua kalinya melalui "Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings".

Selain proyek MCU, Michelle mendapat peran sebagai Eleanor Young di salah satu film populer Asia yang berjudul "Crazy Rich Asians". Ia juga terlibat dalam film "Avatar 2" hingga "Avatar 5". Sekali lagi, selamat untuk Michelle Yeoh!

Sementara itu, sederet bintang film dan insan perfilman dunia juga berhasil membawa pulang piala Oscar 2023. Yuk, intip daftar pemenang lengkap ajang pagelaran Oscar 2023 di bawah ini :

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait