Nani Wijaya Wafat di Usia 78 Tahun, Mengenang Kembali Perjalanan Karier Sang Legenda
Instagram
Selebriti

Nani Wijaya mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (16/3) dini hari. Kiprah Nani Wijaya di dunia hiburan tidak perlu diragukan. Ia bahkan dijuluki sebagai Golden Girl film Indonesia.

WowKeren - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis (16/3) dini hari. Kabar ini disampaikan langsung oleh putri Nani, Cahya Kamila.

Sebelumnya, Nani sempat mendapat perawatan di ruang HCU selama beberapa hari. Sebelum dibawa ke rumah sakit, wanita berusia 78 tahun itu sempat mengalami sesak napas.

Kepergian Nani tak ayal membuat keluarga, sahabat dan fans berduka. Sejumlah rekan selebriti lainnya pun turut berbelasungkawa.

Dikenal sebagai artis senior, kiprah Nani di dunia hiburan tidak perlu diragukan lagi. Memulai karier di usia 16 tahun, Nani debut lewat film "Darah Tinggi" pada tahun 1960. Nama Nani pun semakin melejit usai membintangi film "Yang Muda yang Bercinta" pada tahun 1977. Berkat film tersebut, Nani terpilih sebagai Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia.

Nani juga membintangi berbagai film baru. Sebut saja "Si Doel Anak Betawi", "Gara-Gara Janda Kaya", "Roda-roda Gila", "R.A. Kartini", hingga "Catatan si Boy IV". Bakat akting yang dimiliki Nani membuatnya dijuluki sebagai Golden Girls atau yang dikenal sebagai kumpulan aktris senior legendaris. Ia menjadi Golden Girls bersama Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hasyim.


Di era milenial, Nani juga didapuk sebagai pemain dalam film "Maling Kutang" (2009), "Ummi Aminah" (2012) dan "Mama Cake" (2012). Karena bakat aktingnya tersebut, ia masuk dalam Nominasi Aktris Pemeran Utama Piala Maya 2012 dalam film "Ummi Aminah".

Selain layar lebar, Nani juga ikut meramaikan dunia sinetron dan sitkom di Tanah Air. Sejumlah peran ikonik pun melekat dalam dirinya. Dalam sinetron "Wah Cantiknya" seri 1 dan 2, Nani beradu akting dengan Anjasmara. Peran Nani sebagai emak yang polos begitu mencuri perhatian.

Peran ikonik Nani sebagai emak kembali dimunculkan saat ia membintangi sitkom "Bajaj Bajuri" hingga sinetron "Tukang Bubuk Naik Haji The Series". Bahkan Nani mendapat piala penghargaan sebagai Aktris Pembantu Sinetron Terpuji Festival Film Bandung untuk "Bajaj Bajuri" pada tahun 2005 silam.

Soal kehidupan pribadinya, Nani pertama kali menikah dengan Misbach Yusa Biran pada tahun 1969. Dari pernikahan tersebut, Nani dikaruniai enam orang anak, yakni Nina Kartika, Tita Fitrah Soraya, Cahya Kamila, Firdausi, Farry Hanief, dan Sukma Ayu.

Setelah suami pertamanya meninggal, aktris kelahiran 10 November 1942 ini hidup menjanda. Hingga akhirnya ia bertemu dengan sahabat lamanya, Ajip Rosidi. Kisah cinta mereka diawali ketika Ajip sakit dan Nani datang menjenguk. Pernikahan mereka dilangsungkan pada 2017 lalu sebelum akhirnya sang suami meninggal dunia pada 2020 lalu.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru