7 Potret Masa Muda Nani Wijaya Sebelum Tutup Usia, Bersinar Pada Masanya
Instagram
Selebriti

Aktris Senior Nani Wijaya Meninggal Dunia Pada Kamis (16/3) Di Usia 78 Tahun. Mengenang Kepergian Sang Aktris Legendaris, Berikut Potret Masa Muda Sang Bintang Sinetron 'Tukang Bubur Naik Haji'.

WowKeren - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia hari ini, Kamis (16/3). Kabar duka ini dikonfirmasi langsung oleh putri Nani Wijaya, Cahya Kamila lewat akun media sosialnya. Nani menghembuskan napas terakhir di RS Fatmawati tepat di usianya yang ke-78 tahun.

Kabarnya jenazah bintang sinetron "Tukang Bubur Naik Haji" ini disemayamkan sehabis salat duhur di rumah duka yang terletak di Jalan Besakih Nomor 15-17, Sentul City Selatan. Sebelumnya, Nani sempat dilarikan ke RS karena sesak napas sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia.


Kondisi Nani sempat kritis sampai harus dirawat di ruang ICU. Namun ia sempat membaik dan diperbolehkan pindah ke ruang HCU. Akan tetapi takdir berkata lain, Nani harus pulang ke pangkuan Sang Pencipta.

Kabar kepergian Nani itu sontak membuat masyarakat terkejut. Selama ini Nani dikenal sebagai salah satu aktris senior hebat yang memulai kariernya sejak tahun 1960 melalui film layar lebar "Darah Tinggi". Kiprahnya di dunia seni peran terus berkibar hingga memenangkan banyak penghargaan. Mengenang sosok Nani Wijaya, berikut sederet potret masa mudanya:

(wk/rosi)

1. Awali Karier Sejak Tahun 1960-an


 Awali Karier Sejak Tahun 1960-an
Instagram/wahyuagung__serba_tempo_d

Nani terjun ke dunia akting pada 1960-an saat usianya masih 16 tahun. Ia memulai debut layar lebar dengan film "Darah Tinggi" yang disutradarai oleh Lilik Sudjio. Selama tahun 1960-an ia lebih banyak tampil dalam peran pendukung namun sesekali menjadi tokoh utama seperti di film "Di Balik Dinding Sekolah" (1961) dan "Menjusuri Djedjak Berdarah" (1967).

2. Raih Serangkaian Penghargaan


Raih Serangkaian Penghargaan
YouTube/ArsipFilmAR

Selama tahun 1970-an dan 1980-an Nani aktif membintangi berbagai proyek bahkan mengambil peran ganda. Hebatnya, semua karyanya yang dinominasikan dalam Penghargaan Citra diselesaikan selama masa-masa tersebut. Nani berhasil memperoleh penghargaan pertamanya di Festival Film Indonesia (FFI) Tahun 1978 lewat film "Yang Muda Yang Bercinta".

Serangkaian penghargaan diraih Nani di masa mudanya. Ia menyabet penghargaan di Festival Film Indonesia tahun 1983 untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat "R.A. Kartini". Nani memainkan tokoh Mas Ayu Ngasirah yang merupakan ibunda dari Pahlawan Nasional Indonesia, R.A. Kartini.

3. Bersinar Pada Masanya


Bersinar Pada Masanya
Instagram/komunitas_kpfij

Selain berkecimpung dalam dunia seni peran, Nani juga menjadi bintang iklan sebuah produk di masa mudanya. Kecantikan Nani sebagai seorang selebriti membuatnya bersinar pada masanya. Nani memiliki pesona yang membuat banyak mata jatuh hati.

Kisah asmara Nani juga bisa dibilang cukup romantis. Ia menikah dengan Misbach Yusa Biran di tahun 1969 namun terpisahkan maut pada 2012. Menjanda lima tahun, Nani menikah dengan Ajip Rosidi di tahun 2017. Namun sang suami meninggal pada 2020.

4. Bagian dari Golden Girls


Bagian dari Golden Girls
Instagram/indrajp3

Tak disangka, Nani juga memiliki pertemanan yang tak lekang oleh waktu bersama dengan Rina Hasyim, dan Connie Sutedja, dan mendiang Ida Kusumah yang diberi nama Golden Girls. Mereka berempat telah berteman selama setengah abad dan sempat reuni saat menjadi bintang tamu di YouTube Net Family. Sama-sama terjun ke dunia entertain, para selebriti ini tetap saling support sama lain.

5. Telah Bintangi Lebih Dari 100 Film Layar Lebar


Telah Bintangi Lebih Dari 100 Film Layar Lebar
Instagram/indrajp3

Sepanjang kariernya, Nani telah membintangi lebih dari 100 film layar lebar. Ia membintangi berbagai judul film yang melejit seperti "Di Lereng Gunung Kawi", "Karmila", "Seruling Senja", dan "Roda-Roda Gila" dan masih banyak lainnya. Setelah industri perfilman Indonesia ambruk pada 1993, Widjaja hijrah ke dunia pertelevisian serta membintangi opera sabun. Hingga di tahun 2013, Nani telah membintangi total 111 film.

6. Gaya Rambut Bersanggul dan Riasan Natural


Gaya Rambut Bersanggul dan Riasan Natural
Instagram/komunitas_kpfij

Saat memulai kariernya di dunia hiburan, Nani belum memakai hijab. Ia memiliki dandanan yang khas dengan sanggul dan gaya riasan yang tipis. Tampak Nani di masa mudanya memiliki kecantikan natural wanita Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Nani memiliki gaya rambut bergelombang hingga akhirnya memutuskan untuk berhijab.

7. Terima Penghargaan Lifetime Achievement Award


Terima Penghargaan Lifetime Achievement Award
Instagram/indrajp3

Selain meraih piala Citra, Nani juga mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Awards dari FFI Bandung. Ini merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada musisi baik perorangan atau grup, untuk menghargai dan menghormati dedikasi dan karya-karya seumur hidup yang bersangkutan terhadap Industri Musik Indonesia. Berkarier sejak muda, Nani telah memiliki banyak karya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru